Iklan

terkini

Program Semester Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 -ADM Guru Lengkap RGI

Sabtu, 28 Oktober 2023, Oktober 28, 2023 WIB Last Updated 2023-10-28T05:08:21Z

Kurikulum merdeka menjadi kurikulum yang digunakan saat ini. Dalam pelaksanaannya tetap saja guru atau pengajar dituntut untuk membuat administrasi mata pelajaran salah satunya dalam mata pelajaran bahasa inggris. Dalam mata pelajaran bahasa inggris yang perlu guru bahasa inggris persiapkan yaitu CP, TP dan ATP, Program Tahunan (Prota), Program Semesteran (Prosem), Modul Ajar Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2, KTTP Kurikulum Merdeka dan buku bahasa inggris kurikulum merdeka. Baiklah untuk artikel ini admin akan menyajikan Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 -ADM Guru Lengkap RGI.

Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 -ADM Guru Lengkap RGI

ara Menyusun Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2

Banyak guru atau pengajar yang mencari dengan cara men download prota dan promes bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka atau hanya mencari promes bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka semester 2. Dalam artikel ini guru bahasa inggris dapat mendownload promes bahasa inggris kelas 7 dengan mudah. Kemudian dapat dirubah dan disesuaikan dengan kondisi sekolah atau madrasah masing-masing. Karena dalam pelaksanaan kegiatan belajar  mengajarnya (KBM) berbeda satu sekolah dengan sekolah lain.

Program semester ini dapat disusun setelah guru mata pelajaran bahasa inggris menyusun ATP (ALur Tujuan Pembelajaran) setelah ATP tersusun maka dapat menentukkan konten dapat tersampaikan selama berapa bulan sesuai dengan target Capaian Pembelajaran yang harus dicapai.

Apalagi dalam pelaksanaanya kurikulum merdeka ini ternyata ada program P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila). P5 menjadi agenda rutin dalam 1 semester harus melaksanakan 2 tema. Adapaun pelaksanaanya dapat dilaksanakan secara intrakurikuler berarti diselipkan dalam jadwal pelajaran, atau ko kurukuler yaitu di block selama 1 minggu dan dilaksankana oleh fasilitator serta ekstrakulikuler dilaksanakandiluarjam pelajaran. Kegiatan p5 ini harus menjadi pertimbangan bapak/ibu uru mata pelajaran bahasa inggris dalam menyusun program tahunan maupun semesteran.

Adapun langkah-langkah dalam menyusun program semster adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan capaian pembelajaran sesuai fase yaitu fase A,B,C,D,E dan F, ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan Konten ke dalam format promes yang tersedia.
  2. Menentukan banyaknya jam yang tersedia di kolom bulan/minggu dan banyaknya tatap muka setiap minggu per mata pelajaran bahasa inggris.
  3. Jika ada catatan tambahan guru mata pelajaran bahasa inggris dapat enambahkan catatan yang ada di setiap bagian yang membutuhkan keterangan.

Fungsi Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 

Seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum merdeka ini memberikan penekanan pada pembelajaran deferensiasi dimana guru harus mampu memberikan konten sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik. Gaya belajar menjadi penting untuk diketahui supaya peserta didik mampu melakukan pembelajaran dengan mudah karena media pembelajarn disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing peserta didik.

Secara umum fungsi penyusunan Program Semester atau sering disingkat promes yaitu berfungsi sebagai acuan dalam menyusun satuan pelajaran; acuan kalender dalam kegiatan belajar mengajar; dan untuk mencapai efesiensi dan efektifitas dalam penggunaan waktu belajar yang tersedia

Secara rinci di kutip dari quipper Fungsi promes adalah sebagai berikut.
  1. Bisa mempermudah tugas Bapak/Ibu guru bahasa inggris  ketika akan mengadakan pembelajaran selama satu semester.
  2. Mampu mengarahkan kegiatan untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah diprogram.
  3. Menjadi pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap guru yang ikut serta dalam pembelajaran.
  4. Menjadi pedoman guru bahasa inggris dalam bekerja dan belajar.
  5. Menjadi tolok ukur untuk keefektivitasan selama proses pembelajaran.
  6. Menjadi bahan untuk menyusun data, sehingga terbentuk keseimbangan dalam kerja dan pembelajaran.
  7. Dapat menghemat waktu, tenaga, biaya, dan alat penunjang karena pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien.
Untuk itu, penyusunan program semester ini penting disusun karena memiliki fungsi yang signifikan untuk guru atau pengajar. 

Link Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 

Untuk ibu/bapak guru bahasa inggris yang membutuhkan Program Semester Kurikulum  Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2  (KLIK DISINI

Demikian artikel ini admin buat. Terima kasih telah berkunjung ke blog rumahguru.info. Semoga yang admin share bermanfaat. Terima Kasih


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Semester Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Fase D Semester 1 dan 2 -ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan