Iklan

terkini

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Semester 1 - ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 10 Oktober 2023, Oktober 10, 2023 WIB Last Updated 2023-10-10T01:41:09Z
Modul ajar menjadi administrasi yang harus dibuat oleh pendidik atau guru. Penerapan kurikulum merdeka yang sekarang bertahap menjadikan guru semakin banyak mencari diklat yang berhubungan dengan penerapan kurikulum merdeka salah satunya pembuatan Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) - ADM Guru Lengkap RGI.
Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Semester 1 - ADM Guru Lengkap RGI

Untuk mempermudah dalam pembuatan administrasi kemudian mempermudah guru dalam mendapatkan informai terkait Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) admin akan membagikan file lengkapnya pada artikel ini.

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1

Modul ajar adalah perangkat ajar atau dokumen bahan ajar yang beriisikan tujuan, langkah pembelajaran, media pembelajaran serta asesmen pembelajaran sesuai dengan ATP (Alur tujuan Pembelajaran). Kemudian, bahasa inggris adalah salah satu mata pelajaran yang ada pada tingkat MTs/SMP memuat materi sesuai dengan elemen CP dan TP yang kemudian menjad ATP. Bapak atau Ibu guru bahasa inggris dapat  download modul ajar bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka
atau modul ajar bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka semester 2 di sini agar mempermudah bapak ibu dalam penyusunan dokumen ajar. 

Selain itu,  modul ajar bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka pdf, download modul bahasa inggris kelas 7 semester 1 dan modul ajar bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka about me dapat dengan mudah di akses dengan lengkap karena admin akan membagikannya pada artikel ini. Sementara untuk modul ajar bahasa inggris kelas 8 kurikulum merdeka admin tidak dapat membagikannya karena di madrasah masih bertahap dari kelas 7 telebih dahulu.

Dalam pembelajaran kurikulum merdeka terdapat pembelajaran yang sangat khas yaitu pembelajaran berdeferensiasi. Sebelum melakukan pembelajaran berdeferensiasi guru atau pendidik tentunya harus melakukan asesmen terlebih dahulu baik itu asesmen diagnostik ataupun kognitif. Untuk asesmen diagnostik guru atau pendidik dapat memiliki pengetahuan tentang peserat didik seperti gaya belajar, perasaan peserat didik, minta, bakat dan lain sebagainya. Sementara untuk asesmen kognitif guru atua pendidik dapat memberikan soal berupa pertanyaan-pertanyaan terkait dengan mataeri yang akan disampaikan. Soal materi yang akan disampaikan bisa berupa asesmen kognitif untuk satu semester atau untuk per bab. Itu tergantung dengan kebutuhan bapak atau ibu guru dalam melakukan asesmen kognitif.

Kemudian, setelah melakukan asesmen kognitif tentunya bapak atau ibu guru bahasa inggris dapat  menganalisis dengan melakukan penilaian pada setiap hasil peserta didik. Setelah mendapat hasil guru atau bapak bahasa inggris dapat menentukkan peserta didik yang hight, middle dan low. Itu dimaksudkan untuk membantu peserta didik membuat kelompok belajarnya. Dalam kelompok belajar ini peserta didik dapat melakukan pembelajaran teman sejawat.

Modul ajar ini tentunya memberikan guru atau pendidik untuk membuat pembelajaran yang berdeferensiasi dengan deferensiasi konten, deferensiasi proses dan deferensiasi produk. Pada akhirnya peserta didik mampu membuat produk sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Contoh about me peserta didik dapat di bagi sesuai gaya belajar atau hasil asesmen kognitif sebagai pembelajaran teman sejawat. Pada deferensiasi konten peserta didik ada yang diberikan materi berupa gambar/video atau menempel gambar sesuai dengan materi yang sedang disampaikan (misal peserta didik diberikan gambar seorang siswa kemudian mencocokan identity dengan gambar yang disediakan) ini bisa membuat peserta didik lebih mudah memahami konten sesuai materi.

Selanjutnya, diferensiasi proses dan produk dapat dengan cara peserta didik diberikan tugas berupa membuat identity dengan gambar dirinya kemudian disesuaikan dengan peserta didik baik ditempel atau di print sehingga menghasilkan perkenalan tentang diri para siswa.

Kemudian guru dapat melakukan asesmen yang telah di rancang sebelumnya dengan menggunakan LKPD. untuk lebih jelasnya mari kita bahasa di materi selanjutnya.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1

Untuk lembar kerja peserta didik (LKPD) bahasa inggris kelas 7 semester 1 terbagi ke dalam tiga chapter meliputi 
Chapter 1 About Me
Unit 1 Galang from Kalimantan
  1. Introducing myself
  2. Greetings & saying goodbye
Unit 2 I Love Fishing
  1. Introducing others
  2. Describing hobbies
Unit 3 Galang and Friends
  1. Describing people
  2. Describing daily activities
Chapter 2 Culinary and Me
Unit 1. My Favorite Food
  1. Describing one’s favourite meal food, drink, snack, texture, and taste.
Unit 2. My Favorite Snack
  1. Asking and giving information about food and ingredients
Unit 3. Secret Recipe
  1. Identifying tools and ingredients.
  2. Making a sequence of cooking step.
Chapter 3 Home Sweet Home
Unit 1. My House 
  1. Talking about rooms in a house and things in the rooms.. 
Unit 2. My House Chores
  1. Talking about what people do and use to clean up a house
Unit 3. Let’s Clean Up!
  1. Giving instructions how to do something
    Di dalam modul ajar bahasa inggris telah disediakan LKPD dan jawaban dari LKPD guru mata pelajaran bahasa inggris dapat memakainya sebagai petunjuk pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya, Lembar Kerja Peserta didik dapat di perbesar atau di modifikasi oleh bapak ibu guru sesuai dengan kebutuhan. yang admin sediakan hanya sebagai stimulus untuk bapak ibu guru dalma mengembangkan dokumen atau perangkat ajar yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan keadaan peserta didik.

Berikut Link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Semester 1

Chapter 1 About Me (Silahkan klik)
Chapter 2 Culinary and Me (Silahkan klik)
Chapter 3 Home Sweet Home (Silahkan klik)

Kesimpulan

Dalam artikel ini memuat modul ajar bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka dilengkapi dengan LKPD, soal remedial dan pengayaan. Modul ajar ini adalah perangkat ajar yang dapat dijadikan contoh atau referensi oleh bapak ibu guru dalam mengembangkan perangkat ajar yang sedang bapak ibu guru susun.

Demikian artikl ini admin susun. Semoga bermanfaat
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Semester 1 - ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan