Iklan

terkini

Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf

Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-25T13:58:30Z

Pembelajaran abad 21 menuntun guru dan siswa untuk menguasai Teknik Informatika dan Komunikasi dalam melakukan pembelajaran maka perlunya disusun Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf untuk menunjang pembelajaran abad 21 ini.

kunci jawaban buku informatika kelas 10 kurikulum merdeka
Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf

Seperti yang kita ketahui bahwa Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangan kurikulum dan buku teks pelajaran yang mengusung semangat merdeka belajar. 

Kurikulum merdeka merupakan penyederhanaan dari kurikulum 2013 yang berfokus pada capaian pembelajaran per fase (untuk tingkat SMA-Fase E- kelas X). 

Capaian pembelajaran per fase ini memiliki konsep sekolah dapat mengatur kegiatan dan alur pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi sekolah supaya siswa dapat belajar sesuai tingkat kemampuanya.


Maka dari itu, kurikulum dan buku teks yang menunjang kurikulum merdeka ini dibuat untuk menjadi bahan pembelajaran bagi guru dan siswa secara menyeluruh.


Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf terdiri dari 248 halaman dan ditulis oleh Wahyono, Mushthofa, Auzi Asfarian, Dean Apriana Ramadhan, Hanson Prihantoro Putro, Irya WisnuBharda, Budiman Saputra, Heni Pratiwi.


Dalam prakata Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf ini diharapkan mata pelajaran informatika menjadi salah satu mata pelajaran yang berkontirbusi dalam terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Khususnya dalam hal menumbuhkan daya nalar kritis dan kreatif siswa, serta bergotong royong dalam kebhinekaan global di dunia nyata maupun dunia maya.

Mata pelajaran Informatika akan dapat menyumbangkan kemampuan berpikir komputasional yang dilandasi oleh logika. Kemampuan berpikir komputasional ini merupakan elemen penting dalam tes PISA untuk literasi, numerasi, dan sains.

Komponen utama dalam sebuah sistem pengajaran ialah: kurikulum (capaian pembelajaran), materi (apa yang harus diajarkan), dan aktivitas yang dirancang untuk dijalankan oleh siswa bersama guru. 


Dalam sebuah konteks yang berpusat ke siswa, aktivitas bukan hanya guru mengajar dan siswa mendengarkan, tetapi perlu dirancang aktivitas-aktivitas yang melibatkan siswa dalam proses belajar sehingga siswa termotivasi dan belajar bermakna.

Berikut hal yang dapat Sahabat RGI temukan dalam Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf yang akan di unduh di bagian bawah artikel.

Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf terdiri dari 2 bagian yaitu

  1. Bagian Satu Petunjuk Umum berupa pendahuluan
  2. Bagian Dua Petunjuk Khusus terdiri dari 9 bab meliputi Bab 1 Informatika dan Kemampuan Umum, Bab 2 Berpikir Komputasional, Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bab 4 Sistem Komputer, Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet, Bab 6 Analisis Data, Bab 7 Algoritma dan Pemrograman Bab 8 Dampak Sosial Informatika dan Bab 9 Praktika Lintas Bidang
Sedikit membahas tentang berpikir komputasional yaitu melalui kemampuan berpikir komputasional, mata pelajaran Informatika dapat menyumbangkan cara berpikir untuk penyelesaian persoalan secara efektif, efesien dan optimal dalam berbagai kehidupan yang saat ini tak dapat dipisahkan dari pemakaian komputer. 


Selain itu, mata pelajaran Informatika juga menyumbangkan keterampilan berteknologi, khususnya dalam penggunaan perkakas (tools) TIK untuk mendukung analisis dan interpretasi data, serta penyelesaian persoalan. 

Dengan demikian, mata pelajaran Informatika juga dapat menyumbangkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat dan adaptif, agar SDM Indonesia dapat bertahan di dunia yang VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous).

Untuk itu, bagi sahabat RGI yang membutuhkan Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf silahkan unduh disini.

Diakhir artikel, Admin mengucapkan terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Guru TIK/Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf

Terkini

Iklan