Iklan

terkini

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf

Kamis, 27 Oktober 2022, Oktober 27, 2022 WIB Last Updated 2022-10-27T14:57:17Z

Pada artikel ini akan dibagikan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan terdiri dari 4 aspek dan salah satunya adalah pengolahan.

buku prakarya dan kewirausahaan kelas 10 pdf
Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf
Pusat Perbukuan dan kurikulum memiliki tugas untuk mengembangkan buku panduan pendidikan pada satu sekolah dari tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas. Buku yang dikembangkan saat ini mengacu pada kuirkulum merdeka.


Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi satuan/program pendidikan dalam mengembangkan potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik. Pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah dengan mengembangkan Buku Teks Utama.


Pada buku teks utama yaitu Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf sudah mengacu pada kuirkulum merdeka. Sajian buku dirancang dalam bentuk berbagai aktivitas pembelajaran untuk mencapai kompetensi dalam Capaian Pembelajaran tersebut.


Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf  merupakan bahan inspirasi pendidik dalam mengajar. 


Dalam buku ini pengembangan kegiatan belajar mengajar dibagi kedalam 4 unit dengan tema yang menarik untuk pencapaian kegiatan pembelajaran selama satu tahun di SMA/MA. Kemudian akan disebutkan di bawah ini:

  1. Panduan Umum meliputi Pendahuluan, Capaian Pembelajaran dan strategi Pembelajaran. 
  2. Panduan Khusus terbagi kedalam 4 unit yaitu Unit 1. Bahan Pangan Nabati: Lebih Sehat dan Rama dan Lingkungan, Unit 2. Wangi Alami dengan Pangan Nabati, Unit 3. Bahan Pangan Hewani: Lezat dan Bergizi dan Unit 4. Ayo Manfaatkan Bahan Nonpangan Hewani. 

Kemudian, Buku Panduan Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan bertujuan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan beberapa fitur pada panduan umum dan khusus.


Panduan Umum berisi bagian-bagian yang akan dijelaskan secara rinci di bawah ini:

  1. Pendahuluan pada bagian ini menjelaskan tentang fungsi dan isi buku guru.
  2. Capaian Pembelajaran pada bagian ini berisi deskripsi Capaian Pembelajaran fase E untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan kelas X.
  3. Strategi Umum Pembelajaran pada bagian ini menyajikan strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Panduan Khusus berisi bagian-bagian yang akan dijelaskan secara rinci di bawah ini:
  1. Cover Unit pada bagian ini menggambarkan isi dari materi pembelajaran yang akan disampaikan pada unit tersebut.
  2. Peta Materi menyajikan informasi materi pembelajaran dalam bentuk konsep yang saling terhubung.
  3. Tujuan Pembelajaran berisi rumusan Capaian Pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada kegiatan pebelajaran yang dilakukan.
  4. Deskripsi Unit pada bagian ini berisikan langkah-langkah strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran pada unit yang bersangkutan.
  5. Alokasi Waktu yaitu Waktu yang akan digunakan untuk melaksanakan pembelajaran
  6. Materi Pokok yaitu Materi yang akan disampaikan pada pembelajaran dalam unit tersebut.
  7. Informasi untuk Guru terdiri dari Pengaturan peserta didik, Lokasi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran.
  8. Langkah-langkah Pembelajaran yaitu tahapan kegiatan pembelajaran saat mengajar di kelas.
  9. Kegiatan pembelajaran Alternatif yaitu Kegiatan pilihan jika kegiatan utama yang direncanakan terkendala oleh situasi dan kondisi yang tidak dapat diperkirakan.
  10. Sarana dan Prasarana Alat penunjang terlaksananya proses pembelajaran.
  11. Interaksi dengan orang tua pada bagian ini menyajikan interaksi apa saja yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua atau wali peserta didik.
  12. Refleksi Pada bagian ini, disajikan mengenai hal-hal apa saja yang harus direfleksikan oleh guru selama proses pembelajaran.
  13. Penilaian yaitu Upaya untuk mendapatkan informasi penilaian proses dan hasil pembelajaran.
  14. Lembar Kerja Peserta Didik yaitu Lembaran yang berisi tugas dan digunakan sebagai pedoman di dalam kegiatan pembelajaran.
  15. Bahan Bacaan yaitu bagian untuk menunjang kegiatan pembelajaran.


Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf ini di tulis oleh Yenti Rokhmulyenti, Suci Paresti dan Rita Aisyatul Dalfah sebanyak 256 halaman dan merupakan cetakan pertama pada tahun 2022.

Bagi sahabat RGI yang mmebutuhkan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini admin buat. Semoga bermanfaat.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Pengolahan (kelas X SMA/MA) pdf

Terkini

Iklan