Iklan

terkini

Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Fase D-ADM Guru Lengkap RGI

Jumat, 13 Oktober 2023, Oktober 13, 2023 WIB Last Updated 2023-10-13T13:09:32Z

Dalam mencapai capaian pembelajaran dalam Fase D terutama dalam mata pelajaran bahasa inggris guru perlu membuat rencana yang berisi rangkaian kegiatan, skema, rancangan yang harus dikerjakan dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, admin akan membagikan Program Tahunan atau sering disingkat prota. Prota atau Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Fase D. 

Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Fase D-ADM Guru Lengkap RGI

Prota/ Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Fase D

Dalam membuat program tahunan kurikulum merdeka maka guru atau pendidik harus mengetahui terlebih dahulu ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Sebelumnya di artikel-artikel sebelumnya admin sudah menjelaskan tentang ATP dan bagaimana cara membuat ATP. Secara singkat ATP disusun setelah guru atau pendidik menyusun TP (Tujuan Pembelajaran), kemudian TP di buat dari melihat CP (Capaian Pembelajaran). 

Pembuatn program sebenarnya sudah tidak asing lagi terutama pembuatan prota dan promes bahasa inggris kelas 7 k13. Pada kurikulum 13 program tahunan atau prota memang sering dibuat. Namun, mungkin pertanyaan yang sering muncul apa saja isinya untuk kurikulum baru ini atau kurikulum merdeka. Prota bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka ini admin susun sebagai pelengkap administasi selain modul. 

Program tahunan kurikulum merdeka bahasa inggris dibuat lebih pentingnya untuk mengatahui rangkaian kegiatan apa saja atau ATP apa saja yang akan yang akan dicapai dengan alokasi waktu yang jelas terencana dan terarah yang akan dilaksanakan pada semester 1 dan semester 2. Untuk program tahunan biasanya sudag mencakup 2 semester. Jadi, guru atau pendidik dapat membuat program tahunana ini di awal semester 1. 

Dalam artikel ini admin akan membagikan contoh prota bahasa inggris kelas 7 untuk dijadikan sebagai bantuan dalam penyusunan pogram tahunan kurikulum. Setelah membuat Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Fase D guru atau pendidik dapat langsung membuat program tahunan dan porgram semester.

Adapun komponen yang terdapat dalam Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Fase D yaitu:
  1. Halamn 1 yaitu Cover berisi logo dan identitas guru dan sekolah
  2. Halaman 2 yaitu judul besar, identitas program tahunan, Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D. Kemudian ditambah dengan tabel berisi Nomor, No. ATP, ATP, Alokasi Waktu dan Semester.
Contoh Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7
No. 1
No. ATP 1.1
ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) 
  1. Peserta didik mampu memperkenalkan diri dan orang lain;
  2.  Peserta didik mampu berbicara tentang hobi;
  3. Peserta didik mampu menggambarkan ciri-ciri fisik dan kepribadian orang, dan
  4. Peserta didik mampu menggambarkan kegiatan sehari-hari mereka.
Alokasi Waktu 20 JP
Semester 1 (Ganjil)

Untuk lebih lengkapnya guru atau pendidik dapat meklik link yang akan admin bagikan pada judul selanjutnya.

LINK Contoh Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Kelas 7 Fase D

Contoh Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Fase D dapat di download di link yang admin sediakan di bawah nanti. Dalam Program tahunan ini kita pasti mengetahui ada sedikit perbedaan dengan kurikulum merdeka. 

Berikut link Program Tahunan Kurikulum Merdeka  Bahasa Inggris Fase D (Klik Disini)

Dalam Contoh Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Fase D ini memuat komponen yang admin sebutkan di atas. Sebenarnya ini hanya format ayang admin buat untuk referensi atau lebih tepatnya menambah referensi untuk guru atau pendidik yang membutuhkan referensi pembuatan atau penyusunna rencana pembelajaran selama satu (1) tahun. Karena seperti yang kita ketahui selain sebagi tuntutan administrasi yang selalu ditagih di awal semseter program tahunan ini bertujuan untuk membantu guru atau pendidik dalam skema alur tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik selama satu (1) tahun.

Akhir Kata

Dalam penyusunan program tahunan sudah jelas berisi rencana atau rangkaian kegiatan yang terukur dan terencana selama satu tahun yang meliputi dua (2) semester. Program tahunan ini sebagagi acuan dalam penyusunan program semster dan modul ajar dengan materi apa saja yang akan disampaikan selama satu (1) tahun yang dibagi ke dalma dua (2) semester.

Mudah-mudahan yang admin sampaikan bermanfaat. Terima kaish telah berkunjung. bye bye
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Tahunan Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Fase D-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan