Iklan

terkini

RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka

Sabtu, 21 Januari 2023, Januari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T13:43:02Z
Pada artikel ini admin akan membagikan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) dengan tema yang disesuaikan dengan aspek perkembangan (SKKPD) dan capaian layanan pada fase F (untuk kelas 11 dan 12). Adapun tema yang disampaikan adalah Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar. 
rpl bk merdeka belajar smk rpl bk merdeka belajar sma rpl bk kelas 11 semester 1
RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka
RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar mengunakan kurikulum merdeka. Kuirkulum merdeka admin gunakan karena sudah menjadi kebutuhan administrasi bagi guru bimbingan dan konseling.


RPL ini memiliki komponen yang lengkap dengan disertai metode dan model layanan. Selain itu, materi tentang tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar ini berhubungan dengan teori dari howard gadrner dengan 9 jenis kecerdasan pada manusia.


Lebih jelasnya akan admin bagikan dengan tiga poin di bawah ini:
  1. Komponen RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka
  2. Materi singkat Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar 
  3. Link unduh RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka
Baiklah admin bahas satu persatu ketiga poin di atas

Komponen RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka

Adapun komponen RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka yiatu:
  • Kop RPL
  • Judul atau tema RPL
  • Kelas atau semester yaitu kelas 11 dan semester 1
  • Topik atau tema yaitu Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar
  • Bidang layanan yaitu belajar
  • waktu layanan yaitu 2 x 40 menit
  • Aspek perkembangan (SKKPD) yaitu termasuk ke dalam kematangan intelektual
  • Capaian layanan yaitu termasuk ke dalam Mengembangkan ragam alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah secara objektif menggunakan konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar beserta konsekuensinya.
  • Fase F karena untuk kelas 11 dan 12
  • Langkah-langkah layanan yaitu tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. Setiap tahap dirincikan dengan jelas sehingga guru bimbingan dan konseling tinggal mengikuti tahap demi tahap pada RPL ini. Selain itu, dilengkapi dengan metode dan model layanan yang tepat.
  • Penilaian yaitu penilaian hasil dan penilaian proses
Komponen ini disesuaikan dengan RPL kurikulum merdeka karena sekarang sedang mengusung pengaplikasian kurikulum merdeka.

Materi singkat Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar

Seperti yang admin sebutkan di atas materi yang digunakan pada layanan bimbingan klasikal ini  yaitu 9 jenis kecerdasan manusia dari howard gadrner. Mungkin bagi guru bimbingan dan konseling sudah tidak asing lagi karena telah menerapkannya pada peserta didik.


Guru bimbingan dan konseling melihat peserta didik sebagai suatu kesatuan yang utuh termasuk kecerdasan ini. Guru BK pasti dapat memahami bahwa satu peserta didik dengan peserta didik lain memiliki kecerdasan yang khusus mereka miliki.

Adapun dilansir dari detik.com 9 jenis kecerdasan manusia adalah sebagai berikut:
Kecerdasan Verbal-Linguistik berkaitan erat dengan kata-kata, baik lisan maupun tertulis berserta dengan aturan-aturannya. Orang dengan kecerdasan verbal-linguistik memiliki kecakapan verbal yang berkembang dengan baik dan punya sensitivitas yang baik terhadap suara, makna, dan ritme kata-kata.

Kecerdasan logika-matematika berkaitan dengan kemampuan mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika. 

Kecerdasan visual-spasial  berkaitan dengan kemampuan menangkap warna, arah, dan ruang secara akurat serta mengubah penangkapannya ke dalam bentuk lain seperti dekorasi, arsitektur, lukisan, dan patung. Orang dengan kecerdasan spasial-visual punya kemapuan untuk berpikir dalam rupa gambar dan foto, untuk memvisualisasikan pikirannya secara abstrak dan akurat.

Kecerdasan gerak-kinestetik berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan mempergunakan tangan untuk mencipta atau mengubah sesuatu. Orang dengan kecerdasan gerak-kinestetik mampu mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan baik, misalnya pemain bola mengendalikan bolanya.

Kecerdasan musikal berkaitan dengan kemampuan menangkap bunyi-bunyian, membedakan, menggubah, dan mengekspresikan diri melalui bunyi-bunyi atau suara-suara yang bernada dan berirama.orang dengan kecerdasan musikal mampu memproduksi dan mengapresiasi ritme, pitch, dan timbre.

Kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan aspek internal diri seseorang, seperti perasaan hidup, rentang emosi, kemampuan membedakan ragam emosi, menandainya, dan menggunakannya untuk memahami dan membimbing tingkah laku sendiri. Orang dengan kecerdasan interpersonal mampu mendeteksi dan merespons sebuah suasana hati (mood), motivasi, dan keinginan seseorang.

Kecerdasan interpersonal melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain, berempati, mengorganisasi kelompok, berteman, dan bersosialisasi. Orang dengan kecerdasan interpersonal punya self-awareness dan mendengarkan inner feeling, nilai diri, keyakinan, dan proses berpikir.

Kecerdasan naturalis berkaitan dengan kemahiran dalam mengenali dan mengklasifikasikan flora dan fauna, serta hal-hal di alam, serta peka terhadap alam dan lingkungan.

Kecerdasan eksistensial berkaitan dengan kemampuan seseorang menempatkan diri dalam lingkup kosmos, memaknai hidup, memaknai kematian, memahami nasib dunia jasmani dan kejiwaan, dan memaknai pengalaman mendalam seperti cinta atau kesenian. 

Link unduh RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka

Bagi sahabat RGI yang membutuhkan RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.


RPL ini sangat penting direalisasikan layanannya supaya peserta didik mengetahui bahwa kecerdasan bukan seorang yang pintar matematika tapi masih banyak kecerdasan yang belum mereka ketahui dan ada pada diri mereka.

Sekian. Terima kasih.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL Kelas 11 Tema Macam-macam Kecerdasan dalam Belajar-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan