Iklan

terkini

RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka

Kamis, 03 November 2022, November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-12-26T12:07:46Z

Tema Mengendalikan Emosi menjadi hal yang sering disampaikan karena sangat erat berhubungan dengan kondisi atau karakteritik peserta didik. Adapun, RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka ini akan admin bagiakan linknya di bawah artikel ini.

RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka
Peserta didik/konseli SMK/SMA/MA merupakan kelompok usia remaja digambarkan dalam keadaan yang tidak menentu, tidak stabil, dan emosi yang meledak-ledak. Meningginya emosi terjadi karena adanya tekanan tuntutan sosial terhadap peran- peran baru selayaknya orang dewasa. 


Kondisi ini dapat memicu masalah, seperti kesulitan belajar, penyalahgunaan obat, dan perilaku menyimpang. Remaja yang sering mengalami emosi yang negatif cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun peserta didik/konseli mulai belajar mengendalikan emosinya. 


Pada masa remaja ini juga terjadi perkembangan emosi terhadap lawan jenis. Dengan matangnya hormon seksual, mereka mulai merasakan ketertarikan dan memberikan perhatian khusus pada lawan jenis. Pada umumnya mereka tumbuh rasa jatuh cinta yang terkadang berlanjut sampai pacaran


RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka merupakan layanan bidang sosial untuk kelas X semester ganjil. RPL ini sudah menggunakan kurikulum merdeka. Untuk itu, ditambahkan capaian layanan dalam RPL ini.


RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka memiliki capaian layanan yaitu Mengembangkan ragam ekspresi perasaan diri sendiri secara bebas dan terbuka tanpa menimbulkan konflik.


Kemudian bidang layanan RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka yaitu sosial. Bidang sosial yaitu Suatu proses pemberian bantuan dari konselor kepada peserta didik/konseli  untuk memahami lingkungannya dan dapat melakukan interaksi sosial secara positif, terampil berinteraksi sosial, mampu mengatasi masalah-masalah sosial yang dialaminya, mampu menyesuaikan diri dan memiliki keserasian hubungan dengan lingkungan sosialnya sehingga mencapai kebahagiaan dan kebermaknaan dalam kehidupannya. 


Adapun langkah-langkah kegiatan layanan RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka yaitu sebagai berikut:

  1. Tahap Awal. Pada tahap ini guru bimbingan dan konseling melakukan kegiatan pembukaan seperti menyapa dengan kalimat semangat, diikutiice breaking, menyampaikan tujuan dan topik kegiatan serta menanyakan kesiapan peserta didik.
  2. Tahap Proses. Pada tahap ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setelah itu guru bimbingan dan konseling menyampaikan materi serta menyampaikan tugas, kemudian peserta didik membantu teman nya.
  3. Tahap Penutup. Pada tahap ini peserta didik secaa acak diberikan kesempatan untuk membuat kesimpulan, melakukan refleksi, ulasan secara garis besar dan penutup.
Penilaian RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdekaterbagi dua yaitu penilaian proses yaitu menanyakan manfaat yang diperoleh peserta didik setelah kegiatan,menanyakan perubahan kondisi emosi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran,menanyakan ketepatan media digunakan dalam layanan kepada peserta didik,menanyakan ketepatan metode yang digunakan dalam layanan kepada peserta didik. Penilaian hasil yaitu memberikan asesmen diakhir pertemuan dan membandingan asesmen diawal pertemuan apakah terjadi penurunan gejala masalah atau peningkatan capaian tugas perkembangan setelah layanan dilakukan.

Adapunn materi dan modul Bimbingan dan Konseling akan dibagikan pada artikel yang berbeda. Untuk iru, bagi sahabat RGI yang membutuhkan Filenya silahkan ikuti terus blog rumahguru.info untuk update artikel baru.


Untuk itu, bagi yang membutuhhkan RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.


Demikian artikel ini admin buat.Terima kasih. semoga bermanfaat


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL Inspiratif BK Kelas X Tema Mengendalikan Emosi-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan