Iklan

terkini

Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru!

Rabu, 21 Desember 2022, Desember 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T13:21:14Z

Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 9 MTs Terbaru ini admin buat untuk sahabat RGI yang membutuhkannya. Karena, Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru! ini dapat digunakan baik oleh pendidik ataupun oleh peserta didik.

soal ski kelas 9 semester 1 dan kunci jawaban
Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru!
Adapun Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru! ini digunakan oleh pendidik untuk melengkapi, latihan soal yang diberikan pada peserta didik dan lain sebagainya. Ataupun untuk peserta didik bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian.


Berikut Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru!:

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d pada lembar jawab yang tersedia!

1. Kepercayaan pada zaman prasejarah muncul dari alam pikiran masyarakatnya sendiri. Seperti kepercayaan nenek moyang bangsa Indonesia. Dengan melihat keberadaan pohon besar hingga gunung, pada akhirnya menimbulkan perasaan takut, kagum, dan hormat. Campuran perasaan tersebut melahirkan penyembahan kepada benda-benda di alam yang lambat laun membentuk suatu sistem kepercayaan. Seperti contohnya, saat ini sebagian orang masih percaya bahwa batu cincin ataupun jimat lainnya dapat mendatangkan manfaat, mulai dari kekebalan hingga ketampanan. Contoh lain dapat ditemukan pada sebagian orang Kerinci yang menganggap benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang seperti keris, tombak, pedang, dan batu-batu mustika mempunyai keramat, tuah dan khasiat pengobatan. Kepercayaan mereka itu disebut ….

a. animisme

b. dinamisme

c. polytheisme

d. kepercayaan

2. Dari sudut pandang ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih tinggi dan unggul daripada kebanyakan masyarakat pribumi. Hal ini berakibat penduduk pribumi, terutama putri-putri bangsawan tertarik untuk menjadi istri dari para saudagar tersebut. Sebelum menikah, mereka diminta masuk Islam terlebih dahulu. Proses penyebaran Islam yang demikian dilakukan dengan cara ....

a. perdagangan

b. perkawinan

c. pendidikan

d. kesenian

3. Dakwah Islam merupakan aktualisasi imani yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan dalam bidang kemasyarakatan agar supaya bisa mempengaruhi cara berpikir, bersikap, bertindak manusia baik secara individu maupun dalam komunitas masyarakat, maka dalam rangka mengupayakan terwujdnya ajaran Islam dalam kehidupan ini dapat digunakan cara tertentu. Satu doktrin atau ajaran Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah (hubungan vertikal). Ajaran ini memudahkan orang yang telah mempunyai dasar ketuhanan lain untuk mengerti dan menerima ajaran Islam. Penyebaran Islam seperti ini dilakukan dengan media atau cara ....

a. pendidikan

b. tasawuf

c. kesenian

d. perkawinan

4. Sunan Kalijaga adalah tokoh ulama yang paling mahir dalam memainkan wayang. Ia tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi mengajak penonton untuk mengikuti mengucapkan kalimat syahadatain. Sebagian besar cerita wayang masih dipetik dari cerita Mahabharata dan Ramayana, tetapi di dalam cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam, pendidikan, dan unsur-unsur filsafat (mencari kebenaran). Penyebaran agama Islam yang dilakukan Sunan Kalijaga dengan cara ....

a. kesenian

b. perdagangan

c. pendidikan

d. tasawuf

5. Teori Makkah mengemukakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijriah atau abad ke-7 Masehi. Adapun orang-orang yang membawa Islam ke Indonesia berasal dari bangsa Arab, terutama Mesir. Berikut merupakan bukti masuknya Islam ke Indonesia abad ke 7 Masehi, kecuali ....

a. pada abad ke-7 (tahun 674 Masehi) di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan Arab (Islam)

b. berita Tiongkok dari Hikayat Dinasti Tang yang antara lain menceritakan tentang orang-orang Ta Shih (sebutan untuk bangsa Arab) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang kerajaan Ho Ling yang diperintah oleh Ratu Sima (tahun 674 Masehi).

c. kerajaan Samudera Pasai menganut paham Syiah sesuai paham yang dianut kerajaan Mesir 

d. raja-raja Samudera Pasai menggunakan gelar al-Malik, di mana gelar ini berasal dari Mesir.


6. Teori Gujarat, teori ini mengemukakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi. Bangsa Gujarat (Cambay) dari India diyakini sebagai pihak yang membawa Islam ke Indonesia. Teori ini didasarkan pada hal-hal berikut, kecuali ....

a. kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

b. hubungan dagang antara Indonesia dengan India sudah lama terjalin melalui jalur Indonesia – Cambay – Timur Tengah – Eropa.  

c. adanya batu nisan Sultan Malik al-Saleh (sultan pertama Kerajaan Samudera Pasai) yang bertuliskan angka tahun 1297 bercorak khas Gujarat. 

d. catatan sejarah Babad Gresik mengisahakan tentang prajurit patang puluh cina bersenjata api pimpinan Panji laras dan Panji Liris


7. Berdasarkan bukti-bukti yang ada, Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi atau abad ke-1 Hijriyah. Salah satu masuknya Islam ke Indonesia dari Arab melalui jalur utara, yaitu …

a. Arab (Mekah dan Medinah)-Damaskus-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka- Indonesia.

b. Arab (Mekah dan Medinah) – Damaskus – Bagdad – Srilanka - Indonesia.

c. Arab (Mekah dan Medinah) – Yaman - Gujarat (pantai barat India) - Srilanka – Indonesia.

d. Arab (Mekah dan Medinah) – Yaman - Srilanka – Indonesia.

8. Seni dan budaya tidak lepas dari pengaruh nilai-nilai ajaran Islam. Seni bukanlah sesuatu yang diharamkan dalam Islam. Dengan seni, kehidupan manusia lebih indah dan nyaman untuk dinikmati. Kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu buddayah sebagai bentuk jamak dari kata budhi yang berarti perilaku, budi, atau akal. Maka, kata kebudayaan dapat diartikan sebagai bentuk yang berkaitan dengan budi pekerti dari hasil pemikiran. Kesenian termasuk dalam unsur kebudayaan. Banyak seni dan budaya Indonesia yang bernuansa Islam seperti di bawah ini, kecuali ....

a. kasidah

b. kaligrafi

c. tari Zapin

d. tari Gambyong


9. Pada masa pemerintahan Sultan Zainal Abidin (1383-1405M) dari kerajaan Samudra Pasai ia sangat aktif dalam menyebarkan pengaruh Islam ke pulau Jawa dan Sulawesi, yaitu dengan ….

a. mengirimkan para dai seperti Maulana Malik Ibrahim dan Maulana Ishak

b. mengirimkan para pedagang ke pulau Jawa untuk menyebarkan Islam

c. mengirimkan para mubalig ke Sulawesi untuk menyebarkan Islam

d. mengirimkan para para santri untuk menyebarkan Islam

10. Melemahnya pemerintahan kerajaan Majapahit di pulau Jawa atas daerah-daerah pesisir utara Jawa menjadi salah satu sebab berdirinya kerajan Islam di Jawa yang pertama, yaitu ….

a. kerajaan Mataram

b. kerajaan Demak

c. kerajaan Banten

d. kerajaan Goa dan Tallo

11. Kesultanan Cirebon adalah kerajan Islam pertama di wilayah Jawa Barat (Pasundan). Cirebon saat menjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa Barat dengan tokohnya yaitu Sunan Gunung Jati. Kesultanan Cirebon mengirim pendakwah untuk menyebarkan Islam di wilayah-wilayah Jawa Barat. Wilayah-wilayah tersebut adalah…

a. Majalengka, Kuningan, Kawali, Sunda Kelapa dan Banten

b. Demak, Semarang, Pemalang dan Pekalongan

c. Lirboyo, Kediri, Ploso, Jombang dan tuban

d. Yogyakarta, Sleman dab Bantul

12. Masa Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682) kerajaan Banten memiliki armada yang mengesankan, dibangun atas contoh Eropa, juga telah mengupah orang Eropa bekerja pada kesultanan Banten. Dalam mengamankan jalur pelayarannya, Banten juga mengirimkan armada lautnya ke Sukadana atau Kerajaan Tanjungpura (Kalimantan Barat) dan menaklukkannya tahun 1661. Pada masa Sultan Ageng Tirtayasa ini disebut ….

a. masa kemunduran kerajaan Banten

b. masa perjuangan kerajaan Banten

c. masa keruntuhan kerajaan Banten

d. masa kejayaan kerajaan Banten

13. Sultan Hasannudin terkenal sebagai raja yang sangat anti kepada dominasi Belanda. Dalam peperangan melawan VOC, Sultan Hasannudin memimpin sendiri pasukannya untuk memporak-porandakan pasukan Belanda di Maluku. Akibatnya, kedudukan Belanda semakin terdesak atas keberanian Sultan Hasannudin tersebut maka Belanda memberikan julukan padanya sebagai ….

a. Ayam Jantan dari barat

b. Ayam Jantan dari Timur

c. Ayam Jantan dari Utara

d. Ayam Jantan dari Selatan

14. Kerajaan-kerajaan Islam yang muncul di Sulawesi tidak terlepas dari perdagangan anatar benua yang berlangsung ketika itu. Berdirinya kerajaan kerajaan Islam berkat perjuangan tokoh ulama di Sulawesi. Salah satu kerajaan yang kuat di Sulawesi yaitu kerajaan Gowa Tallo yang kemudian berhasil mencapai puncak kejayaan. Berikut ini merupakan salah satu Ibrah dari semangat tokoh pendiri kerajaan Islam di Sulawesi yaitu …

a. sikap keuletan dan semangat para tokoh pendiri kerajaan Isam dalam menegakkan Islam

b. sikap mau dipuji para tokoh pendiri Islam di Sulawesi

c. sikap mengharap pamrih dari rakyat dan penguas Islam di Sulawesi

d. berusaha semampunya meneladani sikap para tokoh pendiri Islam di Sulawesi

15. Pulau Gapi (kini Ternate) mulai ramai di awal abad ke-13, penduduk Ternate awal merupakan warga eksodus dari Halmahera. Momole (kepala marga), merekalah yang pertama-tama mengadakan hubungan dengan para pedagang yang datang dari segala penjuru mencari rempah-rempah. Tahun 1257 Momole Ciko pemimpin Sampalu terpilih dan diangkat sebagai Kolano (raja) pertama dengan gelar Baab Mashur Malamo (1257-1272). Sehingga dibangunlah kerajaan yang berpusat di kampung ternate tersebut. Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Baabullah. Di bawah ini prestasi kerajaan Ternate, kecuali ....

a. berhasil mengusir portugis dari Maluku

b. berhasil menahan spanyol untuk kembali lagi menguasai Maluku

c. bahasa Ternate memiliki dampak terbesar terhadap bahasa Melayu yang digunakan masyarakat timur Indonesia

d. berhasil mengusir Belanda dari Maluku


16. Indonesia terdiri dari berbagai pulau serta beragam bahasa dan suku bangsa. Fakta sejarah mencatat ada beberapa pondok pesantren yang berdiri, berkembang, dan bahkan melahirkan tokoh-tokoh kaliber nasional, Nama tokoh yang merupakan alumni pesantren dan pernah menjabat sebagai presiden Republik Indonesia adalah .... 

a. K.H. Hasyim Asy’ari

b. K.H. Wahid Hasyim 

c. K.H. Abdurrahman Wahid 

d. K.H. Yusuf Hasyim


Untuk mengerjakan soal nomor 17 dan 18, cermati tabel berikut! 

No Nama Pondok Pesantren Nama Pendiri

1 Tebuireng K.H. Hayim Asy’ari

2 Sidogiri KH. A.M. Sahal Mahfudz

3 Krapyak Sayyid Sulaiman

4 Buntet Kiai Muqoyyim


17. Berbagai pondok pesantren di Jawa pernah mengalami masa perjuangan dan keemasan. Kesesuaian nama pondok pesantren dan nama pendiri yang tepat ditunjukkan pada tabel nomor .... 

a. 1 dan 2 

b. 2 dan 4 

c. 1 dan 3 

d. 1 dan 4 

18. Beberapa pondok pesantren di Jawa pernah berjasa dalam berjuang melawan penjajah. Dari data tabel di atas, pondok pesantren di Jawa yang ikut berperan besar dalam berjuang melawan penjajah dan sekaligus pendiri organisasi kemasyarakatan Islam ditunjukkan pada nomor .... 

a.

b.

c.

d.

19. Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam terbaik, terpopuler, terkenal dan paling berpengaruh yang berdiri sejak lama di Indonesia. Bahkan sebelum lembaga pendidikan modern lain ada. Yakni sejak masuknya Islam ke tanah Indonesia yang dibawa oleh para pedagang muslim, da'i, mubaligh dan para wali dari luar negeri. Selain di Jawa, pondok pesantren tumbuh dan berkembang di Sumatra. Di bawah ini, yang termasuk pondok pesantren di Sumatra adalah .... 

a. Tremas 

b. Lirboyo 

c. Subulussalam, Sayurmaincat 

d. Darussalam, Martapura 

20. Pondok Pesantren Tegalsari, Jetis, Ponorogo, Jawa Timur begitu tersohor pada masa lalu. HOS. Cokroaminoto adalah seorang dari golongan bangsawan yang pernah menimba ilmu selama bertahun-tahun di sana. Pelajaran yang dapat kita ambil dari HOS. Cokroaminoto adalah .... 

a. belajar yang gigih, membaca, menulis, dan berkarya 

b. belajar yang serius untuk mendapatkan nilai yang prestisius 

c. belajar yang giat untuk menjadi orang yang cerdas dan ternama 

d. belajar yang giat yang hanya berorientasi pada duniawi 

21. Alumni Pondok Pesantren Tegalsari, Jetis, Ponorogo, Jawa Timur adalah seorang sastrawan besar. Siapakah nama sastrawan tersebut ?

a. M.H. Ainun Nadjib 

b. W.S. Rendra 

c. Raden Ngabehi Ronggowarsito 

d. Nuruddin ar-Raniri 

22. Perjuangan mengusir penjajah dari bumi pertiwi telah dilakukan rakyat Indonesia bersama beberapa pimpinan pondok pesantren sejak periode kerajaan Islam di Indonesia secara sporadis. Sejarah mencatat perjuangan mengusir penjajah tersebut sering mengalami kegagalan. Hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa tersebut adalah, kecuali .... 

a. kepentingan pribadi lebih utama dibanding kepentingan bersama 

b. persatuan dan kesatuan dibutuhkan tatkala memiliki kepentingan bersama 

c. persatuan dan kesatuan mampu menghadapi rintangan seberat apa pun 

d. kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan 

23. Perhatikan data berikut ini! 

No Nama Pondok Pesantren

1 Pondok pesantren Syekh Quro, Kerawang

2 Pondok Pesantren Al Falah Biru Singguru Samarang, Garut

3 Pondok Pesantren Pesugihan, Cilacap

4 Pondok Pesantren Buntet, Cirebon

5 Pondok Pesantren Jamsaren, Surakarta

Perkembangan pondok pesantren di Indonesia sangat pesat, terutama di Jawa sebagaimana ditunjukkan tabel di atas. Pondok pesantren yang ada di Jawa Barat ditunjukkan pada tabel nomor ....

a. (2), (3), dan (4) 

b. (1), (2), dan (4) 

c. (1), (3), dan (5) 

d. (1), (2), dan (5) 

24. Kiai, santri, dan seluruh rakyat bersatu padu dalam melawan penjajah Belanda. Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 mengeluarkan fatwa untuk melawan penjajah yang kemudian dikenal dengan sebutan Resolusi Jihad. Peristiwa tersebut kini diperingati sebagai .... 

a. Hari Pahlawan  

b. Hari Kiai Nasional 

c. Hari Santri Nasional 

d. Hari Perjuangan 

25. Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keislaman dan keaslian Indonesia. Apa maksud dari pernyataan tersebut ?

a. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan asli Indonesia 

b. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam di Indonesia 

c. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia 

d. Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam bercorak Indonesia

26. Pondok pesantren mempunyai komponen pokok yang menjadi ciri khas terdiri dari .…

a. kyai, santri, masjid / musholla, pondok atau asrama, dan metode pembelajaran

b. musholla, sorogan, metode pembelajaran

c. pondok / asrama, santri, metode pembelajaran

d. santri dan metode pembalajaran

27. Pondok pesantren tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan adalah .…

a. Tremas

b. Lirboyo

c. Subulussalam, sayurmaincat

d. Darussalam Martapura

28. Seni budaya lokal yang bernafaskan Islam adalah segala macam bentuk kesenian yang berasal dan berkembang dalam masyarakat Indonesia serta telah mendapat pengaruh dari agama Islam. Seni budaya Lokal dan berbagai budaya bernapaskan Islam merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia. Salah satu bentuk kearifan lokal yang benapaskan Islam adalah .… 

a. drum band 

b. dangdut 

c. keroncong 

d. kosidah 

29. Seni budaya dan tradisi lokal yang bernafaskan Islam sangat banyak dan memiliki manfaat terhadap penyebaran agama Islam. Untuk itulah kita sebagai generasi Islam, harus mampu mengapresiasikan diri terhadap permasalahan tersebut. Salah satu contoh mengapresiasi suatu kegiatan sosial keagamaan yang merupakan kearifan lokal yang bernapaskan Islam adalah ….

a. mengganti kostum penari menggunakan pakaian jubbah 

b. mengisi acara hiburan seni rebana pada acara hajatan 

c. mengganti syair berbahasa daerah dengan bahasa arab 

d. melarang segala seni budaya karena tidak bermanfaat 

30. Tari Menak atau Beksa Menak merupakan pentas tari yang mengambil kisah dari cerita .… 

a. Mahabarata 

b. Hasan dan Husain. 

c. Amir Hamzah dari Persia 

d. Dewi Sri 


31. Kesenian zapin dibawa oleh pedagang-pedagang Arab dari Gujarat dalam perdagangan rempah sekaligus sebagai media dakwah penyebaran agama Islam ke daerah Kepulauan Riau. Zapin merupakan kesenian Melayu sering di pentaskan pada acara-acara penting. Zapin merupakan jenis seni ….

a. tari 

b. lukis 

c. music 

d. suara  

32. Sarana untuk mendekatkan diri seorang hamba dengan Tuhannya, salah satunya dengan Suluk sedang orangnya biasa disebut salik. Suluk pada hakekatnya  berisi tentang .…

a. Manunggaling Kawula Gusti 

b. Budaya jawa dan ajaran Islam 

c. Ajaran tasawuf 

d. Ajaran Kejawen 

33. Megengan adalah tradisi masyarakat Jawa yang pada umumnya terdapat di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Megengan adalah sebuah kearifan lokal yang memiliki nilai Islami. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka .… 

a. menyambut tahun baru 

b. menyambut kelahiran 

c. menyambut datangnya bulan Ramadan 

d. menyambut datangnya bulan Maulid 

34. Kalian adalah generasai milineal. Bagaimana sikap yang tepat dan bijak terhadap pertunjukan seni budaya lokal yang ditanggap oleh tetangga sebelah ditempat tinggalmu ….  

a. menghindar dan acuh tak acuh 

b. membubarkan petunjukan tersebut 

c. menghargai dengan cara dirumah saja 

d. menghargai dan ikut menghadiri 



35. Kasidah merupakan kesenian khas yang bernilai Islami. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri kasidah adalah .… 

a. disajikan dengan posisi berdiri 

b. dinyayikan dengan nada sedih 

c. dinyayikan oleh seorang pria 

d. alat musik yang digunakan tradisional 

36. Pengajian merupakan sarana dakwah yang masih bertahan hingga kini dan mengalami berbagai variasi dan sentuhan inovasi. Di bawah ini adalaha jenis pengajian berdasarkan kuantitas pengunjung .… 

a. pengajian rutin 

b. pengajian kitab kuning 

c. pengajian akbar 

d. pengajian online  

37. Hadrah biasanya disajikan dalam acara pernikahan. Hadrah merupakan perpaduan antara seni .… 

a. tari dan silat 

b. tari dan nyayian 

c. silat dan musik 

d. nyayian dan silat

38. Contoh kesenian dan adat Nusantara yang berkembang di Yogyakarta dan Surakarta pada saat acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW., adalah .…

a. Rokat Tase’

b. Wayang

c. Kosidah

d. Sekaten

39. Budaya makan dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama dalam satu ruangan atau tempat yang telah ditentukan disebut .…

a. Makan Bersama

b. Makan Bajamba / Makan Barapak

c. Balimaukasai

d. Salawat Dulang

40. Antara budaya lokal dan tradisi Islam di Indonesia mempunyai keterkaitan yang erat diantara adalah .…

a. tradisi Islam dan budaya local di nusantara sama-sama mempercayai hal-hal mistis dan takhayul

b. tradisi Islam merupakan peleburan dan penghapusan budaya lokal di Nusantara

c. tradisi Islam nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam adat yang ada di Nusantara

d. tradisi lokal tidak akan pernah ada tanpa adanya tradisi Islam

Untuk sahabat RGI yang membutuhkan Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru! silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Soal PAS SKI Kelas 9 MTs Terbaru!

Terkini

Iklan