Iklan

terkini

Dasar Terjadinya Selisih TUKIN dan TPG Guru

admin RGI
Jumat, 05 Maret 2021, Maret 05, 2021 WIB Last Updated 2021-03-05T16:34:26Z

 www.rumahguru.info hallo sobat RGI, sebagian dari anda mungkin penasaran bagaimana bisa tunjangan kinerja (TUKIN) bisa di bayarkan juga kepada guru PNS di lingkungan KEMENAG, pertanyaan anda pastinya "bukankah para guru tersebut sudah memiliki tunjangan profesi guru?" atau lebih di kenal dengan sertifikasi, nah atas dasar hal tersebut maka di sini saya akan sedikit menggambarakan dasar terjadinya selisih TUKIN dan TPG guru PNS KEMENAG.

Sebagaimana kita ketahui pembayaran TUKIN Guru itu berdasar pada adanya selisih dari Tunjangan Profesi Guru yang para guru ini dapatkan, jika anda masih beranggapan bahwa para guru ini mendapatkan kedua tunjangan tersebut, anggapan itu bisa kita bilang salah. Untuk lebih spesipiknya TUKIN di bayarkan dari selisih TPG guru tersebut.


Lalu yang akan kita garis bawahi di sisni, bagaimana perhitungan TUKIN ini bisa ada selisih dengan TPG, seperti apa perhitungannya?, saya berikan ilustrasi dari aturan yang berlaku sekarang.


Seorang guru yang bergolongan IV/a di bayar Tunjangan Profesi Guru sebesar Rp 3.215.040 (Tiga Juta Dua Ratus Lima Belas Ribu Empat Puluh Rupiah) yang tentunya ini merujuk pada aturan bahwa Tunjangan Profesi Guru di bayarkan dari Gaji Pokok pegawai bersangkutan dan di potong pajak sebesar 15% (untuk gol IV) maka jadilah pembayaran Tunjangan Profesi Guru bergolongan IV tersebut di bayarkan nominal tersebt di atas.


Sedangakan dalam perhitungan Tunjangan Kinerja Guru dengan golongan yang sama itu di bayar sebesar Rp 5.183.000 (Lima Juta Seratus Delapan Puluh Tiga Ribu Rupiah), kenapa bisa begitu?, itu karena dalam perhitungan Tunjangan Kinerja Guru di bayar berdasar kepada peraturan Grade yang dimana dalam aturan tersebut golongan IV guru adalah termasuk pegawai yang masuk Grade 11 dan di bayarkan dengan nominal Tunjangan Kinerja Guru di atas.


Namun pembayaran Tunjangan Kinerja yang di terima guru tersebut, adalah selisih dari Tunjangan Profesi yang mereka dapatkan, yaitu Rp 5.183.000 di kurangi Rp 3.215.040 menjadi Rp 1.967.960 (Satu Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Rupiah) lah, yang di bayarkan kepada guru tersebut sebagai penerima Tunjangan Kinerja nya.


Semoga apa yang saya ulas di atas mengenai Dasar Terjadinya Selisih TUKIN dan TPG Guru bermanfaat serta menambah wawasan anda sobat RGI, terima kasih 


Untuk anda yang juga penasaran dengan Mekanisme Pembayaran TPG baca di sini

Mungkin juga ada yang penasaran tentang Kekurangan dan Kelebihan TUKIN Guru baca di sini


Yang sering di cari 

selisih tukin guru kemenag 2020
excel perhitungan tunjangan kinerja kemenag
grade tukin guru kemenag 2020
juknis tukin guru kemenag 2020
tukin guru 2020
pma tukin kemenag 2020
cara menghitung tukin kemenag
tukin guru non sertifikasi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dasar Terjadinya Selisih TUKIN dan TPG Guru

Terkini

Iklan