Iklan

terkini

Cara Menyusun CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 25 Juli 2023, Juli 25, 2023 WIB Last Updated 2023-07-25T15:01:37Z

Hi, selamat datang dirumahguru.info. Pada kesempatan ini admin ingin membagikan artikel yang berhubungan dengan kurikulum merdeka yang sedang diimplementasikkan secara bertahap oleh seluruh sekolah di Indoensia yaitu tentang Cara Menyusun CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI.

Cara Menyusun CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI
Contoh CP, TP dan ATP kurikulum merdeka menjadi banyak dicari karena pengimplementasaian kurikulum merdeka ini. Untuk itu, sudah seharusnya guru mata pelajaran matematika baik dari fase A, fase B, fase C, fase D, fase E dan fase F mampu menganalisi CP, TP dan ATP untuk memudahkan pemahaman atau pengimplementasian kurikulum merdeka. Namun, tidak hanya itu masih ada yang harus di pahami oleh guru mata pelajaran Mataematika yaitu tentang modul ajar matematika yang harus disusun untuk pembelajaran tatap muka bersama pesrta didik disesuiakan dengan prinsip-prinsip yang dianjurkan oleh pemerintah dalam kurikulum merdeka ini.

Cara Menyusun CP, TP dan ATP Mata Pelajaran Matematika Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F

Sesuai dengan judul pertama ini admin akan memaparkan cara menyusun CP, TP dan ATP sesuai dengan pengetahuan admin semoga dapat dipahami dan bermnafaat untuk bapak dan ibu guru mata pelajaran matematika.

Sebelum menyusun CP, TP dan ATP sahabat RGI harus mengatahui terlebih dahulu setiap fase dalam kurikulum merdeka ini. Seperti CP dan ATP matematika kelas 1-2 untuk fase A, CP dan ATP matematika kelas 3-4 untuk fase B, CP dan ATP matematika kelas 5-6 untuk fase C, CP dan ATP matematika kelas 7,8,9 untuk fase  D, CP dan ATP matematika kelas 10 untuk fase E dan CP dan ATP matematika kelas 11-12 untuk fase F. 

Jadi, nanti jika sahabat RGI ingin mencari CP dan ATP admin sarankan tidak untuk mengsearch cp matematika sma kurikulum merdeka menurut admin lebih mudah untuk mesearch atp matematika fase d misalnya atau atp matematika fase e dan cp matematika fase a. Ini hanya saran saja setiap orang memiliki kebutuhan untuk mencari di internet.

Selanjutnya, sahabat RGI harus mengetahui pengertian dari istilah-istilah kurikulum merdeka tersebut. CP adalah kompetensi. Kompetensi ini harus dicapai oleh peserta didik dalam setiap fase yang dihadapainya. Kemudian pada hakikatnya bahwa CP dibuat oleh pemerintah dan ini tidak boleh dirubah. Guru hanya memahami isi dari CP saja. Kemudian TP atau Tujuan pembelajaran adalah deskrpisi tentang pencapaian kompetensi, konten dan variasi dalam CP. Terakhir ATP adalah alur tujuan pembelajaran admin sering menyebutnya panduan untuk mencapai kompetensi yang telah disusun dalam TP.

Kemudian, cara menyusun CP, TP dan ATP adalah dengan mengembangkan CP terlebih dahulu ingat kembali bahwa CP tidak boleh dirubah, kemudian dikembangkan atau disusun menajdi TP dengan mencari kompetensi, konten atau materi dan variasi yang terdapat pada CP pada setiap fase nya, setelah itu menyusun ATP dengan mengurutkan dari kompetensi yang paling mudah ke yang sulit dengan melihat level kognitif pada kompetensi pada TP yang telah disusun.

Setelah CP, TP dan ATP dapat disusun maka akan mudah dalam membuat Modul ajar mata pelajaran matematika dengan memahami kaidah-kaidah yang minimal ada dalam modul ajar matematika kurikulum merdeka pada fase yang dibutuhkan seperti informasi umum, kompetensi inti dan Lampiran. Dalam hal ini pendidik memiliki keleluasaan bisa memilih dan memodifikasi contoh Modul Ajar matematika yang sudah ada atau mengembangkan modul ajar sendiri sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik di sekolah maisng-masing.

Contoh CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Matematika Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F

Dalam penyusunan CP, TP dan ATP kurikulum merdeka guru matematika diberi keleluasaan dapat memodifikasi yang sudah ada atau menyusun sendiri CP, TP dan ATP kurikulum merdeka. Mudah-mudahan pejelasan admin di atas dapat membantu guru mata pelajaran matematika dalam menyusun CP, TP dan ATP kurikulum merdeka.

Cara Menyusun CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka susah-susah gampang. Masih banyak yang perlu digali karena baru, sahabat RGI dapat mencari atau memperluas informasi dan pengetahuan tentang CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika ini dengan mengikuti seminar, diklat atau berdiskusi dengan teman sejawat yang sudah memahami betul dan mamu mempraktekkan baik administrasi dan pembelajaran dalam kelas.

Baiklah bagi sahabat RGI yang memilih melakukan modifikasi atau yang mau menyuusn sendiri hanay sebagai penambah referensi silahkan untuk mengdownloadnya di bawah ini:
CP Matematika Fase A sampai Fase F-FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase A (KELAS 1-2) -FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase B (KELAS 3-4) -FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase C (KELAS 5-6) -FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase D (KELAS 7-9) -FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase E (KELAS 10) -FILE
Contoh TP, ATP Matematika Fase F(KELAS 11-12) -FILE

Akhir Kata

Dalam penyusunan CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka diperlukan kesabaran karena memang kurikulum ini perlu diperhatikan betul kebutuhan , karakteristik peserta didik. Sebenarnya, guru dipermudah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan guru dan peserta didik. 

Demikian artikel ini admin buat. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Menyusun CP, TP dan ATP dan Contoh CP, TP dan ATP Matematika Fase A sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan