Iklan

terkini

Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Kamis, 12 Januari 2023, Januari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-01-12T07:53:29Z

Modul materi bimbingan dan konseling sedang banyak dibutuhkan pada tahun ini. Kurikulum merdeka menuntut seluruh guru disetiap jenjang untuk membuat administrasi sesuai dengan kurikulum merdeka. Untuk itu, admin akan membagikan artikel Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat.

rpl kiat sukses hidup bermasyarakat modul materi bk
Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka
Modul BK Kelas X materi kiat hidup bermasyarakat menjadi hal yang penting disampaikan dalam kegiatan layanan terutama dengan strategi bimbingan klasik. Dibawah ini akan daftar isi yang akan disampaikan pada artikel ini:

  1. Komponen Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka
  2. Materi singkat kiat hidup bermasyarakat
  3. Link unduh Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Baiklah admin akan menjelaskan satu persatu ketiga bahasa di atas:

Komponen Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat

Modul Bimbingan dan Konseling akan digunakan pada tahun ini sesuai dengan peraturan kemendikbud mengenai pergantian kurikulum baru ke kurikulum terbaru. 

Kurikulum ini sebelumnya hanya dilaksanakan pada sekolah percontohan namun untuk tahun ini akan digunakan untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Modul BK ini berisi capaian layanan yang dikembangkan dari ATP.

Dibawah ini komponen modul BK kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat
  1. Judul umum modul 
  2. Judul materi modul
  3. Kelas/semester yaitu kelas X semester 1
  4. Topik/tema yaitu Kiat Hidup Bermasyarakat
  5. Aspek perkembangan (SKKPD) termasuk ke dalam kesadaran gender
  6. Capaian Layanan termasuk ke dalam Menunjukkan kolaborasi secara harmonis dengan lain jenis sesuai peran sosial
  7. Bidang layanan yaitu bidang sosial
  8. Materi modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka
  9. LKPD dan Angket hasil layanan
  10. RPL Inspiratif modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Komponen di atas merupakan isi dari setiap modul yang admin bagikan. Modul ini dibuat pada kurikulum merdeka. Tapi, bagi sahabat RGI yang masih menggunakan kurikulum 13 pun dapat menggunakannya.

Materi Singkat Kiat Hidup Bermasyarakat

Dibawah ini admin akan memyajikan materi singkatnya sebagai berikut:

Pertama, manusia, masyarakat dan ketertiban. Dalam kehidupan sehari-hari individu dipastikan akan berinteraksi dengan individu atau kelompok. Interaksi terkecil adalah dengan keluarga di rumah. Dalam interaksi tersebut individu bertindak sesuai kedudukan, peran, status sosial dan lain sebagainya.

Selanjutnya, interaksi sosial ini akan mengikuti norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Untuk ketertiban dan kenyamanan bersama ketika berinteraksi masyarakat saling menghargai dan megikuti norma serta aturan yang berlaku.


Kedua, Norma. Norma artinya ukuran-ukuran. Norma memiliki 2 macam yaitu perintah dan larangan. Dimana perintah sebagai kewajiban seseorang terhadap sesuatu karena akibat yang timbul adalah hal baik. Sedangkan larangan yaitu kewajiban seseorang terhadap sesuatu karena akibat yang timbul adalah hal yang tidak baik.

Adapun, macam-macam norma yaitu norma agama yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa, norma kesusilaan berasal dari suara hati sanubari manusia, norma kesopanan bersumber dari keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri.

Berikutnya, norma hukum sumbernya bisa berupa peraturan perundangundangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama.


Ketiga, hubungan antar norma. Selain hukum masyarakat juga perlu mematuhi norma-norma yang ada. Karena dengan adanya kepatuhan terhadap aturan dan norma sekaligus menghindari diri dari hukum yang ada baik hukum negara, sosial dan agama.

Hubungan antara hukum dan kaidah-kaidah social lainnya itu saling mengisi artinya kaidah sosial mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat dalam hal-hal hukum tidak mengaturnya.


Hubungan antara norma agama, kesusilaan, kesopanan dan hukum yang tidak dapat dipisahkan itu dibedakan karena masing-masing memiliki sumber yang berbeda. Tapi pada dasarnya mengatur pada suatu kebaikan. 

Untuk itu, dapat disimpulkan kiat untuk sukses hidup bermasyarakat yaitu peserta didik harus memahami norma-norma yang berlaku supaya dapat berbaur dengan masyarakat dengan menimbulkan hal-hal yang baik. 

Selain itu, cara yang dapat dilakukan yaitu memberikan apresiasi, tidak menghakimi dan bahasa yang baik secara verbal dan non-verbal.

Link unduh Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan  Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini admin buat. Hal yang bisa disimpulkan yaitu modul bk ini perlu dibuat untuk memudahkan guru bk dalam memberikan materi secara terarah. Selain itu, pemilihan materi ini merupakan materi yang penting untuk peserta didik.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul BK Kelas X Materi Kiat Hidup Bermasyarakat-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan