Iklan

terkini

CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Minggu, 30 Juli 2023, Juli 30, 2023 WIB Last Updated 2023-07-30T15:12:45Z

Capaian pembelajaran mata pelajaran TIK atau Informatika dari fase a sampai fase f akan admin sajikan pada artikel ini. Karena pentingnya implementasi kurikulum merdeka  bagi semua guru di Indonesia dengan berbagai mata pelajran yang berbeda memerlukan penyesuaian baik dari pelaksanaan belajar mengajar dan administrasi lainnya. Untuk itu, admin akan membagikan CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI.

CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI
Pada kurikulum merdeka ini tidak lagi menggunakan TIK melainkan mata pelajaran informatika. Karena TIK menjadi salah satu elemen dari informatika. Untuk itu, guru mata pelajaran Informatika harus dapat mempelajari kembali atau membaca secara lengkap perubahan-perubahan yang mana saja yang perlu dipelajari kembali dan mana saja yang perlu di ingat kembali serta dikembangkan.

Mata Pelajaran Informatika Fase A sampai Fase F

Mata pelajaran Informatika memiliki berkontribusi terhadap profil pelajar Pancasila dalam memberi kemampuan peserta didik menjadi orang yang bernalar kritis, mandiri, kreatif melalui penerapan berpikir komputasional, serta menjadi orang yang memiliki berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong melalui Praktik Lintas Bidang (core practices) untuk menghasilkan artefak komputasional yang bekerja secara kolaborasi dalam kerja kelompok baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK.

Dua kemampuan bekerja mandiri dan kolaborasi secara daring merupakan kemampuan penting sebagai anggota masyarakat abad ke-21. Peserta didik diharapkan dapat menjadi warga digital yang beretika dan mandiri dalam berteknologi informasi, sekaligus menjadi warga dunia  yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.

Dalam kurikulum merdeka elemen mata pelajaran informatika terbagi kedalam 8 (delapan) elemen yaitu
  1. Berpikir komputasional (BK)
  2. Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK)
  3. Sistem komputer (SK)
  4. Sistem komputer (SK)
  5. Analisis data (AD)
  6. Algoritma dan Pemrograman(AP)
  7. Dampak Sosial Informatika (DSI) 
  8. Praktik Lintas Bidang (PLB)
Beban belajar setiap elemen pada mata pelajaran Informatika ternyata tidak sama. Elemen BK, AD, AP, dan PLB memiliki beban belajar paling besar karena mungkinkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. SK dan JKI diberikan terbatas hanya pada pengetahuan dasar dan penggunaannya. TIK dan DSI dapat diberikan sambil melakukan kegiatan yang berhubungan dengan elemen lainnya, dimana perkakas TIK saat ini semakin intuitif yang mudah dipelajari dan dimanfaatkan, sedangkan DSI merupakan aspek dari setiap area pengetahuan Informatika untuk menumbuhkan kepedulian pada masyarakat dan pembentukan karakter baik sebagai warga dunia maupun warga digital.

CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F

Kita telah mengetahui pentingnya mata pelajaran informatika dan elemen-elemen yang ada pada mata pelajaran ini. Pada point ini admin akan membagikan CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F.

CP adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fasenya. Jadi, peserta didik harus mampu menguasai kompetensi tersebut supaya dapat melanjutkan ke fase selanjutnya. CP atau capaian pembelajaran mata pelajaran informatika sudah disusun oleh pemerintah. Dokumen ini sudah disusun dengan baik dan sedetail mungkin untuk pendidik yang membutuhkan CP Mata pelajaran informatika Fase A sampai fase D.

Kemudian Tujuan Pembelajaran atau TP. TP ini menjadi penting dirumuskan setelah pendidik memahami terlebih dahulu isi CP.CP adalah kompetensi yang telah disusun oleh pemerintah. Untuk itu.CP tidak bisa dirubah. Hanya saja CP dapat dikembangkan atau dirumuskan kembali dengan cara memilih kompetensi, konten atau matri dan variasi sehingga terumus TP.

Setelah merumuskan TP kemudian menyusun ATP atau alur tujuan pembelajaran. Menyusun ATP ini tekniknya cukup mudah dengan menyusun kompetensi (TP) dari yang termudah ke yang tersulit dengan memperhatikkan Level kognitifnya.

Setelah CP, TP dan ATP Mata pelajaran Informatika tersusun dengan baik dan rapih kemudian pendidik harus merancang kegiatan pembelajaran dan asesmen yang lebih dikenal dengan modul ajar mata pelajaran informatika.

Baiklah, bagi sahabat RGI yang membutuhkan filenya dapat mengklik tautan warna biru
CP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-FILE
ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase D-FILE
ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase E-FILE
ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase F-FILE

Berikut link aktif di atasyang dapat sahabat RGI dowload. 

Kesimpulan

CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI penting dipahami. Apalagi mata pelajaran ini memiliki penyebutan lain dalam penamaan mata pelajaran  yang awalnya TIK atau Teknik Informasi Komunikasi menjadi mata pelajaran Informatika. 

Demikian artikel ini. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CP, TP dan ATP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Informatika Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan