Iklan

terkini

Analisis CP, TP dan ATP Serta Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Sabtu, 29 Juli 2023, Juli 29, 2023 WIB Last Updated 2023-07-29T15:25:38Z

Hi, selamat datang di blog rumahguru.info. Pada artikel ini admin akan membagikkan artikel tentang Analisi CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI. Silahkan bagi bapak/ibu guru mata pelajaran IPA yang membutuhkan filenya dapat mendownload dibagian bawah artikel.

Analisis CP, TP dan ATP Serta Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Pada mata pelajaran IPA ini hanya ada pada fase D karena seperti yang kita ketahui bahwa di Fase A, fase B dan Fase C mata pelajaran IPA sudah dipadukan dengan mata pelajaran IPS menjadi IPAS. Sementara di Fase E dan F mata pelajaran IPA sudah dibagi menjadi beberapa pelajaran seperti biologi, kimia, dan fisika.

Analisis CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka

Capaian pembelajaran atau sering disingkat CP. CP memeiliki pengertian yang mampu kita ingat dengan mudah yaitu kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fasenya. Kenapa harus fase tidak kelas? karena pada dasarnya setiap fase kompetensi yang harus di capai oleh peserta didik sehingga penggunaan fase pada kurikulum merdeka ini memudahkan guru untuk melihat dan memahami perbedaan peserta didik di dalam kelas. 

Kemudian, CP ini berlaku hanya untuk pembelajaran intakulikuler. CP ini tidak berhubungan dengan kompetensi profil pelajar pancasila atau dalam madrasah profil pelajar pancasila rahmatanlilalamin. Karena seperti yang kita pahami bahwa profil pelajar pancasila itu digunakan untuk projek disekolah atau madrasah masing-masing.

Seperti yang admin arasakan sendiri pemberlakuan kurikulum merdeka membuat admin bingung pada awalnya. Apakah harus ada prota, prosem dan lain sebagainya. Kemudian ketika pembuatan modul membuat admin harus ekstra menganalisis CP , TP dan ATP mata pelajaran bahasa inggris. Untuk itu, admin akan membagikan sedikit pengetahuan admin tentang Analisi CP, TP dan ATP Serta Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI.

CP memiliki komponen didalamnya seperti kompetensi, konten atau materi dan variasi. Ketiga komponen ini dapat dikembangkan untuk merumuskan TP atau tujuan pembelajaran. Untuk itu, sebelum melangkah ke TP dan ATP guru mata pelajaran IPA harus memahami CP terlebih dahulu CP mata pelajaran IPA perlu dipahami secara utuh, termasuk rasional mata pelajaran, tujuan, serta karakteristik dari mata pelajaran IPA.

Setelah mampu merumuskan TP kemudian guru mata pelajaran dapat menyusun ATP dari yang mudah ke yang tersulit dengan memperhatikkan level kognitif pada setiap tujuan pembelajaran. Setelah ATP disusun maka guru mata pelajaran IPA tinggal menggunakannya untuk merancang pembelajaran dan asesmen atau yang kita kenal pembuatan modul ajar mata pelajaran IPA.

Adapun mata pelajaran IPA memiliki dua elemen utama dalam pendidikan IPA yaitu pemahaman IPA dan keterampilan proses (inkuiri) untuk menerapkan sains dalam kehidupan sehari-hari. Setiap elemen berlaku untuk empat cakupan konten yaitu makhluk hidup, zat dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan antariksa.

Kelima konten tersebut menjadi materi mata pelajaran IPA yang harus dicapai peserta didik. Dapat dibagi mejadi kelas 7, 8 dan 9. Karena ketiga kelas ini termasuk dalam fase yang sama yaitu fase D.

Download Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka

Baiklah sahabat RGI yang membutuhkan file contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka dapat mendownloadnya dibawah ini:
CP Mata Pelajaran IPA Fase D-FILE
Capaian pembelajaran atau CP dibuat oleh pemerintah berupa dokumen yang terusun secara terperinci. Untuk itu, dokumen ini dirancang untuk membantu pendidik pengampu mata pelajaran IPA memahami CP mata pelajaran ini. Untuk itu, dokumen ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan dan panduan untuk berpikir reflektif setelah membaca setiap bagian dari CP mata pelajaran IPA.

Contoh ATP Mata Pelajaran IPA Fase D-FILE
ATP ini bisa digunakan untuk SLB disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta didiknya. ATP ini pun berisi TP dan ATP. Namun, ATP ini hanya contoh dan tidak patokkan harus sama. Sahabat RGI dapat mengamati, dapat meniru dan dapat memodifikasi contoh ATP Mata Pelajaran IPA Fase D.

Kesimpulan

Analisis CP, TP dan ATP Serta Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI ini membantu pendidik yang belum memahami betul istlah kurikulum merdeka ini yaitu CP, TP dan ATP. Serta mata pelajaran IPA dalam Kurikulum merdeka. 

Terima kasih atas kunjunannya. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Analisis CP, TP dan ATP Serta Contoh CP, TP dan ATP Mata Pelajaran IPA Fase D Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan