Iklan

terkini

RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka

Kamis, 03 November 2022, November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-11-03T13:29:18Z

Peran IQ, EQ,CQ dan SQ dalam belajar merupakan hal yang akan disampikan kepada peserta didik/konseli sebagai materi bimbingan klasik. Pemahaman kecerdsan sangat dibutuhkan untuk peserta didik/konseli sebagai bentuk pemahaman terhadap dirinya supaya tidak melulu berfikir bahwa pintar itu tentang akdemik saja.

rpl macam macam kecerdasan dalam belajar
RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka
RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar sudah menggunakan kurikulum merdeka. Struktur isi Rencana Pelaksanaan Layanan berupa kop dan judul, identitas RPL, langkah-langkah kegiatan meliputi tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. Terakhir penilaian seperti peniaian hasil dan proses.


Baiklah akan Admin  bahas struktur isi dari RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka sebagai berikut:


Kop merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Kop adalah sebuah format yang pasti digunakan untuk menunjukkan identitas pembuat/pengirim baik itu identitas surat/identitas sekolah(instasi) RPL dan biasanya bersifat resmi.  Untuk itu, RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka ini membutuhkan kop dalam struktur isinya.


Judul merupakan suatu hal yang digunakan untuk menjadi tanda, nama atau kepala sebuah karangan atau RPL. Judul ini penting digunakan karena merupakan tanda bagi sebuah RPL yang akan kita buat seperti yang akan saya bagikan ini judulnya "RPL INSPIRATIF BIMBINGAN KLASIKAL."


Identitas RPL (rencana pelaksanaan layanan) meliputi kelas (X) semester ganjil, Topik/tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar, aspek perkembangan (kematangan intelektual), capaian layanan (Mengembangkan ragam ekspresi perasaan diri sendiri secara bebas dan terbuka tanpa menimbulkan konflik), Fase (E), Bidang (Belajar), Waktu layanan ( 2 X pertemuan 40 menit).


Langkah-langkah kegiatan yaitu tahap awal (pembukaan guru BK menyapa konseli, menyampaikan tujuan dan langkah-langkah kegiatan, ataupun bisa ditambah ice breaking). Tahap proses (Guru BK membagi konseli menjadi beberapa kelompok, Guru BK menyampaikan materi, dan konseli menanggapi  materi yang disampaikan dan diberi kesempatan untuk menjelaskan pada temannya yang belum peham) terakhir tahap penutup( Guru BK mengajak konseli membuat kesimpulan, memberikan tanggapan dan ulasan terakhir salam, doa tutup).


Dalam langkah-langkah kegiatan terutama tahap proses guru Bimbingan dan Konseling menggunakan Model Layanan Contextual Teaching and Learning, Metode Layanan Student Teams- Achievment Divisio, Alat Kertas Kuis, Media Power Point, Flip Chart, Papan Permainan.


Terakhir, Penialain yaitu penilaian proses yaitu menanyakan manfaat yang diperoleh peserta didik setelah kegiatan, menanyakan perubahan kondisi emosi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran,menanyakan ketepatan media digunakan dalam layanan kepada peserta didik dan menanyakan ketepatan metode yang digunakan dalam layanan kepada peserta didik.


Penilaian hasil memberikan asesmen diakhir pertemuan dan membandingan asesmen diawal pertemuan apakah terjadi penurunan gejala masalah atau peningkatan capaian tugas perkembangan setelah layanan dilakukan. RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka.


RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka ini dapat sahabat RGI unduh disini.

Dalam pembuatan RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka ini sahabat RGI dapat mengunduh materi nya di artikel lain yang akan admin sajikan. Untuk itu, silahkan ikuti blog rumahguru.info supaya mendapatkan update terbaru.


Demikian artikel ini admin buat sekali lagi bagi sahabat RGI yang membutuhkan File lengkap Bimbingan dan Konseling baik MTs/SMP atau SMA/MA/SMK baik kurikulum 13 dan kurikulum merdeka silahkan ikuti rumahguru.info.


Sekian. Terima kasih.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK kelas X Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan