Iklan

terkini

CP dan ATP Kurikulum Merdeka dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase C-ADM Guru Lengkap RGI

Minggu, 16 Juli 2023, Juli 16, 2023 WIB Last Updated 2023-07-17T07:45:41Z

Capaian pembelajaran atau sering singkat CP, kemudian tujuan pemelajaran yang sering disingkat TP, selanjutnya Alur Tujuan Pembelajaran yang sering disingkat ATP, terakhir perencanaan pembelajaran dan asesmen atau yang sering disebut modul ajar mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka. Dalam artikel admin akan membagikan  contoh CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase C-ADM Guru Lengkap RGI ditambah dengan modul ajar mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka.

CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase C-ADM Guru Lengkap RGI
Pada mata pelajaran IPAS kita pahami betul IPAS adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dan merupkan perpaduan dari mata pelajaran IPA dan IPS. Kemudian mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka ini hanya untuk Fase A, Fase B dan Fase C.

CP, TP, ATP dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka

CP adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fasenya. CP dikembangkan menjadi TP dengan melihat komponen CP yaitu kompetensi, Konten atau Materi dan Variasi. Setelah itu, TP diurutkan di ATP dengan melihat dengan berbagai cara ada yang mengunakan cara mudah ke sulit, induktif dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan guru mata pelajaran IPAS.

Dalam artikel ini ibu/bapak guru pengampu mata pelajaran IPAS dapat memiliki contoh ATP IPAS dari berbagai fase seperti atp ipas fase a kelas 1 dan 2, atp ipas fase b kelas 3 dan 4  dan atp ipas fase c kelas 5 dan 6. Selain itu, dapat pula mendownload contoh cp, tp dan atp kurikulum merdeka mata pelajaran IPAS. Seperti yang admin ketahui bahwa perubahan pada kurikulum ini juga membutuhkan penyesuaian untuk seluruh guru di Indonesia salah satunya guru mata pelaajran IPAS. Sebelum mencari ATP kemungkinan guru IPAS mencari tahu dulu tentang cp ipas fase a, cp ipas fase b dan cp ipas fase c.

Karena, seperti yang admin jelaskan di atas bahwa dalam pengembangannya sebelum menjadi ATP sebelumnya guru mapel IPAS harus mengetahui dulu CP dengan baik dan benar baik itu dengan berkolaborasi dengan guru kelas lain atau hasil seminar dan lain sebagainya.

Setelah guru mapel IPAS membuat CP, TP dan ATP pada akhirnya harus membuat perencanaan pembelajaran yang tertuang pada modul ajar IPAS kurikulum merdeka  baik itu modul ajar IPAS fase a semester 1 dan 2, modul ajar IPAS fase b semester 1 dan 2 dan modul ajar fase c semester 1 dan 2. 

Mata pelajaran IPAS membantu peserta didik untuk menumbuhkan keingintahuannya terhadap kejadian yang terjadi disekitarnya. Dalam modul CP mata pelajaran IPAS dijelaskan bahwa fokus utama yang ingin dicapai dalam mata pelajaran IPAS ini yaitu bukan seberap banyak konten yang diserap oleh peserta didik tapi seberapa besar kompetensi yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki.

Mata peajaran IPAS lahir dari fenomena alam dan sosial yang tidak dielesaikan dari sudut pandang salah satunya saja. Jadi, harus dari berbagai disiplin ilmu sehingga harus dipandang secara holistik atau terpadu antara ilmu alam dan ilmu sosial. Untuk itu, peserta didik dapat diberikan pemahaman terkait perpaduan Ilmu Pengetahun Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk dimanfaatkan kedua disiplin ilmu tersebut secara bersamaan. 

Dalam pembelajaran IPAS terdapat 2 (dua) elemen yaitu
  1. Pemahaman IPAS (sains dan sosial)
  2. keterampilan Proses
Kedua elemen tersebut memiliki deskripsi sesuai dengan kompetensi yang perlu dicapai oleh peserta didik secara umum. Dalam hal ini, guru mata pelajaran IPAS dapat memanfaatkannya dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 

Kurikulum merdeka menjadi penting dijadikan acuan selain mensukseskan program pemerintah ternyata kurikulum merdeka merupakan kurikulum penyempurna kurikulum sebelumnya. Kita sebagai guru mata pelajaran IPAS dapat memaknai perubahan, menghadapi dan menjalaninya dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mencerdasakan generasi penerus sesuai dengan zamannya. Dalam hal ini kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mengikuti zaman sesuai dengan abad 21.

Link File CP, TP, ATP dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka

Dalam CP, TP, ATP dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka ini File yang dapat sahabat RGI dapatkan yaitu :
CP Mata Pelajaran IPAS Fase A, Fase B dan Fase C-FILE
Pada modul CP Mata Pelajaran IPAS Fase A, Fase B dan Fase C ini sahabat RGI dapat mengetahui dan memahami rasionalisasi mata pelajaran IPAS, karakteristik, tujuan serta CP per fase dari mata pelajaran IPAS.
ATP Mata Pelajaran IPAS Fase A-FILE
ATP Mata Pelajaran IPAS Fase B -FILE
ATP Mata Pelajaran IPAS Fase C -FILE
Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS- FILE

Berikut file download  CP, TP, ATP dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka untuk sahabat RGI.

Kesimpulan

Dalam kurikulum merdeka istilah CP dan ATP Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase C-ADM Guru Lengkap RGI menjadi perlu dipahami dan cermati secara seksama. Apalagi sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai untuk sekolah percontohan pada keals tertentu akan mengimplementasikan kurikulum merdeka ini.

Demikian artikel ini. semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CP dan ATP Kurikulum Merdeka dan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase C-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan