Iklan

terkini

CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPS Fase D Kelas 7,8 dan 9-ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 01 Agustus 2023, Agustus 01, 2023 WIB Last Updated 2023-08-01T14:59:01Z
CP, TP dan ATP kurikulum merdeka menjadi tiga hal yang perlu dipahami untuk membuat modul ajar IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka, untuk membuat modul ajar IPS kelas 8 kurikulum merdeka, untuk membuat modul ajar IPS kelas 9 kurikulum merdeka. Untuk sampai pada pembuatan modul ajar guru mata pelajaran tentunya harus memahami dulu pengertian cp, tp dan atp serta cara membuat cp, tp dan atp kurikulum merdeka. Namun, untuk dapat membuat cp, tp dan atp tidak semudah yang terlihat. Untuk itu, admin menyediakan cp, tp dan atp kuirkulum merdeka mata pelajaran IPS fase D pada bagian bawah artikel ini.
CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPS Fase D Kelas 7,8 dan 9-ADM Guru Lengkap RGI
Dalam mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial hanya untuk fase D. Seperti yang kita ketahui bahwa di SD/MI/Program Paket A mata pelajaran IPS telah dipadukan dengan IPA yang kita kenal dengan IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang dimana pemerintah berharap dengan dipadukannya kedua mata pelajaran ini membuat peserta didik dapat memahami serta memecahkan masalah tidak hanya pada satu disiplin ilmu tapi dari beberap disiplin ilmu. Kemudian, IPS tidak ada di SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket A karena mata pelajaran IPS tidak terpadu melainkan berdiri sendiri seperti ekonomi, sosiologi dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, mata pelajaran IPS hanya ada di Fase D dengan tujuan pembelajaran ips kelas 7 kurikulum merdeka, tujuan pembelajaran ips kelas 8 kurikulum merdeka, dan tujuan pembelajaran ips kelas 9 kurikulum merdeka. 

Elemen Capaian Pembelajaran IPS Kelas 7, 8 dan 9 (Fase D) 

Mata pelajaran IPS fase D untuk kelas 7,8 dan 9 memiliki capaian pembelajaran atau CP yang telah disusun oleh pemerintah sehingga guru mata pelajaran tidak perlu membuat atau menyusun CP ini. Mata pelajaran IPS capaian yang ditargetkan adalah fase D alasannya sudah admin sampaikan pada pembukaan artikel ini. Kemudian, CP menjadi acuan pembelajaran intrakulikuler. Untuk itu, CP digunakan sebagai acuan capaian pada mata pelajaran IPS karena mata pelajaran IPS merupkan salahsatu matapelajaran intrakulikuler di sekolah atau madrasah.

Pemerintah menetapkan Capaian Pembelajaran  sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, CP tidak cukup jelas untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari dikelas. Oleh karena itu, pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran. 

Karakteristik mata pelajaran IPS adalah perilaku sosial, ekonomi, dan budaya manusia di masyarakat dalam konteks ruang dan waktu yang sering kali mengalami perubahan. Oleh karena itu, masyarakat menjadi sumber utama dalam mata pelajaran IPS.Penekananya bahwa materi-materi pembelajaran hanya menjadi sebuah kendaraan menuju capaian pembelajaran atau CP. Ini berarti, proses pembelajaran tidak berfokus utama pada selesainya materi, namun lebih kepada ketercapaian kompetensi. 

Adapun elemen mata pelajaran IPS di SMP/MTs sebagai berikut:

Pemahaman
Adapun cakupan materi dalam elemen ini adalah:
  1. Keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu;
  2. Perkembangan masyarakat Indonesia dari masa pra aksara, kerajaan, kolonial, awal kemerdekaan sampai dengan sekarang;
  3. Interaksi, Sosialisasi, institusi sosial, dan dinamika sosial;
  4. Kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya dan berteknologi di era global;
Keterampilan Proses
Siklus keterampilan proses dijabarkan di bawah ini:
Mengamati: Peserta didik melakukan kegiatan yang dilaksanakan secara sengaja dan terencana dengan maksud untuk mendapat informasi dari hasil pengamatan. Pengamatan bisa dilakukan langsung atau menggunakan instrumen lain.
  1. Menanya
  2. Mengumpulkan Informasi
  3. Mengorganisasikan Informasi
  4. Menarik Kesimpulan
  5. Mengomunikasikan
  6. Merefleksikan dan Merencanakan Proyek Lanjutan Secara Kolaboratif
  7. Peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar 
Berikut di atas elemen dan ruang lingkup mata pelajaran IPs untuk lebih lengkapnya dapat sahabat RGI download dibagian bawah artikel ini.

CP dan ATP Mata Pelajaran IPS Fase D Kelas 7, 8 dan 9

CP IPS fase d kelas 7 kurikulum merdeka sedang dicari apalagi madrasah baru saja mengimplementasikkan kurikulum merdeka untuk fase d pada kelas 7 terlebih dahulu. CP dan ATP IPS kelas 7 kurikulum merdeka akan banyak dicari sehingga guru mata pelajaran yang sedang mencarinya tidak perlu khawatir karena admin akan membagikkannya.

Baiklah yang memerlukkan filenya silahkanklik tautan di bawah ini:
CP IPS Kelas 7, 8 dan 9 PDF-File Lengkap
Contoh CP, TP dan ATP kelas 7 pdf-File Lengkap
Contoh CP, TP dan ATP kelas 7,8 dan 9-File Lengkap
Contoh CP, TP dan ATP kelas 7,8 dan 9 bisa digunakan untuk inklusi (PDBK)-File Lengkap

Berikut link tautan yang dapat sahabat RGI akses. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPS Fase D Kelas 7,8 dan 9-ADM Guru Lengkap RGI menjadi hal yang sangat perlu dipahami, mampu dikembangkan dan susun atau dirumuskan untuk membantu pendidik atau guru mata pelajaran IPS dalam pengimpelemntasian kurikulum merdeka yang sedang dipakai pada kurikulum pendidikan saat ini. 

Demikian artikel ini admin buat. Terima kasih telah berkunjung pada blog rumahguru.info. Sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPS Fase D Kelas 7,8 dan 9-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan