Iklan

terkini

Download CP dan ATP Bahasa Indonesia (Tingkat lanjut/Fase F dan SLB) Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Kamis, 13 Juli 2023, Juli 13, 2023 WIB Last Updated 2023-07-15T01:42:08Z

CP (Capaian Pembelajaran) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik per fase. CP dirancang dengan menggunakan backward design yaitu metode atau perancangan pembelajaran dengan prosesnya yang berjalan mundur atau metode merancang kurikulum penidikan dengan menetapkan tujuan sebelum memilih metode pembelajaran dan desain asesmen. Semenatara ATP ini merupakan dikembangkan setelah TP dari CP. Untuk lebih mudahnya admin akan membagikan Download CP dan ATP Bahasa Indonesia (Tingkat lanjut/Fase F dan SLB) Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI.

Download CP dan ATP Bahasa Indonesia (Tingkat lanjut/Fase F dan SLB) Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI
Seperti yang kita ketahui bahwa pembagian CP ini  menggunakan sistem fase bukan kelas. Penggunaan sistem fase ini memudahkan dan memberikan tingkat kebebasan yang lebih besar dalam mengatur pembelajaran. Baiklah mari kita bahas secara singkat CP dan ATP Bahasan Indonesia Kurikulum Merdeka dari Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E, Fase F.

Elemen CP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut dan Bahasa Indonesia SLB

Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki elemen-elemen seperti CP pada mata pelajaran lainnya. CP adalah kompetensi. Kompetensi yang harus di capai oleh peserta didik. Peserta didik pada setiap fasenya. Adapaun Fase-fase yang dibagi oleh pemerintah ada enam (6) fase terdiri dari 
  • Fase A pemerintah membaginya dari Kelas I - 2 SD/MI/Program Paket A
  • Fase B pemerintah membaginya dari Kelas 3 -  4 SD/MI/Program Paket A
  • Fase C pemerintah membaginya dari Kelas 5 - 6 SD/MI/Program Paket A
  • Fase D pemerintah membaginya dari Kelas 7 - 9 SMP/MTs/Program Paket B
  • Fase E pemerintah membaginya dari Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C
  • Fase F pemerintah membaginya dari Kelas 11-12 SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C
Dapat kita perhatikkan di atas bahwa untuk tingkat SD/MI/Program Paket A dibagi kedalam 3 Fase yaitu A, B dan C dengan masing-masing fase dengan 2 grade atau kelas. Adapun untuk tingkat SMP/MTs/Program Paket B terbagi ke dalam 1 fase yaitu D dengan 3 grade atau kelas. Sementara untuk tingkat SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C dibagi menjadi 2 fase yaitu fase E dan F dengan fase E kelas 10 dan Fase F  kelas 11 dan 12.

Pemerintah dalam pembuatan modul CP mata pelajaran Bahasa Indonesia membaginya kedalam 3 (tiga) modul yaitu modul CP mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F, modul CP mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat lanjut untuk Fase F dan modul CP mata pelajaran Bahasa Indonesia SLB (Sekolah Luar Biasa). Setelah admin membaca ketiga modul tersebut mereka memiliki elemen yang sama hanya saja ada perbedaan dalam deskripsi pada setiap elemen. Untuk itu, bapak/ibu guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat memiliih modul mana yang akan dibutuhkan kemudian di kembangkan menjadi TP (tujuan pembelajaran).

Dalam megembangkan TP dapat dilakukan dengan mudah dengan hanya melihat komponen yang ada pada CP mata pelajaran Bahasa Indonesia seperti Kompetensi, Konten atau Materi dan Variasi. Setelahnya dikembangkan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini direkomenadikan oleh pemerintah jika masih sulit untuk menyusunnya bisa menggunakan ATP yang sudah ada. Akan admin sajikan dibagian bawah artikel contoh-contoh ATP mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Adapun elemen CP Bahasa Indonesia Fase A-FAse F 
Pengertian kemampuan berbahasa diuraikan sebagai berikut:
  1. Menyimak
  2. Membaca dan memirsa
  3. Berbicara dan mempresentasikkan
  4. Menulis
Adapun elemen CP Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Fase F
Pengertian kemampuan berbahasa diuraikan sebagai berikut:
  1. Menyimak
  2. Membaca dan memirsa
  3. Berbicara dan mempresentasikkan
  4. Menulis
Adapun elemen CP Bahasa Indonesia SLB Fase A-Fase F (SDLB, SMPLB, dan SMALB)
Pengertian kemampuan berbahasa diuraikan sebagai berikut:
  1. Menyimak
  2. Membaca 
  3. Berbicara 
  4. Menulis
Dapat disimpulkan bahwa elemen yang harus dikuasi peserta didik memiliki kesamaan pada bagian tertentu hanya saja dapat bapak/ibu guru Bahasa Indonesia teliti lagi perbedaan pada deskripsi atau uraian dari setiap elemen tersebut.

Download CP dan ATP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E, Fase F

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal yang paling dasar untuk belajar dan bekerja karena berfokus pada kemampuan literasi (berbahasa dan berpikir).  Mata pelajaran Bahasa Indonesia membentuk keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). 

Mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah luar bisa diperuntukkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus ini diharapkan dapat membantu mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain, kemudian dapat mengemukakan gagasan, perasaan, dan berpartisipasi dalam masyarakat. Untuk itu, diperlukan strategi, model, media, dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Pendekatan yang tepat ini contohnya di dalam memahami sebuah teks, peserta didik dengan hambatan penglihatan (tunanetra) dapat menggunakan media tulisan braille (tulisan timbul) sebagai sarana atau media belajarnya dan peserta didik dengan hambatan pendengaran (tunarungu) dapat menggunakan bahasa isyarat sebagai bahasa komunikasi ketika penyampaian materinya. 

Untuk itu, pemeblajaran berdeferensiasi ini penting bagi peserta didik karena dapat diberikkan sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemampuan peserta didik. 

Baiklah berikut link Download CP dan ATP Bahasa Indonesia (Tingkat lanjut/Fase F dan SLB) Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

CP Bahasa Indonesia Fase A-Fase F-LINK FILE
CP Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Fase F-LINK FILE
CP Bahasa Indonesia SLB Fase A-Fase F-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase A-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase B-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase C-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase D-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase E-LINK FILE
Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase F-LINK FILE

Berikut link file yang dapat admin sajikan yang dapat dipergunakan oleh sahabat RGI dengan baik.

Kesimpulan

CP dan ATP Bahasa Indoensia kurikulum merdeka fase a sampaai fase f ini telah ada dan dibutuhkan dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka mata pelaran bahasa indoensia. Untuk itu, seilahkan sahabat RGI manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih telah mengunjungi blog rumahguru.info. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Download CP dan ATP Bahasa Indonesia (Tingkat lanjut/Fase F dan SLB) Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan