Iklan

terkini

CP Pendidikan Pancasila (PPKn) Fase A Sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Rabu, 12 Juli 2023, Juli 12, 2023 WIB Last Updated 2023-07-12T13:55:00Z
Selamat datang di blog rumahguru.info yang menyajikan ADM Guru lengkap. Pada artikel ini admin akan membagikkan CP Pendidikan Pancasila (PPKn) Fase A Sampai F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI. Capaian pembelajaran atau sering disingkat CP ini sesuai di bahas pada kurikulum merdeka karena digunakan sebagai istilah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
CP Pendidikan Pancasila (PPKn) Fase A Sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI
Sudah banyak pengertian CP pada modul kurikulum merdeka. Dan admin yakin guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila sudah memahami bahwa Mata Pelajaran PPKn beeganti nama menjadi mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kenapa admin masih menggunakan PPKn dalma judul artikel ini karena masih banyak guru mata pelajaran yang mencari CP PPKn fase A-fase F. Walaupun, sebenarnya sudah ada perubahan penyebutan mata pelajaran yaitu menjadi pendidikan pancasila fase A-fase F.

Fase A sampai Fase F CP Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka

Dalam Pendidikan Pancasila atau pada sebelumnya dinamakan mata pelajaran PPKn sama dengan CP yang dimiliki oleh mata pelajaran lain yaitu fase a sampai F. Modul CP Pendidikan Pancasila ini Untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Begitu lengkapnya sehingga guru mata pelajaran pengampu mata pelajaran pendidikan pancasila tinggal mengembangkan CP yang terdapat dalam modul menjadi TP kemudian ATP.

CP sama dengan kompetensi. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam CP itu terdiri dari dua komponen yaitu kompetensi dan konten atau materi yang akan dikembangkan pada TP (tujuan pembelajaran) dan kompetensi yang akan di urutkan dari mudah ke sulit pada ATP (Alur tujuan Pembelajaran).

Contoh CP pada Fase A Elemen Pancasila CP pada Fase A Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilainilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

Kita dapat identifikasi CP Pendidikan Pancasila fase A diatas yaitu dapat dilihat bahwa pada CP Pendidikan Pancasila Fase A terdapat kompetensi seperti mengenal, menceritakan, mengidentifikasi, menjelaskan, menerapkan. Kemudian untuk konten atau materi yang dapat kita temukan yaitu simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dan lain-lainnnya.

Setelah guru mata pelajaran menemukan kompetensi dan konten selanjutnya dapat merumuskan TP (tujuan pembelajaran) dan ATP (alur tujuan pembelajaran). Namun, seperti yang terdapat dalam lampiran ketetapan menteri mengenai kurikulum merdeka bahwa ATP tidak wajib di buat guru mata pelajaran dapat mencontoh yang sudah ada, tetap harus berangsur-angsur memahami CP dulu supaya mudah dalam mengembangkan ATP dan membuat perencanaan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga mengerti betul kebutuhan peserta didik.

Elemen CP Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila 

Pendidikan Pancasila memiliki empat elemen kunci yang perlu diketahui oleh guru mata pelajaran pendidikan pancasila yaitu sebagai berikut:
  1. Pancasila
  2. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Keempat elemen kunci di atas memiliki cakupan atau substansi sehingga dalam modul CP mata pelajaran Pendidikan Pancasila disediakkan deskripsi elemen secara rinci. Bercerita sedikit ketika admin melihat keempat elemen di atas admin menjadi ingat materi TWK ketika mengikuti ujian CPNS. Dan memang ini penting karena sebagai identitas negara kita harus mengenal bangsa Indonesia dari segi materi dan praktek.

Dalam modul ini pula bahwa CP mata pelajaran pendidikan pancasila dijelaskan per fase dan diberikan contoh penerapanya sehingga mempermudah bapak/ibu guru mata pelajaran pendidikan pancasila dalam penyampaian atau perencanaan pembelajaran dan asesmen nanti.

Seperti yang kita ketahui bahwa: 
  1. Fase A untuk Kelas I – II SD/MI/Program Paket A
  2. Fase B untuk Kelas III – IV SD/MI/Program Paket A
  3. Fase C untuk Kelas V – VI SD/MI/Program Paket A
  4. Fase D untuk  Kelas VII – IX SMP/MTs/Program Paket B
  5. Fase E untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK/Program Paket C
  6. Fase F untuk Kelas XI – XII SMA/SMK/MA/MAK/Program Paket C
Untuk itu, CP Pedidikan Pancasila dapat digunakkan sesuai fase dan kebutuhan peserta ddik. Pada pembagiannya dapat berdiskusi dan berkolaborasi supaya dapat tersampaikan sesuai jenjang dan kebutuhannya.

Untuk mendapatkan file CP Pendidikan Pancasila (PPKn) Fase A Sampai Fase F Kurikulum Merdeka silahkan klik tautan ini.

Kesimpulan

CP mata pelajaran pendidikan pancasila penting dipahami oleh guru mata pelajaran pendidikan pancasila untuk membuat perencanaan pembelajaran dan asesmen sehingga lebih kreatif dan inovatif. Untuk itu, guru mata pelajaran pendidikan pancasila harus memahami CP dengan seksama dan hati-hati. Sudah dijelaskan di atas bahwa memahami CP dapat dengan diskusi secara bertahap supaya bapak/ibu guru memahami betul kompetensi yanga da pada CP tersebut.

Demikian artikel ini admin susun. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CP Pendidikan Pancasila (PPKn) Fase A Sampai Fase F Kurikulum Merdeka-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan