Iklan

terkini

RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka

Selasa, 03 Januari 2023, Januari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-01-03T14:06:03Z

Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan dan Konseling khususnya strategi bimbingan dan klasikal akan admin bagikan dengan Tema Memilih profesi dengan cara SMART. Dengan menggunakan kurikulum merdeka atau kurikulum merdeka belajar.

rpl memilih profesi dengan cara smart
RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka
Tema Memilih profesi dengan cara SMART ini admin bagikan untuk memudahkan guru bimbingan dan konseling dalam pembuatan administrasi dan penyampaian kegiatan bimbingan klasikal.


RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka ini memiliki aspek perkembangan (SKKPD) dalam Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya dan tugas perkembangan dalam menunjukkan jalinan persahabatan dengan teman sebaya antarbudaya dengan memperhatikan norma-norma dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi bersama.


Dibawah ini admin akan bagikan sedikit materi dengan tema Memilih profesi dengan cara SMART

Hal pertama yang akan dibahas adalah profesi. Profesi sering disamakan dengan pekerjaan. Padahal terdapat perbedaan yang signifikan antara pekerjaan dan profesi. 

Pekerjaan bisa dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang berbeda pula. Sementara profesi yaitu seseorang yang memiliki keahlian, keterampilan, keahlian khusus dan memiliki lisensi dalam melakukannya.


Hal kedua yang akan kita bahas yaitu SMART. Apa itu SMART? SMART singkatan dari Spesific, Measurable, Achievable, Reality Based, Time based.

Spesific, secara singkat admin jelaskan bahwa hal ini merupakan menunjukan sebuah kejelasan terhadap sesuatu atau tujuan hidup.

Measurable, secara singkat terukur. Jadi, peserta didik harus mampu menemukan tujuan hidup secara terukur.

Achievable, artinya peserta didik harus mampu menentukan tujuan dengan dipertimbangkan ketercapaiannya, dengan menyesuaikan kesempatan dan kemampuannya.

Reality Based, pada hal ini peserta didik dituntut realistis dalam menentukkan tujuan hidup karena yang berlebihan hanya akan membuatnya stres.

Time based, peserta didik harus menentukan batas waktu tujuan itu dapat tercapai. Karena dengan diberikannya batas waktu membuat tujuan itu semakin terarah, terkontrol dan paling utama lebih fokus dan bersungguh-sungguh.

Hal ketiga yang akan kita bahas yaitu memilih profesi dengan cara SMART. Bagaimana caranya? yaitu dengan mengetahui dan memahami singkatan SMART secara benar kemudian memasukkan profesi yang kita pilih ke setiap singkatan SMART.


Adapaun komponen RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:

  1. KOP RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka
  2. Identitas RPL
  3. Langkah-langkah kegiatan yaitu tahap awal, tahap proses dan tahap penutup.
  4. Penialian terbagi dua yaitu penilaian hasil dan proses.

Demikian artikel ini admin buat. RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka ini wajib disampaikan kepada peserta didik sebagai bekal peserta didik di masa depan. 

Bagi sahabat RGI yang membutuhkanRPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.

Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK SMA/MA/SMK Tema Memilih profesi dengan cara SMART-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan