Iklan

terkini

RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Sabtu, 31 Desember 2022, Desember 31, 2022 WIB Last Updated 2022-12-31T14:04:01Z

Bimbingan dan Konseling memiliki beberapa strategi dalam pelayanan yaitu pribadi, sosial, belajar dan karier. Pada artikel ini admin akan membagikan RPL Bimbingan Klasik dengan Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat untuk tingkat SMA/MA/SMK kelas X semester Genap-Kurikulum Merdeka.

rpl bk smk kurikulum merdeka belajar
RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka akan segera dipakai secara menyeluruh di Indonesia. Untuk itu, guru bimbingan dan Konseling harus menyiapkan administrasi baru yang menggunakan kurikulum merdeka. RPL atau Rencana Pelaksanaan Layanan dalam bimbingan klasik sering dibuat setiap tahun berdasarkan hasil AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik).


Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat merupakan aspek perkembangan (SKKPD) dalam kesadaran gender dan tugas perkembangan dalam Menunjukkan kolaborasi secara harmonis dengan lain jenis sesuai peran sosial. 


Sedikit kita bahas Kiat sukses hidup bermasyarakat. Dalam hidup kita dituntut untuk saling berinteraksi sehingga dalam sebuah interaksi itu kita memiliki kebutuhan atau kepentingan yang sering disebut kontak. Kontak ini terbagi dua yaitu kontak yang menyenangkan dan kontak yang tidak menyenangkan.

Kontak yang menyenangkan yaitu kepentingan bertemu kepentingan yang saling memenuhi. Contoh pak Amin penjual sayur yang ramah bertemu dengan bu Sari yang membeli sayuran dengan cara yang baik. 


Adapaun, kontak yang tidak menyenangkan yaitu ketika kepentingan bertemu kepentingan yang tidak saling memenuhi bahkan merugikan salah satu pihak. Contoh pemilik rumah yang kehilangan TV karena diambil pencuri. 

Dalam kehidupan bermasyarakat kita memiliki aturan dan norma yang harus kita taati supaya dapat diterima. Namun, pada dasarnya Indonesia ini memiliki keberagaman baik dari suku, bahasa dan lain sebagainya. Untuk menyeimbangkan itu maka dibutuhkan materi Kiat sukses hidup bermasyarakat.


Adapun Komponen dari RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka dibawah ini:

  1. Kop RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka
  2. Identitas RPL seperti kelas/semester, topik/tema, bidang, waktu layaan, aspek perkembangan (SKKPD), tahap perkembangan dan materi layanan.
  3. Langkah-langkah kegiatan meliputi tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. Tahap-tahap ini dibuat membantu Guru BK dalam melaksanakan bimbingan klasikal dengan teratur dan terarah sesuai dengan tujuannya. Pada tahap ini pula menggunakan alat berupa kertas kuis. Serta media yang digunakan berupa papan mainan, flip chart dan power point. Alat dan media ini digunakan dalam menunjang kegiatan dari tahap awal sampai tahap penutupan serta membantu dalam  melakukan penialian.
  4. Penilaian berupaa penilaian hasil dan proses.

Kemudian, sahabat RGI yang membutuhkan RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.


Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat ini dibutuhkan peserta didik untuk mempersiapkan dirinya ketika berhadapan dengan masyarakat yang beragam. Sehingga mampu menyikapi setiap hubungan atau interaksi yang ada di masyarakat.

Semoga bermanfaat

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK Kelas X Tema Kiat sukses hidup bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan