Iklan

terkini

Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka

Jumat, 06 Januari 2023, Januari 06, 2023 WIB Last Updated 2023-01-06T12:28:25Z
Modul Bimbingan dan Konseling adalah perangkat kurikulum merdeka yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di sekolah. Pada artikel ini admin akan membagikan Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka.
modul bimbingan konseling kurikulum merdeka download modul bk sma kurikulum merdeka
Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka
Bagi pendidik modul bimbingan konseling bagi guru BK atau modul ajar bagi guru mapel lain menjadi perangkat pembelajaran yang wajib dipahami karena peralihan kurikulum 13 ke kurikulum merdeka. Karena seperti yang kita ketahui juga bahwa kurikulum merdeka akan menggantikan RPP/RPL.


Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP) degan Profil Pembelajaran Pancasila sebagai sasaran dari kurikulum merdeka.


Penyusunan modul BK  disesuaikan dengan fase, tahap perkembangan, tugas perkembangan dan aspek perkembangan. Semua itu mempertimbangkan hal yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran dan berdasarkan pada perkembangan jangka panjang.


Guru Bimbingan dan Konseling perlu memahami konsep tentang modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan  bermakna bagi peserta didik.


Dalam modul bimbingan dan konseling  kurikulum merdeka sekarang menjadi perangkat layanan yang dibutuhkan. Untuk itu, admin membagikan Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka.


Materi ini dibutuhkan baik pada tingkat SMP atau SMA namun berbeda dari isi dan konteks penyampaiannya disesuaikan dengan fase, tugas perkembangan dan aspek perkembangannya.

Baiklah admin akan membagikan sedikit  Materi Mengendalikan Emosi. 

Materi mengendalikan emosi merupakan Fase E karena umumnya kelas X SMA, aspek perkembangan termasuk dalam Kematangan Emosi, capaian layanan/tugas perkembangan termasuk dalam Mengembangkan ragam ekspresi perasaan diri sendiri secara bebas dan terbuka tanpa menimbulkan konflik. Bidang nya termasuk bidang sosial.


Emosi  sering kali diidentikkan dengan marah. Padahal ada banyak emosi yang kita miliki yaitu marah, sedih dan bahagia. Emosi ini memiliki ekpresinya masing-masing. Sebenarnya emosi adalah hal yang wajar karena dimiliki semua orang. Namun, tidak semua orang dapat mengendalikan emosinya.


Seperti yang kita ketahui bahwa mengendalikan emosi merupakan salah satu kecerdasan yaitu EQ (Emotional Quotients). Kemampuan EQ (Emotional Quotients) ini sudah admin jadikan RPL inspiratif EQ kurikulum merdeka di artikel sebelumnya menjelaskan bahwa kemampuan untuk mengenali, mengendalikan dan menata emosi baik untuk perasaan diri atau orang lain.



Adapun cara mengendalikan emosi yaitu dengan Berhitung,Tarik Napas yang Dalam dan Lambat, Berolahraga agar Emosi Stabil,Lakukan Relaksasi Otot,Cari Kata atau Frasa yang Menenangkan,Kelola Emosi dengan Mendengarkan Musik,Coba Sesuatu yang Berbeda,Jangan Bicara,Kendalikan Emosi dengan Menenangkan Diri,Berhenti Sejenak dari Aktivitas,Tuliskan Kekhawatiran Anda, dan Konseling.



Bagi sahabat RGI yang membutuhkan  Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini. Berikut dengan RPL Mengendalikan Emosi dan LKPD serta Angket hasil Layanan BK.


Demikian artikel ini admin buat hal yang dapat admin yakinkan bagi guru bimbingan dan konseling untuk menyampaikan materi mengendalikan emosi karena sangat dibutuhkan peserta didik terutama peralihan dari remaja ke dewasa awal.

Sekian. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul BK Kelas X Materi Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan