Iklan

terkini

Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 Semester 1 Bimbingan dan konseling-ADM RGI Lengkap

Rabu, 05 Juli 2023, Juli 05, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T04:55:39Z

Administrasi guru bimbingan dan konseling di dalam kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka membutuhkan penyesuaian terutama dalam modul ajar atau rencana pelaksanaan layanan (RPL). Untuk itu, admin akan membagikan Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 Semester 1 Bimbingan dan konseling-ADM RGI Lengkap.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 Semester 1 Bimbingan dan konseling-ADM RGI Lengkap
Dalam modul ajar kurikulum merdeka bimbingan konseling ini terdapat RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) inspirtaif yang bisa digunakan oleh guru bimbingan dan koseling dimanapun berada. Namun, pada pelaksanaanya pada kuirkulum merdeka guru mata pelajaran umum, guru mata pelajaran Agama dan Guru Bimbingan dan konseling atau sering disingkat BK ini dapat memilih satu antara RPL atau modul ajar kurikulum merdeka.

Atas dasar itu, admin akan memberikan kedua format administrasi tersebut aik modul ajar kuirkulum merdeka, modul bk  ataupun RPL BK  Inspiratif kurikulum merdeka. Untuk itu, sebelum sahabat RGI mendownload satu persatu filenya silahkan simak terlebih dahulu apa saja yang akan admin bagikan pada Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 Semester 1 Bimbingan dan konseling-ADM RGI Lengkap.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 9 BK-Semester 1

Kurikulum merdeka atau sering disebut juga kurikulum berdeferensiasi yang bisa saya simpulkan dimana kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menentukkan atau melaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. 

Dalam kurikulum merdeka ini tidak ada penyamaa rataan terhadap kebutuhan peserta didik. Dengan itu, dilaksanakan tes gaya belajar ketika peserta didik baru akan memasuki jenjang tertentu misalnya SMP/MTs. Panitia PPDB akan menjalankan tes gaya belajar sebagai bentuk pelaksanaan kurikulum merdeka dan hasilnya akan diserahkan pada guru mapel supaya dapat dipergunakan dikelas natinya.

Seperti yang kita ketahui bersama pelaksanaan modul ajar kurikulum merdeka kelas semester 1 bimbingan dan konseling ini memang dilaksanakan secara bertahap dan terkesan sulit. Namun, dengan berjalannya waktu dan semangat para pendiidk dalma berdedikasi mencerdasakan anak bangsa maka akan berjalan dengan baik untuk tahap selanjutnya.

Adapaun sedikit admin bahas komponen modul ajar kurikulum merdeka yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
Informasi Umum:
-Identitas penulis modul
-Kompetensi awal
-profil pelajar
-sarana dan prasarana
-target peserta didik
-model pembelajaran yang digunakan
Komponen Inti: (ada yang menyebutkan minimal dalam modul ajar kurikulum merdeka ada KI ini)
-Tujuan pembelajran
-asesmen
-pemahaman bermakna
-pertanyaan pemantik
-kegiatan pembelajaran
-Refleksi peserta didik dan pendidik
Lampiran:
-Lembar kerja peserta didik
-Pengayaan dan remedial
-Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
-Glosarium
-Daftar pustaka

Bimbingan dan Konseling : 5 Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 9 Semester 1 

Baiklah sahabat RGI yang membutuhkan 5 file modul ajar kurikulum merdeka kelas 9 selama satu semester dapat mengklik LINK AKTIF  yang berwarna biru di bawah ini:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka  Tema 1 Taat Beragama-download

Modul ajar dengan tema 1 taat bergama menjadi awal yang baik disampaikan pada bimbingan klasik di kelas atau dapat menjadi bahan bacaan pendidik atau peserta didik dalma konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok dan layanan lainnya. Guru imbingan dan konseling hanya merubah format dan tujuan layanan yang akan dilakukan.

Taat beragama termasuk dalam aspek perkembangan landasan hidup religius. Kemudian merupakan capaian layanan memperbaiki kebiasaan sehari-hari yang kurang sesuai dengan ajaran yang diyakininya. Bidang layanan nya yaitu bidang pribadi.

Dalam modul ajar kurikulum merdeka ini berisi materi tentang taat bergama, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) bimbigan dan konseling, Angket Evaluasi hasil Layanan BK serta RPL insippiratif kuirkulum merdeka. Untuk kekurangan komponen inti yang adminsebutkan di atas dapat sahabat RGI tambahkan sesuai format yang dibutuhkan.

Baiklah Taat beragama yang dimaksud pada tema 1 ini yaitu bagaiman peserta didik dapat mengapikasikan pengetahuan tentang agama dan aktifitas apa saja yang perlu dilakukan pada kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik dapat disebut taat bergama. Namun hal yang perlu diingat oleh peserta didik taat bergama perlu pembiasaan yang ketat supaya antara lahir dan batin dapat sinkron dalam perbuatan.  

Lebih lengkapnya dapat di klik tauatan aktif di atas.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka  Tema 2 Berperilaku Sesuai Norma-download

Modul ajar kurikulum merdeka tema 2 tentang berperilaku sesuai norma dibutuhkan peserta didik. Supaya dapat berperilaku sesuai norma yang berlaku baik dimasyarakat, keluarga,teman dan lingkungan baru yang dapat  ditemuinya.

Berperiaku sesuai norma ini dapat berkolaborasi dengan guru Agama dan PPKn dalam penanaman ataupun pemberian materi secara berkelanjutan.

Adapaun modul ajar kurikulum merdeka tema 2 berperilaku sesuai norma ini terdapat dalam aspek perkembangan landasan perilaku etis. Kemudian capaian layanannya yaitu menampilkan perilaku sosial yang sesuai norma dan etika perilaku sosial remaja pada kehidupan bermasyarakat. Dapat disampaikan pada fase D. Adapun bidang layanan nya yaitu bidang pribadi dan sosial.

Baiklah berperiaku sesuai norma yang dimaksud pada modul ajar kurikulum merdeka ini adalah perilaku yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya contoh norma dilingkungan keluarga seperti hormat kepada orang tua, taat kepada perinta orang tua dll, selanjutnya contoh norma dilingkungan sekolah misalnya santun terhadap guru, menyayngi teman dll terakhir dilingkungan bermasyarakat dan negara misalnya mematuhi peraturan lalulintas, tidak melakukan tindakan main hakim sendiri dll.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka  Tema 3 Dewasa dalam Bersikap-download

Modul ajar kurikulum merdeka tema 3 tentang dewasa dalam bersikap tentu sangat dibutuhkan mengingat peserta didik terutama remaja merupakan masa transisi dan masa peralihan dari anak ke remaja. Terkadang peserta didik butuh sekali dengan materi ini baik konseling maupun bimbingan.

Adapun modul ajar kurikulum merdeka tema 3 termasuk dalam aspek perkembangan kematangan emosi. Kemudian capaian layanan yang harus peserta didik capai yaitu mengembangkan ekspresi perasaan diri sendiri secara bebas dan terbuka tanpa menimbulkan konflik. Adapun bidang layanan nya yaitu Pribadi.

Dalam modul ajar kurikulum merdeka ini berisi materi tentang dewasa dalam bersikap, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) bimbigan dan konseling, Angket Evaluasi hasil Layanan BK serta RPL insipiratif kuirkulum merdeka. Untuk kekurangan komponen inti yang adminsebutkan di atas dapat sahabat RGI tambahkan sesuai format yang dibutuhkan.

Baiklah adapun materi tentang dewasa dalam bersikap berisi tentang bagaiman peserta didik dapat menjadi matang dalam pola pikirnya. Karena seperti pepatah mengatakan tua itu pasti namun dewasa adalah pilihan. Untuk itu, terkadang usia bertambah tapi tidak menjadikan seseorang bertambah dewasa dalam bersikap untuk itu materi ini perlu supaya peserta didik dapat memiliki pola pikir yang matang seperti memilih mana yang baik dan buruk, berpikir sebelum bertindak, berbesar hati menerima kritik, dan lain sebagainya.

Untuk itu, mari kita sampaikan materi ini kpeada peserta didik supaya dapat tumbuh dewasa dengan pola pikir yang positif dalam segala hal sehingga menumnuhkan perilaku yang dewasa pula.


Modul Ajar Kurikulum Merdeka  Tema 4 Memecahkan masalah dengan Baik-download

Modul ajar kurikulum merdeka tema 4 ini tentang memecahkan masalah dengan baik. Dalam kehidupan sehari-hari kita akan dihadapkan dengan masalah. Karena pembelajaran dengan kurikulum merdeka ini harus menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Untukitu, materi ini atau tema ini penting disampaikan karena dapat peserta didik gunakan baik sekarang ataupun nanti.

Adapun modul ajar kurikulum merdeka tema 4 memecahkan masalah dengan baik termasuk dalam aspek perkembangan kematangan intelektual. Kemudian capaian layanan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah mengembangkan alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah berdasarkan pengalaman pada saat menggunakan konsep-konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar. Bidang layanan nya yaitu bidang pribadi. Dapat disampaikan pada fase D.

Dalam modul ajar kurikulum merdeka ini berisi materi tentang memecahkan masalah dengan baik , LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) bimbigan dan konseling, Angket Evaluasi hasil Layanan BK serta RPL insipiratif kuirkulum merdeka. Untuk kekurangan komponen inti yang adminsebutkan di atas dapat sahabat RGI tambahkan sesuai format yang dibutuhkan.


Modul Ajar Kurikulum Merdeka  Tema 5 Saling Mengormati-download

Modul ajar kurikulum merdeka tema 5 tentang saling menghormati. Sebenarnya tema 1 samapai tema 5 ini berkesinambungan. Jika, peserta didik mampu menyelesaikan tugas perkembangan pada tema 1, tema 2,tema 3, tema 4 dan tema 5 akan mudah dipahami dan dilaksanakan.

Saling menghormati berhubungan erat dengan tema berperilaku sesuai norma. Untuk itu, tidak banyak ayang akan admin sampaikan pada point ini. Pada dasarnya peserta didik membutuhkan tema saling menghormati ini sebagai bekalnya dalam berperilaku sosial baik dikeluarga, teman dan masyarakat bahkan negara.

Adapun tema 5 saling menghargai termasuk dalam aspek perkembangan kesadaran tanggungjawab. Kemudian capaian layanannya yaitu saling menghormati, memahami, dan memiliki dalam berinteraksi dengan orang lain sesuai hak dan kewajiban atas dasar rasa kasih sayang.

Bidang layanannya yaitu pribadi dan sosial. Serta dapat disampaikan pada fase D. Jika dirasa butuh pada fase lain dapat disampaikan pula sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 semester 1 bimbingan dan konseling ini dapat guru bk dapatkan sesuai kebutuhan. Tema yang disajikan terdapat 5 tema yang berhubungan satu tema dengan tema lain esuai dengan aspek pekrmebngan dan capaian layanan.

Sekian Artikel tentang modul ajar kurikulum merdeka admin buat. semoga bermanfaat. see you.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 9 Semester 1 Bimbingan dan konseling-ADM RGI Lengkap

Terkini

Iklan