Iklan

terkini

RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka

Sabtu, 31 Desember 2022, Desember 31, 2022 WIB Last Updated 2022-12-31T13:09:25Z

Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan Klasikal kelas 10 SMA/MA/SMK dibagikan untuk sahabat RGI guru Bimbingan dan Konseling. Pada artikel ini admin akan membagikan RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka.

rpl tawuran pelajar dan akibatnya materi bk tawuran antar pelajar
RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka
Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar termasuk dalam bidang pribadi. Seperti yang kita ketahui bahwa bidang dalam Bimbingan Konsleing itu ada empat yaitu pribadi, sosial, belajar dan karier. 


Tawuran atau sering disebut perkelahian antar pelajar merupakan bagian juvinele delinquency (Kenakalan Remaja). Kenakalan remaja adalah suatu tingkah laku yang bertentangan dengan syarat, norma, hukum atau aturan yang disetujui (dalam hal baik) di sebuah lingkungan masyarakat.


Dalam masyarakat Indonesia kita mengetahui bahwa tawuran bukan hal yang baik/disetujui dalam masyarakat karena menimbulkan perpecahan dan kerusakan yang menyeluruh baik untuk dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar.


Maka, dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan menyampaikan materi Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar untuk mencegah terjadinya kerusakan sesuai fungsi bimbingan dan konseling yaitu pencegahan.


Sudah banyak muncul rpl tawuran pelajar dan akibatnya serta materi bk tawuran antar pelajar ini. Namun, pada artikel ini admin membagikan RPL BK Inspiratif kelas X SMA/MA/SMK Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar dengan menggunakan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka.


Adapun Komponen RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka dibawah ini:

  1. Kop RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka
  2. Identitas RPL seperti Kelas/semester, topik, bidang, waktu layanan, aspek perkembangan (SKKPD), tugas perkembangan dan materi layanan.
  3. Langkah-langkah kegiatan tahap awal, tahap proses  dan tahap penutup. Dalam pelaksanaanya menggunakan metode student team-Achievment Divisio  (STAD) adalah tipe pembelajaran kooperatif paling sederhana dimana peserta didik dikumpulkan dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang dengan berbagai campuran baik jenis kelamin, suku dan lain-lain serta model Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah strategi pembelajaran yang menekankan peserta didik untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran secara penuh sehingga mampu menemukan materi mata pelajaran dan menghubungkan materi tersebut kedalam situasi kehidupan nyata. Setiap tahap direncanakan secara rinci untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan klasikal di kelas bersama peserta didik.
  4. Penilaian yaitu penilaian hasil dan proses

Baiklah, sahabat RGI yang membutuhkan RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.

Kesimpulan yang dapat admin sampaikan yaitu RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK ini dibutuhkan sebagai rencana penyampaian materi dengan menarik dan dapat diterima oleh peserta didik terutama yang berhubungan dengan tawuran yang bisa terjadi pada pelajar. 

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK Kelas X Tema Menghindari Terjadinya Tawuran Dikalangan Pelajar-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan