Iklan

terkini

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf

Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-25T14:00:41Z

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan terbagi kedalam 4 aspek yaitu kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan pengolahan. Pada artikel ini akan Admin bagikan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf. 

buku prakarya dan kewirausahaan kelas 10 pdf
Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf
Seperti yang kita ketahui bahwa Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangan kurikulum dan buku teks pelajaran yang mengusung semangat merdeka belajar. 

Kurikulum merdeka merupakan penyederhanaan dari kurikulum 2013 yang berfokus pada capaian pembelajaran per fase (untuk tingkat SMA-Fase E- kelas X). 

Capaian pembelajaran per fase ini memiliki konsep sekolah dapat mengatur kegiatan dan alur pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi sekolah supaya siswa dapat belajar sesuai tingkat kemampuanya.


Maka dari itu, kurikulum dan buku teks yang menunjang kurikulum merdeka ini dibuat untuk menjadi bahan pembelajaran bagi guru dan siswa secara menyeluruh.

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf terdiri dari 234 halaman dan ditulis oleh Sri Suratinah Hadiyati Kamihadi, Dewi Sri Handayani Nuswantari, dan Ries Muhammad Effendy.

Dalam prakata Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf, Mata Pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi pengalaman intelektual, estetik, berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas kepada peserta didik dengan melakukan aktivitas apresiasi dan kreasi terhadap berbagai produk kerajinan dan teknologi.

Berikut hal yang dapat Sahabat RGI temukan dalam Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf yang akan di unduh di bagian bawah artikel.

Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf terdiri dari 2 bagian yaitu

  1. Bagian Satu Panduan Umum berupa pendahuluan
  2. Bagian Dua Unit-unit pembelajaran terdiri dari 3 unit meliputi UNIT 1 - RAGAM HIAS NUSANTARA PADA PRODUK FESYEN, UNIT 2 - PRODUK AKSESORIS INTERIOR NUSANTARA, UNIT 3 - PRODUK AKSESORIS EKSTERIOR DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN LOKAL dan sebagai tambahan CONTOH KEGIATAN KOLABORASI PRAKARYA KERAJINAN DENGAN MATA PELAJARAN LAIN.

Sesuai dengan pengertiannya, prakarya adalah usaha kreatif memperoleh kemampuan keterampilan hidup dengan cekat, cepat, dan tepat melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan dengan menggunakan berbagai bahan, alat, teknik, dan teknologi yang relevan yang
diperoleh melalui pengalaman dan pelatihan. 


Secara garis besar konstelasi pelajaran Prakarya diharapkan memperhatikan bahwa 
  1. Pendidikan budaya. keterampilan tangan, karakter Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai kewirausahaan harus dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan. Oleh karena itu, pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh. 
  2. Pendidikan budaya, keterampilan tangan, karakter Profil Pelajar Pancasila, dan nilai-nilai kewirausahaan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah, dan orang tua. 
  3.  Upaya merevitalisasi pendidikan dan budaya ini memerlukan gerakan nasional guna menggugah semangat kebersamaan dalam pelaksanaan di lapangan yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Untuk itu, bagi sahabat RGI yang membutuhkan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Kerajinan Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf

Terkini

Iklan