Iklan

terkini

LKPD dan Angket Evaluasi Hasil pelayanan Bimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka

Selasa, 03 Januari 2023, Januari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-01-03T12:56:58Z

Dalam proses Bimbingan dan Konseling Guru Bimbingan dan Konseling sering menggunakan  LKPD dan angket evaluasi hasil pelayananBimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka. LKPD dan angket evaluasi hasil pelayanan digunakan pada saat penilaian yaitu penilaian hasil dan penilaian proses.

contoh lkpd bimbingan klasikal
LKPD dan Angket Evaluasi Hasil pelayanan Bimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka
Untuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bimbingan dan Konseling lebih tepatnya adalah penilaian hasil. Penilaian hasil termasuk kedalam komponen RPL (Rencana Pelaksanan Layanan). Komponen terakhir setelah langkah-langkah kegiatan.


Penilaian hasil ini memiliki manfaat sebagai evaluasi pemahaman peserta didik dalam materi atau topik yang diberikan. Selain itu, LKPD Bimbingan dan Konseling memiliki manfaat lain yaitu sebagai bahan evaluasi guru bimbingan dan konseling dalam melakukan bimbingan selanjutnya.


Bimbingan klasikal sering dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau dilakukan beberapa kali dalam satu semester disesuaikan dengan jadwal yang diberikan oleh wakil kepala bidang kurikulum.


Beberapa materi yang bisa disampaikan yaitu Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar, Kiat di terima bekerja di perusahaan yang sesuai dengan program    keahlian,  Kiat sukses hidup bermasyarakat,  Mampu untuk   hidup hemat, Membangun optimisme untuk lulus ujian, Memilih profesi dengan cara SMART, Menghindari terjadinya tawuran dikalangan pelajar dan lain-lain.


Berikut isi dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bimbingan dan Konseling

A.    Identitas Siswa 
Nama siswa
Kelas
Hari/tanggal
Judul materi layanan
Tujuan
Pemberi materi

B.   Bahan, alat dan metode 
  1.  Bahan dan alat    : Kertas/buku, pena dan HP (Android) 
  2. Metode      : Offline

C.   Kegiatan/ latihan pemahaman peserta didik terhadap materi layanan 

Kegiatan Pertemuan 1 
  1. Bagaimana pemahaman Ananda terhadap Materi yang disampaikan Guru BK? Jawab : ...................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... 
  2.  Analisis faktor internal dan faktor eksternal yang sudah disampaikan oleh Guru BK, jelaskan berdasarkan pengalaman Ananda selama ini? Jawab : ...................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... 
  3. Buatkan Kesimpulan dari Materi yang sudah disampaikan oleh Guru BK? Jawab : ....................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................. 

Selanjutnya admin akan membagikan Angket evaluasi bimbingan dan konseling dengan strategi bimbingan klasik. Contoh contoh lkpd bimbingan klasikal dan contoh lkpd bimbingan konseling telah admin bagikan diatas sekarang tentang penilaian proses.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap penilaian dari bimbingan dan konseling tidak menuntut  peserta didik harus benar dan menjadi nilai mutlak dalam raport.. Kita menghargai setiap pemahaman dan proses yang mereka lakukan karena kita memahami cara belajar peserta didik berbeda satu dengan yang lain.

Angket evaluasi ini lebih tepatnya merupakan penilaian proses.  Penilaian proses ini memiliki manfaat yaitu mengetahui pendapat peserta didik terhadap kegiatan bimbingan klasikal yang diberikan. Selain itu, manfaat lainnya adalah guru bimbingan dan konseling mampu menjadi bahan evaluasi penyampaian materi bimbingan atau kegaitan bimbingan selanjutnya.


Berikut angket evaluasi bimbingan dan konseling SMA/MA.SMK-kurikulum merdeka
Angket Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan Klasikal
Identitas :
Nama Peserta Didik : ............................................
Kelas                 : ............................................

NO.

PERNYATAAN

SKOR

1

2

3

4

1

Saya memahami dengan baik tujuan yang diharapkan dari materi yang disampaikan Guru BK

 

 

 

 

2

Saya memperoleh banyak pengetahuan dan informasi dari materi materi yang disampaikan Guru BK

 

 

 

 

3

Saya menyadari pentingnya bersikap sesuai dengan materi yang disampaikan Guru BK

 

 

 

 

4

Saya meyakini diri akan lebih baik, apabila bersikap sesuai dengan materi yang disampaikan Guru BK

 

 

 

 

5

Saya dapat mengembangkan perilaku yang lebih positif setelah mendapatkan materi yang disampaikan Guru BK

 

 

 

 

6

Saya dapat mengubah perilaku sehingga kehidupan saya menjadi lebih baik

 

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 



Demikian artikel ini admin bagikan bagi sahabat  RGI yang membutuhkan LKPD dan Angket Evaluasi Hasil pelayanan Bimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka silahkan di copy .

LKPD dan angket evaluasi hasil layanan ini admin buat sebagai bentuk penilaian hasil dan proses yang sering kita buat di Rencana Pelaksanaan Layanan. Selain itu, memiliki manfaat baik untuk peserta didik dan guru bimbingan itu sendiri.

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LKPD dan Angket Evaluasi Hasil pelayanan Bimbingan dan Konseling SMA/MA/SMK-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan