Iklan

terkini

RPL BK Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka

Senin, 02 Januari 2023, Januari 02, 2023 WIB Last Updated 2023-01-02T04:31:00Z

RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) Bimbingan klasikal dalam bidang layanan karier ini penting disampaikan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi masa depannya di era society 5.0 ini. Untuk itu, admin akan membagikan RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka.

rpl wawasan dan kesiapan karir contoh wawasan dan kesiapan karir
RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka
Wawasan Kesiapan Karir adalah aspek perkembangan (SKKPD)) untuk kelas 10 SMA/MA/SMK. Selain aspek perkembangan juga ada tugas perkembangan yaitu Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, nilai-nilai, persyaratan, peluang dan ragam pendidikan lanjutan.


Dari aspek perkembangan (SKKPD) dan tugas perkembangan ini dibuat topik/tema atau materi yaitu Kiat di terima bekerja di perusahaan yang sesuai dengan program  keahlian. 


Kemudian kurikulum yang digunakan dalam RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka yaitu kurikulum merdeka atau sering disebut juga merdeka belajar. Karena tahun ini akan ada pergantian untuk kelas 10 dalam kurikulum yaitu menggunakan kurikulum merdeka.


Materi Kiat di terima bekerja di perusahaan yang sesuai dengan program  keahlian ini akan admin sajikan sedikit sebagai berikut:

Materi ini berkaitan dengan istilah profesi, apa itu profesi? seperti yang kita ketahui bahwa profesi yaitu pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Contohnya dokter, pemain sepak bola, guru dan lain sebagainya. 


Setiap profesi ini dilakukan oleh seorang yang profesional atau memiliki lisensi dalam bidang tertentu. Banyak bidang dalam profesi ini misal bidang jasa, militer dan lain sebagainya.  Dengan mengetahui setiap bidang profesi ini peserta didik dapat menentukkan profesi mana sesuai dengan keahlian dan minat nya.


Adapun komponen RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka dapat admin rinci sebagai berikut:

  1. KOP RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka
  2. Identitas RPL yaitu kelas/semester, topik/tema, aspek perkembangan (SKKPD), tugas perkembangan, bidang layanan, alokasi waktu dan materi layanan.
  3. Langkah-langkah kegiatan meliputi tahap awal, tahap proses dan tahap penutup.
  4. Penilaian yaitu penilaian hasil dan proses.

Demikian penjelasan materi dan komponen RPL BK  Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka ini admin berikan. Bagi sahabat RGI yang membutuhkan nya silahkan unduh disini.

Dari artikel ini kita dapat menyimpulkan bahwa wawasan kesiapan karir ini penting disampaikan karena termasuk dalam aspek dan tugas perkembangan layanan BK kelas 10. Selain itu, tema ini penting sebagai bekal peserta didik dalam mengetahui secara jelas yang disebut profesi dan  memilih bidang profesi yang tepat sesuai minat dan keahlian masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK Kelas 10 Tema Wawasan Kesiapan Karir-Kurikulum Merdeka

Terkini

Topik Populer

Iklan