Iklan

terkini

TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab)-ADM Guru Lengkap RGI

Minggu, 09 Juli 2023, Juli 09, 2023 WIB Last Updated 2023-07-09T16:21:29Z

Selamat datang di blog rumahguru.info dalam blog ini sahabat RGI dapat mengakses informasi serta mendapatkan file tentang administrasi guru terutama sekarang tentang kurikulum merdeka belajar atau kurikulum merdeka. Untuk itu, admin akan membagikkan kepada sahabat RGI TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab).

TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab)-ADM Guru Lengkap RGI
Paradigma kurikulum merdeka di madrasah ingin menghasilkan lulusan yang siap memerankan diri sesuai zamannya namun tetap religius dan tidak lepas dari akar budaya bangsanya.  Prinsip kurikulum merdeka yaitu sederhana, fokuas pada kompetensi dan karakter semua peserta didik, fleksibel, selaras, bergotong royong, memperhatikkan hasil kajian dan umpan balik. 

TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur tujuan pembelajaran) dan modul ajar kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI yaitu SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), FIKIH, Akidah Akhlak (AA) dan Alquran Hadis (QH) serta mata pelajaran Bahasa Arab dapat sahabat RGI download di bawah ini:

CP, TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah Mata Pelajaran SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab

Baiklah sahabat RGI yang sedang mencari CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) serta contoh modul ajar mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dapat dengan mudah mengaksesnya di blog rumahguru.info ini. 

Namun, sebelum admin memberikan link filenya mari kita bahas tentang maksud dari CP, TP dan ATP serta modul ajar. Keempat istilah ini menjadi tidak asing untuk para guru baik madrasah atau dinas karena pergantian dari kurikulum sebelumnya ke kurikulum baru yang disebut kurikulum merdeka.

Pada kurikulum merdeka istilah  CP (Capaian pembelajaran) dapat diartikan sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai pada setiap fase (A sampai F). CP sudah disediakkan oleh pemerintah sehingga guru hanya harus membuat TP dan ATP saja. 

Dalam perencanaan pembelajaran fase-fase CP dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang lebih fleksibel, yang sesuai dengan kesiapan peserta didik serta pembelajaran yang kolaboratif. Sehingga dapat tercapai setiap fase-fase CP. CP merupakan kompetensi yang ingin dicapai dan ditulis dalam bentuk paragraf yang memadukan antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan dirangkaikan sebagai paragraf, ilmu pengetahuan yang dipelajari peserta didik menjadi suatu rangkaian yang berkaitan. 

Sementara itu, untuk pencapaian karakter dan keterampilan hidup lainnya dinyatakan dalam Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yang merupakan kekhasan madrasah untuk memperkuat penanaman nilai moderasi beragama sebagai hal yang tidak terpisah dari Profil Pelajar
Pancasila.

Sementara TP (Tujuan Pembelajaran) perlu disusun dengan memperhatikkan komponen yang ada di CP seperti kompetensi dan lingkup materi serta dikaitkan dengan konteksnya. Pada TP tidak perlu disusun sedemikian rupa. Hanya saja pada tahap TP ini guru mata pelajaran harus mengembangkan TP untuk dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran. Oleh karena itu, pada satu fase guru harus mengembakan beberapa TP.

Selanjutnya ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dikembangkan setelah TP dibuat. ATP ini hampir sama dengan silabus pada kurikulum sebelumnya. ATP yaitu untuk perencanaan serta pengaturan pembelajaran secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Prinsip yang digunakan yiatu dari konkret ke abstrak, deduktif, mudah kesulit danlain sebagainya.

LINK File CP, TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab

Baiklah admin akan membagikan link file CP, TP  ATP dan modul ajar kurikulum merdeka mapel PAI dan bahasa Arab dibawah ini:

Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) LINK FILE

CP, TP, dan ATP pada modul ini sangat lengkap dari fase B sampai fase F. Berarti dari MI, MTs dan MA/MAK. Untuk itu, sahabat RGI dapat mendonwload pada link file sehingga dapat melihat isi dari modul mata pelajaran SKI ini secara jelas.

Seperti yang telah dijelaskan di atas baik CP yang sudah dibuatkan oleh pemerintah sehingga guru dapat mengembangkan TP yang disesuaikan dengan kompetensi dan lingkup materi mata pelajaran SKI dan setelah itu ATP dimana guru mata pelajaran SKI dapat menyusunnya dari mudah ke sulit dengan melihat kompetensi pada TP dengan menyesuiakan dengan level kognitif Bloom yang sangat familiar untuk kita dan dapat di buat modul ajar mata pelajaran SKI dengan mudah sesuai dengan prinsip yang ada sehingga terbuatlah modul ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Adapun komponen TP pada mata pelajaran SKI ini yaitu terdapat
-Elemen
-CP 
-Lingkup materi 
-TP

Sementara komponen ATP pada mata pelajaran SKI terdiri dari:
-Elemen
-TP
-ATP
-Alokasi Waktu

Sedangkan komponen Modul Ajar pada mata pelajaran SKI terdiri dari:
-Informasi umum seperti identitas penulis modul, kompetensiawal, profil pelajar, sarana dan prasarana, target peserta didik dan model pemebalajran yang digunakkan.
-Komponen inti meliputi Tujuan pembelajaran (TP) yang sudah dikembangkan sebelumnya, Asesmen terbagi dua yaitu asesmen awal dan asesmen akhir, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan sesuai kebutuhan dapat 5-6 pertemuan dan refleksi yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kegiatan refleksi ini penting dilakukkan sebagai bahan perencanaan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
-Lampiran meliputi lembar kerja peserta didik (LKPD), penganyaan dan remedial pada modul ini disediakan contoh LKPD pengayaan dan remedial untuk peserta didik, bahan bacaan pendidik dan peserta didik untuk bahan bacaan dapat disimpan di lampiran atau komponen inti dapat disesuaikan dengan kebutuhan, glosarium dan daftar pustaka

Komponen yang admin bagikan untuk mata pelajaran SKI ini tidak bersifat final namun dapat di modifikasi sesuai kebutuhan dan pengalaman masing-masing guru mapel SKI.

Mata Pelajaran FIKIH (LINK FILE)

Seperti Contoh TP, ATP dan Modul ajar pada mata pelajaran SKI sebenarnya pada mata pelajaran fikih tidak jauh berbeda baik dari komponen serta landasan pengembangan dari CP ke TP kemudian ke ATP dan berakhir menjadi modul ajar FIKIH dari fase A sampai F. 

Dalam hal ini, guru mapel FIKIH diberikan pilihan yaitu  dapat membuat sendiri TP, ATP dan Modul Ajar mata pelajaran FIKIH dengan mengurut pada landasan materi yang telah dikuasai atau memodifikasi TP, ATP dan Modul Ajar mata pelajaran FIKIH yang sudah ada serta dapat pula menggunakan contoh TP, ATP dan Modul Ajar mata pelajaran FIKIH yang sudah ada dengan syarat memahami apa yang harus di capai dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Sebagai tambahan sebagaimana yang kita ketahui dalam Modul Ajar mapel FIKIH ini pendidik harus memahami betul apa yang dimaksud pembelajaran berdeferensiasi. Pembelajaran berdeferensiasi adalah pendekatan yang mempertimbangkan perbedaan individu sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuan belajar peserta didik. Sehingga secara individual peserta didik memiliki pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Contoh pembelajaran berdeferensiasi pada modul mata pelajaran fikih
  • Untuk siswa yang berminat belajar dan mengeksplorasi topik ini lebih jauh, disarankan untuk membaca materi menganalisis tata cara thaharah dari berbagai referensi dan literatur lain yang relevan.
  • Guru dapat menggunakan alternatif metode dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi masing-masing agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.
  • Untuk siswa yang kesulitan belajar topik ini, disarankan untuk belajar kembali tata cara pada pembelajaran di dalam dan atau di luar kelas sesuai kesepataan antara guru dengan siswa. Siswa juga disarankan untuk belajar kepada teman sebaya.

Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fase A Sampai F (LINK FILE)

Pada mata pelajaran akidah akhlak ini admin tidak akan memberikan banyak materi karena hampir sama dengan mata pelajaran lain. Namun, perbedaan hanya pada isi elemen, capaian pembelajaran, pengembangan isi kompetensi dan lingkup materi menjadi tujuan pemebalajran dan menjadi ATP serta modul ajar mata pelajaran akidah akhlak.

Pada Capaian pembelajaran kita telah mengetahui bahwa CP ini kompetensi yang telah dibuat oleh pemerintah. Sementara TP dikembankan dari CP dari kompetensi dan lingkup materi selanjutnya ATP disusun dari ATP selain menambahkna alokasi waktu juga dapat menambahkan komponen kelas dan semester serta komponen lain yang dibutuhkan.

Sementara itu, pada modul ajar akidah akhlak setiap komponennya sama dengan modul ajar mata pelajaran lain. 

Contoh pada Pemahaman Bermakna pada Fase A
  • Membaca basmallah dalam memulai setiap aktivitas akan membawa kebaikan dalam hidup ini. Aktivitas yang kita lakukan pun akan bernilai ibadah karena diawali dengan mengingat nama Allah Swt.
Contoh Pertanyaan Pemantik pada fase A
  • Apa yang kalian baca sebelum bermain?
  • Apa yang kalian lakukan sebelum makan, minum, atau kegiatan lainnya?
  • Sudahkah kalian terbiasa membaca basmallah sebelum melakukan sesuatu?
  • Apa kalian sudah bisa membaca basmallah?
Kedua contoh komponen di atas juga dimiliki oleh komponen modul ajar kurikulum merdeka mata pelajaran lain sehingga hanya perlu penyesuain sesuai dengan materi dan perencaanaan pembelajaran.

Mata Pelajaran Alquran Hadis Fase A Sampai F (LINK FILE)

Pada mata pelajara Alquran hadis modul ini lengkap dan dapat digunakan sesuai kebutuhan baik membuat sendiri, dimodifikasi atau ditiru seluruh isinya.

Mata Pelajaran Bahasa Arab Fase A Sampai F (LINK FILE)

Pada contoh TP, ATP dan modul ajar mata pelajaran bahasa arab kurikulum merdeka pun tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Jika sahabat RGI membutuhkan filenya dapat mengklik link file yang telah disediakkan oleh admin.

Kesimpulan

Contoh TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab)-ADM Guru Lengkap RGI ini sangat bermanfaat sehingga admin jelaskan sesuai dengan pemahaman admin semoga terbantu.

Demikian artikel ini. semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah (SKI, FIKIH, Akidah Akhlak , Alquran Hadis, dan Bahasa Arab)-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan