Iklan

terkini

Modul Layanan BK Kelas X Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik-Kurikulum Merdeka

Kamis, 05 Januari 2023, Januari 05, 2023 WIB Last Updated 2023-01-05T12:59:12Z
Layanan Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana jika dilakukan perencanaan layanan dan pelaksanaan layanan dengan baik. Pada artikel ini admin akan membagikan Modul Layanan BK Kelas X Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik-Kurikulum Merdeka sebagai bentuk perencanaan layanan.
modul ajar bk kurikulum merdeka modul bimbingan konseling pdf
Modul Layanan BK Kelas X Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik-Kurikulum Merdeka
Perencanaan layanan meliputi dua bentuk yaitu action plan dan RPL (Rencana Pelaksanan Layanan). Salah satu bentuk itu dapat dilakukan dengan membuat Modul layanan Bimbingan dan Konseling yaitu RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan).


Kurikulum merdeka digunakan tahun ini dengan tahun sebelumnya menggunakan kurikulum 13. Dalam kurikulum merdeka guru bimbingan dan konseling menambahkan fase dan capaian layanan.



Pada modul ini admin mengambil tema/topik atau materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik. Aspek perkembangan termasuk dalam landasan  perilaku religius. Fase E. Capaian Layanan termasuk dalam Berperilaku berdasarkan keragaman sumber norma dan aspek etis dalam kehidupan sehari-hari.


Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik ini memiliki manfaat untuk peserta didik sebagai bahan dalam pergaulan bersama tema di sekolah atau di luar sekolah.



Sedikit admin bahas materinya menghindari pergaulan yang kurang baik adalah hal yang benar dilakukan karena jika peserta didik atau remaja terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak baik maka peserta didik berada dalam zona pergaulan bebas.


Pergaulan bebas adalah hal yang berada diluar norma masyarakat. Pergaulan bebas sangat tidak disaran kan karena memiliki kerugian yang besar selain untuk diri sendiri juga untuk lingkungan sekitar. 



Kerugian yang didapat untuk diri sendiri yaitu kerugian fisik, psikis dan sosial serta agama contoh ketika seorang remaja mengkonsumsi NAPZA, mengkonsumsi Narkolema dengan menyalahgunakan kegunaan internet untuk hal negative, dan pergaulan bebas lainnya.



Untuk itu, perlu dibentengi dengan berbagai perilaku seperti 
  1. selektif dalam memilih teman karena pada masa remaja banyak pergaulan yang dianggap teman lebih penting dari orang tua untuk itu selektif dalam memilih teman membantu kita terhindar dari pergaulan bebas.
  2. Berpenderian kokok karena prinsip ini diperlukan supaya remaja ketika diajak melakukan pergaulan bebas dapat menolak dengan tegas. Dan tidak tergoda dengan hal-hal yang menyimpang dari norma masyarakat dan agama.
  3. Perbanyak kegiatan positif yaitu remaja dapat menyibukan diri dengan mengikuti kegiatan sekolah, kegiatan masyarakat, belajar, dan mengisi waktu luang dengan hoby atau minat serta bakat remaja.
  4. Ingat akan orang tua. Seperti pembahasan sebelumnya bahwa pergaulan bebas tidak hanya merugikan diri sendiri juga orang tua remaja. Bayangkan Orang tua yang sudah menyayangi remaja dan berharap mereka dapat bahagia dengan jalan baik harus hancur dengan pergaulan bebas.
  5. Mendekatkan diri dengan Agama. Ini adalah hal yang penting dilakukan karena agama membentengi remaja dari perbuatan tercela. Karena remaja yang hatinya selalu diisi dengan kajian agama, melaksanakan ibadah dan lain sebagainya dapat menghindari dirinya dari pergaulan bebas.


Selain materi ada pula LKPD dan angket hasil layanan serta RPL Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik. Bagi sahabat RGI yang membutuhkan Modul Layanan BK Kelas X Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.

Hal yang  di dapatkan dari menyampaikan materi ini dalam bimbingan klasik yaitu peserta didik dapat membentengi dirinya dari perbuatan kurang baik sehingga mengantarkannya sukses dalam membentengi diri dari perbuatan kurang baik di masa depan.


Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Layanan BK Kelas X Materi Menghindari Pergaulan yang Kurang Baik-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan