Iklan

terkini

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 Semester 2 dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)-ADM Guru Lengkap RGI

Rabu, 11 Oktober 2023, Oktober 11, 2023 WIB Last Updated 2023-10-11T01:57:30Z

Modul ajar adalah perangkat ajar atau dokumen yang harus disusun oleh guru atau pendidik mata pelajaran salah satunya bahasa inggris. Dalam pelaksanaanya tidak hanya modul ajar yang digunakan pada kurikulum merdeka ini tapi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) juga dapat digunakan. Untuk itu guru tidak perlu khawatir dalam perangkat ajar mana yang digunakan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan guru atua pendidik. Hanya saja dalam artikel ini amdin akan membagikan materi tetang Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Semester 2 dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)-ADM Guru Lengkap RGI.

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 Semester 2 dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)-ADM Guru Lengkap RGI
Bahasa inggris fase D memiliki 3 elemen yaitu menyimak-berbicara, membaca-memirsa dan menulis-mempresentasikan. Fase D ini merupakan tingkatan untuk SMP/MTs kelas 7,8 dan 9. Pada tingkatan fase D ini ketigas grade atau kelas termasuk dalam satu fase. Disini guru mata pelajaran bahasa inggris dapat membagikan elemen-elemen di atas untuk dipelajari di grade atau kelas berapa.

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 Semester 2

Pada semester 2 ini materi yang akan disampaikan 2 chapter yaitu my school activities dan this is my school. Materi yang disampaikan berhubungan dengan sekolah baik kegiatan apa saja yang peserta didik lakukan disekolah serta menceritakan tentang sekolah peserta didik. Materi ini memudahkan peserta didik dalam membuat deskripsi karena mereka dapat mengamati sendiri apa yang ada disekitar mereka yaitu sekolah. Peserta didik dapat mendeskripsikan kegiatan apasaja yang mereka lakukan baik dengan lisan, tulisan dan visual. Atau menceritakan bangunan atau letak kelas dan lain sebagainya yang berhubungan dengan lingkungan sekolah.

Dalam penyusunan modul ajarnya dapat dibuat 2 modul ajar untuk pertemuan disesuaikan dengan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Berapa waktu yang dibutuhkan dalam menyampaikan materi tersebut. Seperti yang dibahas sebelumnya fase D ini merupakan fase untuk tingkat SMP/MTs mulai dari kelas 7, 8 dan 9. Untuk guru bahasa inggris kelas 7, 8 dan 9 dapat merumuskan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing.

Modul ajar terdiri dari informasi umum, kompetensi inti dan lampiran. Ketiga komponen tersebut dapat dijadikan sebagai patokan dalam penyusunan modul ajar bahasa inggris kelas 7 semester 2. Adapun dalam modul ajar harus memiliki capaian sesuai elemen dan capaian pembelajaran yang sudah dtentukka oleh pemerintah. .

Dalam Chapter 4 My School Activities
Unit 1. My Class Schedule 
Talking about class schedules and school subjects. 

Unit 2. My Online Class
Talking about online learning tip.

Unit 3. My Study Habits
Describing one’s study habits.

Sementara Chapter 5 This is School
Unit 1. School Buildings 
Asking for and giving directions at school. 

Unit 2. Extracurricular Activities
Talking about extracurricular activities. 

Unit 3. A School Festival
Describing a school festival. 

Kedua chapter tersebut sesuai dengan  elemen dan capaian pembelajaran pada fase D di bawah ini.

Menyimak – Berbicara
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detail yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

Membaca - Memirsa
Pada akhir Fase D, peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesiik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka  mengidentiikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks.

Menulis - Mempresentasikan
Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosa kata spesiik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

Dari elemen dan capaian pembelajaran di atas dapat dijadikan patokan dalam penyusunan modul ajar dan proses kegiatan pembelajaran. 

Link Download Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 Semester 2 dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Berikut link donwload untuk sahabat RGI yang membutuhkan modul ajar bahasa inggris fase D kelas 7 semester 2 
Chapter 4 My School Activities (silahkan klik)
Chapter 5 This is My School (silahkan klik)

Bagi sahabat RGI yang membutuhkan artikel di atas silahkan klik saja mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dijadikan tambahan referensi dalam penyusunan modul ajar bahasa inggris fase D kelas 7 semester 2.

Kesimpulan

Dalam penyusunan modul ini sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Modul ajar bahasa inggris fase di kelas 7 semester 2 ini disediakan LKPD, remedial dan pengayaan sebagai lampiran dalma modul ini. Terima kasih telah mengunjungi blog rumahguru.info semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 Semester 2 dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan