Iklan

terkini

CP, TP dan ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Sabtu, 05 Agustus 2023, Agustus 05, 2023 WIB Last Updated 2023-08-05T15:21:51Z
Pendidikan Jasmanai, Olahraga dan Kesehatan merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan aktivitas Jasmani secara menyeluruh baik jasmani, mental dan emosional. Dalam kurikulum merdeka terdapat CP, TP dan ATP PJOK yang akan guru mata pelajaran PJOK susun menjadi modul ajar. Baiklah, sebelum ke modul ajar guru mata pelajaran PJOK harus memahami ketiga istilah tersebut untuk itu admin akan membagikan CP, TP dan ATP  PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan  Fase F-ADM Guru Lengkap RGI.
CP, TP dan ATP  PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan  Fase F-ADM Guru Lengkap RGI
Untuk memahami ketiga istilah di atas mari kita bahas bersama dan tentunya guru mata pelajaran PJOK dapat memiliki file nya dengan mendowload pada setiap point nya.

CP PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan  Fase F

Capaian pembelajaran memiliki pengertian kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yang harus di capai pada setiap fase baik itu fase a, fase b, fase c, fase d, fase e dan fase f. Setipa fase pada CP telah dibuat dokumen oleh pemerintah sebagai acuan dalam pembelajaran intrakulikuler. Jadi, guru mata pelajaran PJOK harus memiliki pemikiran bahwa CP ini bukan acuan untuk Penguatan Pofil Pelajar Pancasila. 

Seain itu, CP ini adalah dokumen yang dibuat oleh pemerintah sehingga guru mata pelajaran PJOK tidak perlu menyusun CP ini karena sudah dibuatkan dokumen khusu per mata pelajaran dengan berbagai fase yaitu mulai dari fase a sampai fase f. Namun, pada dasarnya guru mata elajaran perlu menganalisi CP, TP dan ATP sehingga memahami betul isi dari CP ini sehingga dapat merumuskan TP dan menyusun ATP.

CP PJOK kurikulum merdeka menjadi lebih menarik karena kebanyakan peserta didik meyukai pendidikan jasmani sehingga guru mata pelajaran PJOK dapat melakukan pebelajaran berdeferensiasi bagi peserta didik yang kurang memiliki minat dalam pendidikan jasmani. Kemudian, target dalam CP sepertinya dapat dilakukan dengan cukup mudah jika padadasarnya peserta didik sudah menyukai mata pelajaran PJOK.

Kemudian, seperti yang kita ketahui bahwa CP ini atau sering kita sebut Capaian Pembelajaran memiliki komponen-komponen yang menyusun atau isidari CP ini yaitu memiliki kompetensi dan memiliki konten atau materi. Bagi guru mata pelajaran PJOK yang masih bingung mana kompetensi dan mana konten admin akan memberikan contohnya di bawah ini:

CP Fase A (Kelas 1 dan 2) Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak sebagai hasil peniruan dari berbagai sumber, memahami konsep dan prinsip gerak yang benar, memahami dan mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial, serta menerima nilai-nilai aktivitas jasmani.

Mari kita bedah mana yang kompetensi dan mana yang konten atau materi
Kompetensi yang admin temukan adalah sebagai berikut  menunjukkan, memahami,  memahami dan mempraktikkan, menunjukkan. 
Konten atau materi yang admin temukan adalah aktivitas pola gerak dasar, konsep dan prinsip gerak, aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat, perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial. 

Itu hanya contoh pada fase a. CP PJOK fase b, CP PJOK fase d, cp pjok sd kurikulum merdeka dapat dianalisi oleh guru mata pelajaran PJOK untuk mempermudah penyampaian pembelajaran kepada peserta didik.

TP dan ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan  Fase F

Baiklah, setelah guru mata pelajaran PJOK memahami betul CP PJOK pada setiap fasenya. Maka, kita akan melanjutkan pada TP dan ATP. Dalam hal ini setelah kita mengetahui dan mampu memisahkan antara kompetensi dan konten atau materi maka guru mapel PJOK dapat merumuskan TP dengan mudah karena TP ini dirumuskan dari CP dengan memisahkan kompetensi dan konten menjadi satu point. contohnya

Untuk CP Fase A di atas kita dapat merumuskan TP sebagai berikut:
  • Peserta didik dapat menunjukkan berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak sebagai hasil peniruan dari berbagai sumber
  • Peserta didik memahami konsep dan prinsip gerak yang benar,
  • Peserta didik memahami dan mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat
  • Peserta didik menunjukkan perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial, serta menerima nilai-nilai aktivitas jasmani.
Kita sudah menemukan TP dalam CP selanjutnya guru mata pelajaran pada fase A untuk kelas 1 dan 2 dapat menyusun ATP kemudian membagi CP, TP dan ATP mana untuk kelas 1 dan mana untuk kelas 2. 

Untuk contoh ATP silahkan donwload file nya di bawah ini:
CP PJOK Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F- FILE
ATP PJOK Fase A-FILE
ATP PJOK Fase B-FILE
ATP PJOK Fase C-FILE
ATP PJOK Fase D-FILE
ATP PJOK Fase E-FILE
ATP PJOK Fase F-FILE

Berikut file donwload ATP yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat. Jangan lupa terus berkunjung ke blog rumahguru.info

Kesimpulan

CP, TP dan ATP  PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan  Fase F-ADM Guru Lengkap RGI sedang banyak di cari karena impementasi ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dengan memahami CP, TP dan ATP kurikulum merdeka diharapkan pembelajaran dan capaian peserta didik menjadi lebih terarah dan merupakan perbaikan pendidikan untuk warga anak-anak bangsa.

Demikian artikel ini admin buat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung lagi ke rumahguru.info karena masih banyak ADM guru yang lengkap. Terima Kasih.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CP, TP dan ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan