Iklan

terkini

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP/MTs Bimbingan Konseling Kelas 8 Semester 2-ADM BK Lengkap RGI

Rabu, 07 Juni 2023, Juni 07, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T12:36:51Z
Selamat datang di blog rumahguru.info yang berisi tentang perlengkapan administrasi guru lengkap baik mata pelajaran umum, mata pelajaran agama dan Bimbingan dan Konseling. Pada artikel ini admin akan membagikan Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP/MTs Bimbingan Konseling Kelas 8 Semester 2-ADM BK Lengkap RGI.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP/MTs Bimbingan Konseling Kelas 8 Semester 2-ADM BK Lengkap RGI
Untuk modul ajar SMP/MTs kelas 8 ini sedang banyak dicari oleh guru baik guru mapel umum, agama bahkan bimbingan dan konseling. Namun, istilah yang admin sering gunakan dalam administrasi yang admin buat adalah modul layanan bimbingan dan konseling karena pada dasarnya guru bimbingan dan konselingmemberikan layanan kepada peserta didik/konseli baik secara individu, kelompok, klasik, satuan pendukung dan lain sebagainya.

Paradigma bimbingan dan konseling saat ini lebih diorientasikan pada pengenalan potensi, kebutuhan, dan tugas perkembangan serta pemenuhan kebutuhan dan tugas-tugas perkembangan tersebut. Daripada hanya memberikan pelayanan bagi peserta didik yang bermasalah sepertinya pemenuhan perkembangan yang optimal dan pencegahan terjadinya masalah merupakan fokus pelayanan. 

Atas dasar pemikiran tersebut maka pengenalan potensi  individu merupakan kegiatan urgen pada awal layanan bantuan. Bimbingan dan konseling saat ini tertuju pada mengenali kebutuhan peserta didik, orangtua, dan sekolah. Ini sesuai dengan prinsip dari kurikulum merdeka dengan berfokus pada peserta didik terutama kebutuhan peserta didik.

Modul Ajar Bimbingan Konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2

Modul ajar bimbingan konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 akan admin paparkan dengan melihat isi modul ajar bimbingan dan konseling SMP/MTs kelas 8 semester 2 dan 5 link download modual ajar tersebut disetiap subjudul. Untuk itu, silahkan simak paparan di bawah ini:

Isi Modul Ajar Bimbingan Konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2

Modul ajar bimbingan konseling SMP/MTs yang akan admin bagikan adalah 5 modul yang bisa disampaikan pada semester 2. Namun, bisa juga sahabat RGI atau guru gunakan disemester 1 jika memang perlu diberikan pada pelayanan yang akan dilaksanakan.

Adapun isi modul ajar bimbingan dan konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 ini yaitu sebagai berikut:

Cover 
Cover merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang artinya penutup atau sampul depan. Dalam modul ajar pasti kita sudah mengetahui maksud dari cover modul ajar ini. Strukturnya meilputi judul besar, logo sekolah atau madrasah, disusun oleh (nama guru) dan alamat sekolah atau madrasah.

Cover ini bisa kita desain dengan sangat menarik selain memberikan kesan bahwa guru bimbingan dan konseling membuat modul ajar bk kelas 8 dengan kreatif dan inovatif juga memberikan semangat kepada guru bimbingan dan konseling dalam penyusunan modul ajar. Walaupun ada istilah jangan menilai dari cover-nya tapi tetap saja pada beberapa hal kita tertarik melihat sesuatu karena bagian luarnya yang menarik.

Untuk membuat desain cover modul ajar bk kelas 8 dapat menggunakan desain dari aplikasi berbayar atau gratis sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan guru bimbingan dan konseling.

Materi Modul Ajar Bimbingan Konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 
Materi yang akan admin bagikan ada 5 modul materi yaitu tentang Menghargai peran laki-laki dan perempuan, Mengembangkan Potensi Diri, Jiwa Wirausaha, Menyakini pilihan pendidikan lanjutan, dan Menghargai perbedaan budaya.

Materi bimbingan dan konseling tentang Menghargai peran laki-laki dan perempuan ini dibutuhkan oleh peserta didik /konseli kelas 8 karena akan membantu peserta didik/konseli dalam melakukan hak dan kewajibannya baik secara khusus maupun umum.

Materi bimbingan dan konseling tentang Mengembangkan Potensi Diri ini dibutuhkan oleh peserta didik/konseli kelas 8 karena potensi diri membantu peserta didik/konseli dalam menemukan apa yang mereka suka dan apa yang akan mereka lakukan kedepannya sehingga dapat mengembangkan minat mereka dengan cepat karena dikenali sejak dini.

Materi bimbingan dan konseling tentang Jiwa Wirausaha dibutuhkan oleh peserta didik/konseli kelas 8 karena peserta didik/konseli dapat mengembangkan potensi jiwa wirausaha sehingga untuk kedepannya selain untuk dirinya peserta didik mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang disekitarnya sehingga pembelajaran sepanjang hayat dapat terwujud.

Materi bimbingan dan koseling Menyakini pilihan pendidikan lanjutan, materi  ini telah diberikan pada semester 2 kelas 7 untuk kelas 8 biasanya dengan memperkuat keyakinana peserta didik/konseli dalam pilihannya tersebut. Untuk itu, guru bimbingan dan konseling dapat memberikan gambaran tentang pendidikan lanjutan baik untuk tingkat SLTA atau Perguruan Tinggi.

Materi bimbingan dan konseling Menghargai perbedaan budaya, materi ini sebagai bentuk pencegahan supaya peserta didik dapat menghargai perbedaan dengan tidak menghina atau melecehkan suatu budaya yang berbeda, terkesan aneh dan lain sebagainya. Sehingga, tidak ada budaya bully dan hal-hal negatif lainnya.

LKPD (Lembar Kerje Peserta Didik) Modul Ajar BK Kurikulum Merdeka SMP/MTs
Dalam setiap layanan atau praktik ajar pasti disediakan LKPD sebagai bentuk pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. LKPD ini bisa disesuikan oleh guru bimbingan dan konseling bisa berupa tulisan, praktik, lisan dan tugas video, edit foto dan lain sebagainya. Sehingga, disesuaikan dengan minat peserta didik.

Angket Evaluasi Hasil Layanan Modul Ajar BK Kurikulum Merdeka SMP/MTs 
Untuk angket ini peserta didik/konseli mengisi sejumlah pernyataan sehingga dapat dgunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai perbaikan pertemuan selanjutnya.

RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) Inspiratif
RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) ini diberikan opsional bagi guru bimbingan dan konseling dalam pembuatannya. Adapun RPL ini bisa dibuat dan dapat guru BK download di link dibawah artikel ini. RPL BK sudah kita kenal dan sering kita susun walalupun bukan dikuirkulum merdeka. Namun, pada kurikulum ini ada perbedaan tentang capaian layanan yang dihubungkan dengan aspek perkembangan dan menjadi topik/tema.

5 Link Download Modul Ajar Bimbingan Konseling SMP/MTs Kelas 8 Semester 2

Untuk mendapatkan file modul ajar bimbingan konseling SMP/MTs kelas 8 semester 2 ini dapat mengklik tauatan yang berwarna biru pada setiap modul dibawah ini:

Modul Ajar Topik Menghargai Peran Laki-laki dan Perempuan SMP/MTs Kelas 8 
Modul ajar dengan topik menghargai peran laki-laki dan perempuan SMP/MTs kelas 8 memiliki capaian layanan menghargai fungsi dan peran sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan budaya dan nilai-nilai yang berlaku dengan aspek perkembangan kesadaran gender. Bidang layanan yaitu pribadi.
Untuk mendapatkan FILE  nya silahkan klik tautan berwarna biru pada kalimat ini.

Modul Ajar Topik Mengembankan Potensi Diri SMP/MTs kelas 8
Modul ajar dengan topik mengembangkan potensi diri SMP/MTs kelas 8 memiliki capaian layanan yaitu Bersikap positif terhadap aktivitas keseharian untuk mengembangkan potensi dan hobi yang dimilikinya dengan aspek perkembangan pengembangan pribadi. Bidaang layanan yaitu bidang pribadi.
Untuk mendapatkan FILE nya silahkan klik tautan berwarna biru pada kalimat ini.

Modal Ajar Topik Jiwa Wirausaha SMP/MTs Kelas 8
Modul ajar dengan topik jiwa wirausaha SMP/MTs kels 8 memiliki capaian layanan Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet, kompetitif, kompetitif, dan kolaboratif dengan karakteristik wirausaha dengan aspek perkembangan yaitu Perilaku Kewirausahaan/Kemandirian Perilaku Ekonomis. Bidang layanan yaitu bidang pribadi.
Untuk mendapatkan FILE nya silahkan klik tautan berwarna biru pada kalimat ini.

Modul Ajar Topik Menyakini Pilihan Pendidikan Lanjutan SMP/MTs Kelas 8
Modul ajar dengan topik menyakini pilihan pendidikan lanjutan SMP/MTs kelas 8 memiliki capaian layanan Meyakini alternatif pendidikan SLTA yang sesuai dengan kemampuan diri dengan aspek perkembangan wawasan kesiapan karir. Bidang layanan yaitu bidang karier.
Untuk mendapatkan FILE nya silahkan klik tautan berwarna biru pada kalimat ini.

Modul Ajar Topik Menghargai Perbedaan Budaya SMP/MTs Kelas 8
Modul ajar dengan topik menghargai perbedaan budaya SMP/MTs Kelas 8 memiliki capaian layanan Menghargai perbedaan norma yang dianut oleh lingkungan teman sebaya dengan aspek perkembangan yaitu Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya. Bidang layanan yaitu bidang sosial.
Untuk mendapatkan FILE nya silahkan klik tautan berwarna biru pada kalimat ini.

Kesimpulan

Contoh modul ajar kurikulum merdeka SMP/MTs bimbingan konseling kelas 8 semester 2 ini merupakan administrasi bimbingan dan konseling. Selain itu, modul ini digunakan untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam menyampaikan layanan nya dengan penuh perencanaan.

Sekian artikel ini. Terus kunjungi blog rumahguru.info untuk mendapatkan administrasi lainnya. Terima kasih.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP/MTs Bimbingan Konseling Kelas 8 Semester 2-ADM BK Lengkap RGI

Terkini

Iklan