Iklan

terkini

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Seni Musik Fase A Sampai Fase F Lengkap-ADM Guru Lengkap RGI

Kamis, 03 Agustus 2023, Agustus 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T14:44:02Z

Merdeka belajar adalah program pemerintah khususnya kemendikbudristek dengan melakukan pendekatan supaya siswa dapat memilih pelajaran yang diminati. Untuk itu, terdapat perubahan dalam kurikulum sekarang ini yaitu adanya istilah CP, TP dan ATP serta modul ajar atau RPP. Dalam hal ini guru mata pelajaran yang sekolah atau madrasahnya mengimpelementasikan kurikulum merdeka harus mampu analisi CP, TP dan ATP. Capaian pembelajaran adalah secara singkatnya admin sebutkan kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada setiap fasenya. Karena pentingnya hal ini maka admin akan membagikan Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Seni Musik Fase A Samapai Fase F Lengkap-ADM Guru Lengkap RGI.

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Seni Musik Fase A Sampai Fase F Lengkap-ADM Guru Lengkap RGI
Seni musik merupakan mata pelajaran pilihan atau turunan dari mata pelajaran seni budaya. Guru mata pelajaran seni budaya dapat memilih seni musik sebagai fokus belajar peserta didiknya. Seni musik merupakan salah satu mata pelajaran yang paling banyak diminati untuk itu guru mata pelajaran seni musik dapat menyampaikannya dengan enjoy dan penuh semangat.

Capaian Pembelajaran (CP) Seni Musik Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F

CP seni musik fase a, CP seni musik fase b,CP seni musik fase c,CP seni musik fase d,CP seni musik fase e,dan CP seni musik fase f merupakan CP yang telah pemerintah susun untuk guru mata pelajaran seni musik. Yang perlu di ingat dari CP ini adalah isi dari deskripsi CP tidak bisa dirubah. Karena itu sudah menjadi target yang ditetapkan pemerintah supaya dapat di capai oleh peserta didik. Namun, perlu diingat kembali bahwa CP ini masih bersifat umum dan tidak bisa langsung digunakan untuk pembelajaran sehari-hari.

Capaian pembelajaran harus dipahami oleh guru mata pelajaran seni musik sebelum masuk ke dalam kelas supaya guru mata pelajaran memahami betul apa yang perlu di capai oleh peserta didik pada fase yang di ampu oleh guru mata pelajaran seni musik. Dalam CP terdapat 3 komponen yang admin temukan yaitu ada kompetensi, ada konten/materi dan terakhir ada variasi. Ketiga kompenen ini dapat digunakan untuk menyusun TP atau tujuan pelajaran.

Tujuan Pembelajaran dapat disusun setelah guru mata pelajaran dapat memahami CP. Dalam TP ini masih disusun secara acak belum berurutan. Baru setelah Tujuan Pembelajaran disusun maka akan diurutkan pada langkah selanjutnya yaitu ATP yang akan dibahas pada point selanjutnya.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Seni Musik Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat disusun setelah guru mata pelajaran berhasil merumuskan tujuan pembelajaran. ATP merupakan hal yang paling dicari karena pemerintah memberi kelongaran kepada guru mata pelajaran seni musik yang belum memahami betul cara membuat ATP dapat menggunakan, memodifikasi atau membuat sendiri jika mampu ATP ini.

ATP disusun kemudian dipisahkan sesuai kelas misal atp seni musik kelas 1 sd kurikulum merdeka, atp seni musik kelas 2 (merupakan atp seni musik fase a), atp seni musik kelas 3 dan  atp seni musik kelas 4 (merupakan atp seni musik fase b), atp seni musik kelas 5 dan 6 (merupakan atp seni musik fase c), atp seni musik kelas 7,8 dan 9 (merupakan atp seni musik fase d), atp seni musik kelas 10 (merupakan atp seni musik fase e), serta atp seni musik kelas 11 dan 12 (merupakan atp seni musik fase f).

Setelah berhasil menyusun ATP guru dapat membuat modul ajar  seni musik fase f dan materi seni musik kelas 11 kurikulum merdeka serta yang lainnya. 

Berikut link download CP dan ATP Seni Musik FAse A sampai F
CP Seni musik Fase A sampai Fase F-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase A-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase B-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase C-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase D-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase E-FILE LENGKAP
Contoh ATP Seni Musik Fase F-FILE LENGKAP

CP dan contoh ATP sudah adamin bagikan mudah-mudahan dapat membantu guru mata pelajaran seni musik dalam pelaksanaan atau pengimplementasiaan kurikulum merdeka. 

Kesimpulan

Dalam Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Seni Musik Fase A Sampai Fase F Lengkap-ADM Guru Lengkap RGI yang admin bagikan ini sudah jelas isi dari CP dan ATP yang terdapat TP, alokasi waktu, dipergunakan untuk kelas berapa dan lain sebagainya. Silahkan bagi sahabat RGI yang membutuhkan file ini untuk mendowload pada link di atas.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Seni Musik Fase A Sampai Fase F Lengkap-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan