Iklan

terkini

RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka

Selasa, 27 Desember 2022, Desember 27, 2022 WIB Last Updated 2022-12-30T11:19:02Z

Rencana Pelaksanaan Layanan atau sering disingkat RPL akan admin bagikan pada artikel ini. Adapun tema RPL yang akan admin bagikan yaitu tentang   Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka.

rpl peran iq eq aq cq dan sq dalam belajar
RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka
RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka ini admin bagikan untuk guru Bimbingan dan Konseling yang sedang mencari RPL bimbingan klasik untuk kelas X semester Ganjil. 


Bidang pada tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar adalah bidang belajar. Strategi yang digunakan yaitu bimbingan klasikal atau dapat digunakan dalam bimbingan lintas kelas atau kelas besar. RPL Tema ini dapat disesuaikan dengan kebuutuhan guru bimbingan dan konsleing disetiap sekolah.


Membahas sedikit tentang  IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dibawah ini

  1.  IQ atau Kecerdasan intelektual adalah syarat dalam hal kompetensi. Intelegensi diartikan sebagai keseluruhan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah, serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif (Marhten Pali, 1993). 
  2. EQ atau Kecerdasan emosional yaitu kemampuan dalam mengenali perasaan baik diri sendiri atau orang lain. Selain itu, memiliki kemampuan dalam mengelola emosi dengan baik untuk diri sendiri dan dalam berhubungan dengan orang lain. 
  3. AQ atau Adversity Qoetient adalah kemampuan / kecerdasan seseorang untuk dapat bertahan dalam menghadapi kesulitan dan mengatasi tantangan hidup.
  4. CQ atau Creativity/ Kreativitas adalah potensi seseorang untuk memunculkan sesuatu  yang merupakan penemuan-penemuan baru dalam bidang IPTEK dan bidang lainnya.
  5. SQ atau Kecerdasan spiritual adalah sumber yang mengilhami, melambangkan semangat dan mengikat diri seseorang kepada nilai-nilai kebenaran tanpa bata waktu (Agus Nggermanto, 2010).


Adapun RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka dijelaskan secara singkat berikut ini:

  1. KOP  RPL INSPIRATIF BIMBINGAN KLASIKAL Kurikulum Merdeka
  2. Identitas RPL seperti kelas/semester, bidang, waktu layanan, topik/tema, aspek perkembangan, tugas perkembangan dan materi layanan.
  3. Langkah-langkah RPL meliputi tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. 
  4. Penialian nilai dan penilaian proses
  5. Tandatangan 

Berikut RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka ini  bagi yang membutuhkan silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini amdin buat. Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar dalam bimbingan klasik ini sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam menghadapi tantang zaman. Semoga bermanfaat.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK Tema Peran IQ,EQ,AQ,CQ dan SQ dalam belajar-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan