Iklan

terkini

RPL Merdeka Belajar BK SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI

Kamis, 09 Februari 2023, Februari 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T14:31:05Z

Contoh rpl bk kurikulum merdeka sedang dibutuhkan oleh sahabat RGI. Untuk itu, admin akan membagikan RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI.

rpl bk merdeka belajar smk rpl bk merdeka belajar sma
RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI
RPL BK merdeka belajar merupakan kurikulum yang sedang dipersiapkan karena akan dipergunakan oleh guru-guru di Indonesia. Dalam komponen RPL BK kurikulum merdeka memiliki perbedaan degan kurikulum 13.


Perbedaan yang mencolok adalah adanya tahap deferensiasi yaitu untuk memberikan perlakuan terhadap peserta didik. Selain itu, capaian pembelajaran atau dalam bimbingan dan konseling sering disebut capaian layanan dibutuhkan dalam kurikulum merdeka.


Materi BK kelas 12 SMA/SMK/MA menjadi penting disampaikan untuk peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling sebagai layanan serta bimbingan untuk mencapai pribadi, sosial, belajar dan karir.

Komponen RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi

Adapun komponen yang menyusun RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi ini adalah
  1. KOP RPL BK Kurikulum merdeka
  2. Judul Materi bimbingan dan klasik yaitu Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi
  3. Kelas/semester yaitu kelas 12 semester 1
  4. Topik/tema yaitu memanfaatkan teknologi informasi untuk meraih prestasi
  5. Aspek perkembangan yaitu kematangan intelektual
  6. Bidang layanan yaitu karir
  7. Capaian layanan termasuk ke dalam mengembangkan ragam alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah secara objektif menggunakan konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar beserta konsekuensinya.
  8. Alokasi waktu yaitu 2 X 40 menit
  9. Fase F untuk kelas 12 SMA/MA/SMK
  10. Langkah-langkah kegiatan yaitu tahap awal, tahap proses dan tahap penutup.
  11. Penilaian yaitu hasil dan proses

Demikian komponen RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi. Mudah-mudahan sesuai dengan yang dibutuhkan sahabat RGI.


Materi Singkat Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi

Konsep tentang Teknologi menjadi penting untuk dibahas karena setiap menit peserta didik khususnya berhubungan dengan teknologi informasi ini. Namun, dalam penggunaannya peserta didik kadang memilih konten yang ada di internet tidak pada yang seharusnya.

Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dalam teknologi informasi ini salah satunya adalah untuk meraih prestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. Konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar adalah kewargaan digital.

Adapun, orang yang memanfaatkan teknologi informasi termasuk internet untuk membangun komunitas atau berkreasi disebut warga digital. Peserta didik adalah warga digital yang sedang aktif-aktifnya menggunakan media ini.


Dalam pembelajaran sebenarnya sudah digunakan sering disebut dengan metode pembelajaran futuristik. Metode pembelajaran futuristik ini bisa berupa e-learning ataupun blended learning. Peserta didik dapat mengakses materi dimana saja dan kapan saja.


Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi profesional. Dimana kompetensi profesional ini bisa digunakan guru untuk peserta didik dalam pembelajaran dan oleh peserta didik dalam meraih prestasi.


Dengan rajin belajar untuk meraih prestasi adalah wujud penerapan sikap semangat dan komitmen pendiri negara dalam merumuskan pancasila dalam kehidupan dilingkungan pendidikan. Adapun manfaat Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi yaitu

  • Memberikan pemahaman materi pembelajaran dengan Akses internet yang mudah sangat membantu peserta didik dalam mencari bahan materi pembelajaran. 
  • Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau objek yang abstrak dengan menggunakan video
  • Membantu pengajar mempermudah penjelasan materi kepada peserta didik dengan membuat bahan ajar yang sesuai dengan materi yang disampaikan.
  • Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali supaya lebih mudah dalam menghapal dan memahami materi yang terlupakan.


Link Unduh RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan RPL Merdeka Belajar BK  SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI silahkan unduh disini.

Demikian artikel ini admin buat. Terima kasih.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL Merdeka Belajar BK SMA/SMK/MA Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Meraih Prestasi-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan