Iklan

terkini

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA) pdf

Kamis, 27 Oktober 2022, Oktober 27, 2022 WIB Last Updated 2022-10-27T14:59:11Z

Prakarya dan Kewirausahaan merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Pada artikel ini akan Admin bagikan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf. 

buku prakarya dan kewirausahaan kelas 10 pdf
Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA) pdf
Seperti yang kita ketahui bahwa Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangan kurikulum dan buku teks pelajaran yang mengusung semangat merdeka belajar. 


Adapun mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan bertujuan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui produk yang dihasilkan sendiri. Produk tersebut dibuat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan kearifan lokal di lingkungan sekitar.


Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk SMA/MA kelas X meliputi empat aspek, yaitu kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan. Setelah mempelajari empat aspek tersebut, peserta didik diharapkan mampu membuat produk dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal di lingkungan sekitarnya.


Penyusunan Buku Panduan Guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan: Rekayasa kelas X ini mengacu pada Kurikulum Merdeka yang telah disempurnakan, baik capaian pembelajaran per fase maupun per elemen. 


Untuk membantu peserta didik memahami materi Prakarya dan Kewirausahaan, setiap pembahasan pada buku ini disertai dengan paparan dan lembar kerja. Harapannya, peserta didik dapat aktif bereksplorasi dengan berbagai media belajar.


Maka dari itu, kurikulum dan buku teks yang menunjang kurikulum merdeka ini dibuat untuk menjadi bahan pembelajaran bagi guru dan siswa secara menyeluruh.

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf terdiri dari 202 halaman dan ditulis oleh Lissiana Nussifera, Indra Samsudin, Novi Nurhayati.


Berikut hal yang dapat Sahabat RGI temukan dalam Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA/SMK) pdf yang akan di unduh di bagian bawah artikel.

Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA) pdf  terdiri dari 2 bagian yaitu

  1. Panduan umum meliputi Pendahuluan, Tujuan Buku Panduan Guru, Karakteristik Mata Pelajaran Prakarya dan  Kewirausaha an: Rekayasa, Capaian Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila  dan trategi Umum Pembelajaran 
  2. Panduan Khusus terbagi kedalam 3 unit dan masing-masing unit terbagi kedalam 10 point yaitu sebagai berikut unit 1 lampu sensor suara, unit 2 alat pendektesi hujan dan unit 3 alat penyiram tanaman otomatis dan unit 4 alat pakan otomatis. Adapun point-pointnya yaitu  Peta Materi Alat Pakan Otomatisi, Tujuan Pembelajaran Alat Pakan Otomatis, Deskripsi Produk Rekayasa Teknologi Terapan, Kegiatan Pembelajaran 1: Desain/Perencanaan, Kegiatan Pembelajaran 2: Desain/Perencanaan, Kegiatan Pembelajaran 3: Desain/Perencanaan , Kegiatan Pembelajaran 4, 5, 6, dan 7: Produksi, Kegiatan Pembelajaran 8: Refleksi dan Evaluasi, Kegiatan Pembelajaran 9: Refleksi dan Evaluasi dan Pengayaan.

Sesuai dengan pengertiannya, prakarya adalah usaha kreatif memperoleh kemampuan keterampilan hidup dengan cekat, cepat, dan tepat melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan dengan menggunakan berbagai bahan, alat, teknik, dan teknologi yang relevan yang
diperoleh melalui pengalaman dan pelatihan. 


Secara garis besar 4 unit materi yang akan dipelajari disajikan di bawah ini:
  1. Unit 1 Lampu Sensor Suara. Guru dapat melakukan pembelajaran materi lampu sensor suara sesuai dengan karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana, serta alokasi waktu yang tersedia.
  2. Unit 2 Alat Pendeteksi Hujan. Guru dapat melakukan pembelajaran materi alat pendeteksi hujan sesuai dengan karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana, serta alokasi waktu yang tersedia.
  3. Unit 3 Alat Penyiram Tanaman Otomatis. Guru dapat melakukan pembelajaran materi alat penyiram tanaman otomatis sesuai dengan karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana, serta alokasi waktu yang tersedia.
  4. Unit 4 Alat Pakan Otomatis. Guru dapat melakukan pembelajaran materi alat akan otomatis sesuai dengan karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana, serta alokasi waktu yang tersedia.

Untuk itu, bagi sahabat RGI yang membutuhkan Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA) pdf silahkan unduh disini.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahan: Rekayasa Fase E (kelas X SMA/MA) pdf

Terkini

Iklan