Iklan

terkini

Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap

Jumat, 27 Januari 2023, Januari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-01-27T13:21:24Z

RPL adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Layanan. Adapun RPL yang  akan segera digunakan adalah RPL BK merdeka belajar . Untuk itu, admin akan membagikan artikel tentang  Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap.

rpl pilihan karir sesuai tipe kepribadian rpl bk merdeka belajar sma rpl bk merdeka belajar smk
Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap
Seperti yang kita ketahui bahwa hari ini adalah sosialisasi penerapan kurikulum merdeka dilingkungan sekolah baik SD/MI, SMP/MTs, ataupun SMA/MA/SMK. Pada saat ini penerapan kurikulum merdeka atau merdeka belajar menjadi pengganti kurikulum 13.


Untuk selanjutnya dalam bimbingan dan konseling tentunya melakukan perubahan baik dari segi administrasi dan tujuan layanan karena harus sesuai dengan kurikulum merdeka salah satunya yaitu RPL BK kurikulum merdeka.


Baiklah pada artikel ini admin akan membahas 3 poin yaitu sebagai berikut:

  1. Komponen RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian
  2. Materi singkat Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian
  3. Link unduh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian
Selanjutnya akan admin bahas ke 3 poin di atas satu pesatu di bawah ini

Komponen RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian

Komponen yang menyusun RPL BK kurikulum merdeka adalah sebagai berikut:
  • KOP RPL BK Kurikulum Merdeka 
  • Judul RPL BK inspiratif Kurikulum merdeka
  • Kelas/semester yaitu untuk kelas 11 semester 2
  • Topik/tema yaitu Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian
  • Bidang layanan yaitu karir
  • Alokasi waktu yaitu 2 X 40 menit
  • Aspek perkembangan termasuk dalam Wawasan Kesiapan Karir
  • Capaian layanan termasuk dalam menentukan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, nilai-nilai, persyaratan, peluang dan ragam pendidikan lanjutan.
  • Fase F untuk kelas 11 dan 12
  • Materi layanan yaitu Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian
  • Langkah-langkah layanan yaitu tahap awal, tahap proses dan tahap penutup.  Adapun metode layanan yang digunakan adalah Student Team Achievement Divisions (STAD). STAD yaitu salah satu metode pembelajaran kooperatif yang sering digunakan karena paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam tim yang beranggotakan empat orang campuran. Kemudian guru menyajikan pelajaran setelah itu siswa berdiskusi dalam tim sehingga semua anggota memahami seluruh materi yang disampaikan. Selanjutnya, siswa diberikan kuis tentang materi tersebut tanpa saling membantu
  • Penilaian yaitu penilaian hasil dan proses

Berikut komponen yang menyusun Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap.

Materi singkat Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian

Kepribadian bersikap unik artinya bahwa dua orang tidak mungkin memiliki kepribadian yang sama, oleh karena itu, tidak ada dua orang yang memiliki perilaku sama. 


Adapun Gordon Allport mendefinisikan kepribadian yaitu sebagai suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik (jiwa dan raga manusia ) individu yang menentukan tingkah laku dan pikiran individu secara khas (bahwa setiap individu memiliki kepribadiannya sendiri). 


Pilihan karir sesuai tipe kepribadian ini menggunakan teori Holland dengan 6 teori kepribadian yang mempengaruhi pola karir yang dipilih seseorang yaitu sebagai berikut:


Realitis, tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan kerja yang berorientasi kepada penerapan. Contoh  operator mesin/radio, sopir truk, petani, penerbang, pengawas bangunan, ahli listrik, dan pekerjaan lain yang sejenis.

Intelektual, tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang bersifat akademik. Contoh ahli fisika, ahli biologi, kimia, antropologi, matematika, pekerjaan penelitian, dan pekerjaan lain yang sejenis.

Sosial, tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Contoh guru, pekerja sosial, konselor, misionari, psikolog klinik, terapis, dan pekerjaan lain yang sejenis.


Konvensional, tipe model ini pada umumnya  memiliki kecenderungan terhadap kegiatan verbal, ia menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaaan, memberi nilai yang tinggi terhadap status dan kenyataan materi, mencapai tujuan dengan mengadaptasikan dirinya ketergantungan pada atasan. Contoh pekerjaan orang dengan model orientasi ini adalah, kasir, statistika, pemegang buku, pegawai arsip, pegawai bank, dan pekerjaan lain yang sejenis.

Usaha, tipe model ini memiliki cirri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara dalam situasi dimana ada kesempatan untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan. Contoh pedagang, politikus, manajer pimpinan eksekutif perusahaan, perwakilan dagang, dan pekerjaan lain yang sejenis.

Artistik, tipe model orientasi ini memiliki kecenderungan berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, bersifat sosial dan sukar menyesuaikan diri. Contoh ahli musik, ahli kartum ahli drama, pencipta lagu, penyair, dan pekerjaan lain yang sejenis.


Berikut materi singkat Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap.

Link unduh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap silahkan unduh disini.

Dari artikel ini yang dapat admin simpulkan yaitu Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap ini memiliki komponen yang berbeda dengan kurikulum 13 serta dibutuhkan PD yang masih bingung dalam memiliki karirinya.

Demikian artikel ini. Terima kasih.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terbaru Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Tema Pilihan Karir Sesuai Tipe Kepribadian-ADM Guru RGI Lengkap

Terkini

Iklan