Iklan

terkini

Pahami CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 11 Juli 2023, Juli 11, 2023 WIB Last Updated 2023-07-11T14:35:10Z

Capaian Pembelajaran PAI kurikulum merdeka sangat dibutuhkan oleh guru Mapel PAI. Karena sekolah atau madrasah dituntut untuk mengimplementasikkan kurikulum merdeka pada satuan pendidikan masing-masing. Untuk itu, setiap guru mata pelajaran harus mengetahui CP-nya sehingga mampu mengembangkan CP tersebut menjadi TP kemudian ATP terakhir perencanaan pembelajaran dan asesmen. Untuk itu, admin akan membagikkan CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F-ADM Guru Lengkap RGI.

Pahami CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F-ADM Guru Lengkap RGI
Beikut penjelasan singkatnya:

CP PAI Kurikulum Merdeka 

Capaian pembelajaran atau sering disingkat CP merupakan kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Fase ini dimulai dari Fase A sampai fase F. Fase berada pada kelas 1-2 SD/MI/Program Paket A, Fase B berada pada kelas 3-4 SD/MI/Program paket A, Fase C berada pada kelas 5-6 SD/MI/Program paket A, Fase D yaitu kelas 7-9 SMP/MTs/Program paket B, Fase E yaitu kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK/Program paket C,  dan Fase F yaitu kelas 11-12 SMA/SMK/MA/MAK/Program paket C. 

Fase-fase ini yang akan dijadikan sebagai patokan oleh guru mata pelajaran PAI kurikulum merdeka dalam membuat TP (Tujuan Pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) selanjutnya dibuat perencanaan pembelajaran dan asesmen.

Pemerintah telah menetapkan CP sebagai kompetensi yang menjadi target yang harus dicapai peserta didik. Walaupun pada pelaksanaannya untuk pendidikan berkebutuhan khusus dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. 

Memahami CP menjadi langkah utama sebelum membuat perencanaan pembelajaran dan sesmen. Jika bapak atau ibu guru dalam mengimpementasikkan kurikulum merdeka tidak memahami betul rasionalisasi, tujuan, karakteristik mata pelajaran, hingga capaian per fase maka akan menghambat dalam pengembangan TP, ATP dan pembuatan perencanaan pembelajaran. Untuk itu, secara perlahan-lahan atau dapat berkomunikasi dengan rekan guru lain dalma memahami CP mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti ini.

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti secara bertahap dan menyeluruh diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki  spiritual, akhlak mulia, dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, konteks Indonesia saat iniberorientasi pada abad 21 yang semakin kompleks, pemahaman yang mendalam tentang agama Islam sangat dibutuhkan, terutama dalam hal menghormati dan menghargai perbedaan. Pelajaran agama Islam tidak hanya membahas hubungan manusia dengan Allah juga hubungan dengan diri sendiri, sesama manusia  dan alam semesta.

Maka dari itu, dibutuhkan pendekatan yang bervariasi dalam proses belajar agama Islam. Guru PAI dan Budi Pekerti tidak hanya melakukan proses belajar berupa ceramah saja, namun juga proses belajar diskusi-interaktif, bisa juga proses belajar yang bertumpu pada keingintahuan dan penemuan (inquiry and discovery learning), bisa juga proses belajar yang berpusat pada anak (student-centered learning),  atau proses belajar yang fokus pada pemecahan masalah (problem based learning), pembelajaran dengan memberikan proyek nyata dalam kehidupan (project based learning), dan proses belajar yang berbasis kerjasama  (collaborative learning). Berbagai pendekatan ini memberi ruang bagi tumbuhnya keterampilan  seperti berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi, dan  kreatif.

Elemen CP PAI dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka

Dalam CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F sudah dijelaskan secara rinci hanya saja admin ingin mengulas secara singkat apa saja elemen yang ada pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kurikulum Merdeka. Adapaun elemen CP PAI dan Budi Pekerti kurikulum merdeka adalah sebagai berikut:

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup elemen keilmuan yang meliputi
  1. Al-Qur’an-Hadis,
  2. Akidah, 
  3. Akhlak, 
  4. Fikih, dan 
  5. Sejarah Peradaban Islam.
Setiap elemen keilmuan ini dapat digunakan untuk disampaikan kepada peserta didik. Untuk itu, Capaian pembelajaran atau CP dapat menyampaikannya baik merangkum keseluruhan elemen pada setiap fase atau merinci capaian untuk setiap elemen pada setiap fase. Pilihannya ada pada guru mapel PAI dan budi pekerti.  

Dalam CP PAI Kurikulum Merdeka ini terdat elemen dan deskrpisinya langsung sehingga guru mapel PAI dan budi pekerti hanya perlu cermat saja dalam memahami nya. Selain itu, disediakan CP per Fase jadi setiap fase tidak usah mencari pada sumber lain.

Deskripsi pada elemen sangat mudah dipahami dan dicerna karena memang berhubungan dengan mata pelajaran yang akan diampu seperti elemen Al-Qur’an dan Hadis yaitu menekankan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an dan hadis dengan baik dan benar dan lain sebagainya. Ini menjadi mudah dipahami karena memang dari dulu isi materinya itu hanya saja ada proses yang berbeda dalam peengembangannya.

Dalam CP PAI Kurikulum merdeka terdapat deskripsi lengkapnya sehingga sahabat RGI dapat membaca dengan lebih detail di pdf yang akan admin bagikan di bawah ini.

LINK CP PAI dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka

Seperti yang perlu diingat oleh saabat RGI bahwa CP ini dibuat oleh pemerintah dan tidak boleh dimodifikasi atau dirubah sedikitpun. Untuk itu, guru mapel PAI dan budi pekerti hanya harus memahaminya kemduian mengembangkannya dari CP ke TP dan menajdi ATP selanjutnya dibuat perencanaan pemebalajran dan asesmen.

Karena CP ini sangat penting perananya dan merupakan langkah awal. Maka diharapkan dapat dipahami secara maksimal dan dalam penegmbangannya.

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F UNDUH DISINI

Kesimpulan
CP PAI dan bdui pekerti kurikulum merdeka sangat dibutuhkan karena implementasi kurikulum ini menuntut guru mapel dapat menguasai apa itu CP dan apa saja yang ada dalam CP tersebut. Untuk itu, tetap semangat dan selalu sehat.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pahami CP PAI Kurikulum Merdeka PDF (Pendidikan Agama Islam ) dan Budi Pekerti Fase A-Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan