Iklan

terkini

Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI

Sabtu, 28 Januari 2023, Januari 28, 2023 WIB Last Updated 2023-01-28T15:18:20Z
Layanan Bidang Karir merupakan salah satu dari empat bidang layanan yang harus diberikan kepada peserta didik. Untuk itu, admin akan membagikan Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI.
,rpl bk smk kurikulum merdeka
Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI
Seperti yang kita ketahui bahwa bimbingan dan konseling memiliki empat bidang layanan yaitu bidang pribadi, bidang belajar, bidang sosial dan bidang karir. Keempat bidang layanan ini disampaikan selama satu semester sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


RPL BK merdeka belajar dibutuhkan sahabat RGI karena sudah waktunya menggunakan kurikulum merdeka. 

Dalam artikel ini admin akan membahas tiga poin yaitu 
  1. Komponen Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI
  2. Materi Singkat Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup
  3. Link unduh Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI
Berikut admin bahas satu persatu ke tiga poin di atas

Komponen Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI

Adapun komponen yang menyusun RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup adalah sebagai berikut:
  • KOP RPL Merdeka Belajar
  • Judul RPL  Inspiratif Bimbingan dan Klasik
  • Kelas atau semester yaitu kelas 11 semester genap (2)
  • Topik/tema yaitu Profesi pekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup
  • Bidang layanan yaitu karir. Yaitu proses pemberian bantuan oleh guru BK kepada PD untuk mengalami pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir sepanjang rentang hidupnya secara rasional dan realistis berdasar informasi potensi diri dan kesempatan yang tersedia di lingkungan hidupnya sehingga mencapai kesuksesan dalam kehidupannya. 
  • Waktu layanan yaitu 2 X 40 menit
  • Aspek perkembangan termasuk ke dalam Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
  • Capaian layanan termasuk ke dalam Mengembangkan kemampuan kerjasama yang harmonis dengan teman sebaya antarbudaya tanpa stereotip dan prasangka.
  • Fase F 
  • Langkah-langkah kegiatan yaitu tahap awal, tahap proses dan tahap penutup
  • Penilaian yaitu penilaian hasil dan proses

Berikut komponen RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup.

Materi Singkat Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup

Pekerjaan atau mata pencaharian seseorang disebut dengan istilah profesi. Pekerjaan yang dibutuhkan saat ini adalah yang dapat menghasilkan uang untuk perubahan sosial yang terjadi secara bertahap dalam waktu relatif lama.


Dalam pekerjaan kita perlu juga memiliki tujuan peningkatan profesionalisme berkelanjutan. Tujuan tersebut untuk meningkatkan taraf hidup. Ternyata, dampak positif globalisasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sangat signifikan karena meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan.


Profesi pekerjaan memiliki hubungan dengan cita-cita seseorang. Setiap orang memiliki cita-cita yang berbeda tergantung kita menyikapinya dengan mencari informasi kelebihan dari setiap cita-cita yang sesuai dengan profesi pekerjaan.

Untuk mendapat hasil dari setiap profesi pekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup kita bisa mengambil tiga jenis usaha yaitu
  • Bekerja mandiri yaitu dengan menjual jasa pada orang lain dan dari jasa tersebut memperoleh hasil (uang atau dalam bentuk yang lain yang menguntungkan) contohnya tambal ban di pinggir jalan, pemilik toko kelontong, hingga dokter, atau pengacara yang buka praktek sendiri dan lain sebagainya.
  • Membuka usaha atau dengan menggaji orang lain 
  • Investasi atau menanam modal

Ketiga usaha tersebut dapat dilakukan untuk dijadikan profesi pekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup. Tinggal pintarnya peserta didik memilih profesi pekerjaan yang sesuai dengan mereka.

Selanjutnya, teori yang muncul  The Cash Flow Quadrant R.T. Kiyosaki yang menggambarkan empat kelompok manusia yaitu  E singkatan dari Employee (pekerja/ karyawan), S singkatan dari Self Employee (Pekerja Mandiri), B singkatan dari Bussiness Owner (Pengusaha) dan I singkatan dari Investor (Penanam Modal). 


Setelah diperhatikan ternyata teori ini hampir sama dengan penjelasan admin di atas untuk itu peserta didik harus siap dalam memilih kelompok manusia mana yang sesuai atau cocok dengan peserta didik.

Tentunya guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan pemahaman yang layak dan membantu peserta didik dalam bidang layanan karir ini.

Link unduh Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka  Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI silahkan unduh disini.

Terima kasih pada sahabat RGI yang selalu mencari artikel di www.rumahguru.info semoga artikel ini membantu. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh RPL Bidang Karir: RPL BK Kurikulum Merdeka Profesi Pekerjaan dalam Meningkatkan Taraf Hidup-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan