Iklan

terkini

Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka

Rabu, 04 Januari 2023, Januari 04, 2023 WIB Last Updated 2023-01-04T13:23:38Z

Modul layanan bimbingan dan konseling untuk SMA/MA/SMK menggunakan kurikulum merdeka. Adapun pada artikel ini admin akan membagikan Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka.

implementasi bimbingan konseling di sekolah 10 contoh kerjasama antar umat beragama
Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka
Materi ini diberikan kepada peserta didik bertujuan supaya peserta didik memiliki sikap toleransi sehingga terbangun kerjasama antar umat beragama. Toleransi sering kita sebut juga sikap saling menghormati. Sikap ini bisa terhadap individu lagi atau kelompok tertentu.


Toleransi dalam beragama yaitu peserta didik memahami bahwa setiap orang bebas memeluk agama atau memiliki kepercayaan sesuai keyakinan mereka masing-masing. Selain itu, peserta didik mampu berdampingan dengan seseorang yang memiliki kepercayaan dan keyakinan yang berbeda.


Adapun kerjasama yaitu upaya yang dilakukan suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama sangat dibutuhkan antar umat beragama supaya dapat hidup rukun dan tertib. Sebenarnya dalam Pancasila sila ke 1 sudah dijelaskan.


Beberapa bidang kerja sama antarumat beragama antara lain sebagai berikut

1. Penegakan Keadilan

Kerjasama antarumat beragama dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk mengurangi atau memberantas praktik ketidakadilan yang sudah menyengsarakan rakyat dan umat dalam waktu yang cukup lama. Misalnya, dengan melaporkan pihak yang melakukan korupsi kepada penegak hukum.

2. Perbaikan taraf hidup  (ekonomi)

Kerja sama antarumat beragama memungkinkan adanya perbaikan taraf hidup bagi pemeluknya. Salah satu contoh kerja sama dalam bidang ini adalah penggalangan dana untuk membantu korban bencana dan membuka lapangan kerja untuk warga yang belum bekerja.

3. Perbaikan Akhlak

Para pemimpin dan tokoh-tokoh agama dituntut untuk bisa bekerja sama dalam menyuarakan kehendak agama demi kebaikan, perdamaian, kebahagian, dan keselamatan umat manusia. Misalnya dengan mendukung diberantasnya perilaku seks bebas yang dapat merusak mental dan perilaku remaja.


Adapun kendala-kendala yang sering kita jumpai yaitu rendahnya sikap toleransi, kepentingan politik dan sikap fanatisme.


Selain itu, modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka ini merupakan format kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. 


Capaian pembelajaran nya yaitu Menerapkan pengetahuan keberagamaan atas dasar keyakinan yang dimiliki secara konsisten melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Aspek perkembangan (SKKPD) termasuk dalam Landasan Hidup Religius.


Kemudian, bidang layanan nya yaitu bidang pribadi. Seperti yang kita ketahui bahwa Fase SMA/SMK/MA ini merupakan Fase E. Dalam Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka ini harus dilengkapi dengan RPL  BK dan LKPD BK serta Angket hasil layanan BK.


Bagi sahabat RGI yang membutuhkan Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.


Demikian artikel ini admin buat. Dalam artikel ini admin dapat menyimpulkan materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama ini perlu dibuat modul dan disampaikan oleh guru BK karena memiliki manfat yang sangat penting yaitu tentang sikap toleransi.


Semoga bermanfaat.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Layanan BK Kelas X Materi Membangun Kerjasama Antar Umat Beragama-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan