Iklan

terkini

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12-ADM Guru Lengkap RGI

Senin, 31 Juli 2023, Juli 31, 2023 WIB Last Updated 2023-07-31T14:35:17Z
Capaian pembelajaran atau CP untuk setiap fase telah disusun dengan baik oleh pemerintah. Untuk itu, guru mata pelajaran dapat menjadikan CP ini capaian kompetensi yang harus bisa dimiliki peserta didik. Seperti yang kita ketahui bahwa prinsipnya pembelajaran kurikulum merdeka salah satunya sepanjang hayat. Maka dari itu, kompetensi ini tidak hanya dicapai disekolah tapi untuk dijalankan dalam kehidupan sehari-hari dan kedepannya. Untuk mencapai itu perlu pemahaman yang benar tentang CP ini. Maka, admin akan membagikan Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12-ADM Guru Lengkap RGI.
Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12-ADM Guru Lengkap RGI
Contoh ini disertai analisi CP TP dan ATP yang akan admin jelaskan sesuai dengan pengetahuan admin. Sahabat RGI yang membutuhkan file CP, TP dan ATP mata pelajaran Antropologi dapat mendownloadnya pada bagian bawah artikel ini. 

Analisis CP, TP dan ATP Mata Pelajaran  Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12

Capaian pembelajaran mata pelajaran antropologi Fase F untuk SMA/MA/SMK/Program Paket C telah disusun oleh pemerintah untuk dipahami oleh guru mata pelajaran antropologi. Dalam hal ini dokumen yang disusun pemerintah khusus untuk fase F yaitu untuk kelas 11 dan 12 SMA.

CP antropologi kelas 11 dan 12 termasuk fase F yang nantinya dapat disusun menajdi ATP antropologi kelas 11 dan 12. Selain itu, modul ajar antropologi kurikulum merdeka disusun setelah ATP diselesai disusun. Namun, yang terlewat adalah tujuan pembelajaran. Sebelum. menyusun ATP guru mata pelajaran perlu memahami contoh capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran dengan cara membaca dokumen yang pemerintah siapkan.

Baiklah kurikulum merdeka memiliki ciri khas yaitu pembelajaran berdeferensiasi yaitu dengan memberikan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik secara individual. Dalam mata pelajaran antroplogi guru harus mampu menerapkan pembelajaran berdeferensiasi dalam setiap kelasnya sampai pada asesmen yang dibutuhkan. 

Bagaimana cara menganalisis CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka? Menurut admin dengan memahami betul bagaimana CP, TP dan ATP saling berhubungan dan pembuatan CP, TP dan ATP untuk mata pelajaran antropologi. Baiklah mari kita bahas bersama. 

CP dibuat oleh pemerintah dan tidak boleh di ubah sama sekali. Untuk itu, guru mata pelajaran hanya perlu memahami isi dari CP ini. Yang admin temukan bahwa CP ini mengandung tiga unsur yaitu kompetensi, konten/materi dan variasi. Ketiga unsur atau kompoenen tersebut bila kita lihat pada contoh ATP yang akan admin bagikkan digunakan dalam merumuskan TP. Jadi, TP itu berisikan CP namun diperinci. Setelah TP dibuat maka guru mata pelajaran dengan mudah menyusun ATP dengan melihat TP. Pada penyusunan ATP guru hanya perlu menyusun dari mudah ke sulit dengan memperhatikan level kognitif yaitu level 1, level 2 dan level 3 pada setiap setiap kompetensi TP.

Mudah-mudah guru mata pelajaran dapat memahami maksud analisis CP, TP dna ATP yang admin maksudkan. 

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12

Kurikulum merdeka menjadi angin segar bagi peserta didik karena setiap minat, kemapuan dan bakat mereka dapat terakomodir oleh pendidik dalam setiap pembelajaran dan asesmen. Tidak bisa dipungkiri terkadang guru mata pelajaran lupa tentang minat, kemmapuan dan kebutuhan peserta didik dikelas. Dengan adanya kurikulum merdeka menajdikan guru semakin termotivasi dalam emncerdaskan dan mengembangkan kemampuan peserta didik.

Dibawah ini link Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12 yang dapat sahabat RGI dapatkan

CP Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12- FILE
Dokumen ini mudah ditemukan karena sudah disiapkan oleh kemendikbud sebagai mempermudah implementasi kurikulum merdeka. Capaian pembelajaran dapat dianalisis secara detail dengan memahami rasional mapel antroplogi, tujuan mapel antopologi, serta karakteristik dari mata pelajaran Antropologi. Dokumen ini pun dirancang untuk membantu guru pengampu mata pelajaran Antropologi memahami CP dari mapel antropologi. Untuk itu, dokumen ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan dan panduan untuk berpikir reflektif setelah membaca setiap bagian dari CP mapel Antropologi.

Contoh 1 ATP Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12- FILE
ATP ini terdiri dari 2 halaman berbentuk file PDF. Didalamnya dilengkap dengan CP, TP, ATP, profil pelajar pancasila, perkiraan alokasi waktu dan lain sebagainya. Silahkan untuk lebih jelasnya dapat mengdownload pada link di atas.

Contoh 2 ATP Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12- FILE
Contoh 2 ini terdiri dari 5 lembar berisi dengan CP, ATP, indikator penilaian, perkiraan jumlah jam pelajaran, glosarium, profil pelajar pancasila, kata kunci/frase dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12-ADM Guru Lengkap RGI ini dibutuhkan oleh guru mata pelajaran khusunya antropologi. Dalam artikel ini admin menjelaskan tentang analisi CP, TP dan ATP serta mengshare contohnya.

Demikian artikel ini admin buat. semoga bermanfaat. Terima kasih.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Antropologi Fase F Kelas 11 dan 12-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan