Iklan

terkini

Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf

Senin, 24 Oktober 2022, Oktober 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T14:17:34Z

Buku yang disusun oleh penulis  biasanya di susun untuk guru dan siswa. Pada artikel ini akan disajikan Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf. Untuk guru penulis memberikan karakteristik berupa materi, bahan ajar, strategi pembelajaran, refleksi, pengayaan bahkan LKPD pun dilampirkan. 

buku panduan kurikulum merdeka belaja
Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf
Sementara untuk siswa berupa materi dan tugas-tugas yang merangsang siswa lebih kreatif, inovatif dan semangat dalam belajar. Buku Guru Seni Teater untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf merupakan buku yang di buat berdasarkan kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar. 


Dalam prakata Buku Panduan Guru Seni Teater untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf dijelaskan bahwa pendidikan seni memiliki tujuan utama yaitu selain menggali bakat dan minat peserta didik juga dapat membangun karakter dan menggali talenta.


Melalui seni teater siswa mangasah daya pikir, menghidupkan daya kritis, menguatkan empati pada sesama, menumbuhkan sikap toleransi dan gotong royong, mengenali dan mengembangkan potensi diri, dan mengekspresikan emosi melalui tubuh dan jiwanya dalam dimensi ruang dan waktu. Seni teater menjadi ruang kreativitas tanpa batas dalam pengembangan profil pelajar Pancasila.


Maka dari itu dengan disusunnya Buku Panduan Guru Seni Teater untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf yang menitikberatkan pada praktik pementasan, dapat menjadi alternatif sebagai panduan guru dalam memberikan pembelajaran seni teater. 



Selain itu, Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf ini mampu menjadi wadah peserta didik menemukan bakatnya serta yang lebih utama melestarikan budaya bangsa Indonesia.


Adapun materi seni teater kelas 10 kurikulum merdeka dalam buku merdeka belajar pdf sangat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru. 

Pada setiap Unit pembelajaran dari 1-4 diberikan deskripsi, langkah-langkah kegiatan, refleksi guru, penilaian dan pengayaan. 

Buku Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA/SMK pdf ini merupakan edisi cetakan pertama pada tahun 2021 memiliki 264 halaman dan di tulis oleh E. Sumadiningrat dan Sobar Budiman.


Lebih lanjut sahabat RGI dapat melihat isi dari Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf secara sekilas pada point-point di bawah ini:

1. Pendahuluan dari halaman 1-9 meliputi Tujuan Buku Panduan Guru, Implementasi Profil Pelajar Pancasila, Karakteristik Mata Pelajaran Seni Teater di SMA/SMK, Alur Capaian Pembelajaran Fase E, Deskripsi Singkat Mata Pelajaran Seni Teater Kelas 10, Strategi Umum Pembelajaran  dan Implementasi Buku Panduan Guru..

2. Unit 1 Selisik Teater dari halaman 11-72 meliputi deskripsi unit, langkah-langkah pembelajaran yaitu Langkah 1 “Perkembangan Teater”, Langkah 2 “Dramaturgi" dan Langkah 3 “Teater Sebagai Cerminan Masyarakat. Asesmen, Pengayaan, Refleksi Guru, Bahan Bacaan Siswa, Bahan Bacaan Guru dan Daftar Pustaka.

3. Unit  2 Mencipta Lakon, dari halaman 73-119 meliputi deskripsi unit, langkah-langkah pembelajaran yaitu Langkah 1 “Struktur Lakon", Langkah 2 “Jenis Lakon” dan Langkah 3 “Membuat Lakon”Asesmen, Pengayaan, Refleksi Guru, Bahan Bacaan Siswa, Bahan Bacaan Guru dan Daftar Pustaka

4. Unit  3 Persiapan Seorang Aktor, dari halaman 121-182 meliputi deskripsi unit, langkah-langkah pembelajaran yaitu Langkah 1 “Unsur Keaktoran”, Langkah 2 “ Kecerdasan Aktor” dan Langkah 3 “Persiapan Seorang Aktor”Asesmen, Pengayaan, Refleksi Guru, Bahan Bacaan Siswa, Bahan Bacaan Guru dan Daftar Pustaka.

5. Unit  3 Mempersiapkan Pementasan, dari halaman 183-239 meliputi deskripsi unit, langkah-langkah pembelajaran yaitu Langkah 1 “Tata Artistik”,Langkah 2 “Tim Artistik” dan Langkah 3 “Tim Manajemen”Asesmen, Pengayaan, Refleksi Guru, Bahan Bacaan Siswa, Bahan Bacaan Guru dan Daftar Pustaka.


Demikian, Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf. Bagi sahabat RGI yang membutuhkan Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf silahkan unduh disini.


Terima kasih telah berkunjung ke blog rumahguru.info semoga yang sahabat RGI cari ada disini baik administrasi guru RPP SD, RPP SMP, Buku SD, SMP, SMA kurikulum merdeka dan ADM BK (Program, RPL dan Laporan) TK. SMP/Mts dan SMA/MA/SMK.

Semoga sehat selalu.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Panduan Guru Seni Teater Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA/SMK kelas 10 pdf

Terkini

Iklan