Iklan

terkini

RPL dan Materi Bimbingan Kelompok Tentang Belajar Kelompok Yang Efektif - Bimbingan dan Konseling

Minggu, 21 November 2021, November 21, 2021 WIB Last Updated 2021-11-26T12:56:30Z

Hallo sahabat RGI, Proses konseling terdiri dari tahap awal (introduction, invitation and environmental support), tahap pertengahan (action), dan tahap akhir (termination)  --canvanagh (1982)--

RPL dan Materi Bimbingan Kelompok

Pada artikel ini akan dibahas tentang Bimbingan Kelompok tentang belajar kelompok with my friends. Bimbingan kelompok dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan siswa. isi kegaitan bimbingan kelompok terdiri atas penyampaian informasi yang berkenaan dengan masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi dan masalah sosial yang tidak disajikan dalam bentuk pelajaran.

Pada Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan Kelompok tentang belajar kelompok with my friends berkenaan dengan masalah pendidikan atau layanan dasar belajar. Kegiatan ini biasanya dipimpin oleh seorang konselor atau guru.

Bimbingan Kelompk banyak menggunakan alat-alat pembelajaran seperti cerita, boneka, film dan lain-lain. Kadang dalam pelaksanaannya guru BK mendatangkan ahli tertentu untuk memberikan informasi tentang masalah atau kesulitan yang di hadapai konslei. Kegiatan bimbingan kelompok pada umumnya menggunakan prinsip dan proses dinamika kelompok seperti dalam kegiatan sosiodrama, diskusi panel dan teknik lainnya yang berkaitan dengan kegaitan kelompok.

Penyelengaraan bimbingan kelompok memerlukan persiapan dan praktik pelaksanaan kegiatan yang memadai, dari langkah awal sampai dengan evalausi dan tindak lanjut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Langkah Awal

    Pada tahap ini guru BK mengumpulkan para peserta yang siap melaksanakan kegiatan kelompok. pada tahap ini pula guru BK menjelaskan tentang adanya layanan bimbingan kelompok bagi para konseli, pengertian, tujuan dan kegunaan bimbingan kelompok. Selanjutnya merencanakan waktu dan tempat.

2. Perencanaan Kegiatan

  • Materi layanan
  • tujuan yang ingin dicapai
  • Bahan atau sumber bahan untuk bimbingan kelompok
  • Rencana Penilaian
  • waktu dan tempa
3. Pelaksanaan Kegiatan
a. Persiapan menyeluruh yang meliputi persiapan fisik (tempat dan kelengkapannya), persiapan bahan, persiapan keterampilan dan persiapan adminsitrasi
b. Pelaksanaan tahap-tahap kegiatan (tahap pembentukan, tahap peralihan, kegiatan)
  •       Tahap pembentukan (pengenalan, pelibatan dan pemasukan diri. Meliputi kegaitan: mengungkapkan pengertian dan tujuan bimbingan kelompok, menjelaskan asas-asas dan cara bimbingan kelompok, saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri, teknik khusu, permaianan penggangat (ice breaking)
  • Tahap kedua: Peralihan. Meliputi menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya, menawarkan atau mengamati para anggota sudah siap menajalnai kegaitan pada tahap selanjutnya, membahas suasana yang terjadi dll
  • Tahap ketiga: Kegaitan. meliputi pemimpin kelompok mengemukakansuatu masalah atau topik, tanya jawab, anggota membahas topik tersebut secara tuntas dan kegiatan selingan.
4. Evaluasi kegiatan 
    Penilaian terhadap bimbingan kelompok dapat dilakukan secara tertulis para peserta diminta mengungkapkan perasaannya, pendapatnya, harapannya, minat dan sikapnya terhadap berbagai hal, baik yang dilakukan selama kegaitan atau kegaitan selanjutnya. 
Para peserta diminta untuk mengemukakan baik secara lisan atau tertulis tentang hal-hal yang paling berharga dan atau kurang mereka senangi selama kegaitan bimbingan kelmpok.
    Orientasi dari penialian  kegaitan ini yaitu mengenali kemajuan atau perkembagan positif yang terjadi pada diri peserta. 
5. Analisis dan Tindak lanjut 
    Tahap analisis ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut seluk beluk kemajuan konseli dan penyelenggaran kegiatan. 
    Kemudian, tahap tindak lanjut mengikuti arah dan hasil analisis. Setelah itu, dilaksanakan melalui bimbingan kelompok selanjutnya atau kegiatan dianggap sudah selesai dan memadai maka upaya tindka lanjut dianggap tidak diperlukan. 

Pada kegiatan ini kebetulan saya menggunakan diskusi panel. 

Berikut RPL Bimbingan kelompok tentang belajar kelompok with my friends. download disini

Berikut bahan topik tentang belajar kelompok with my friends download disini


Terima kasih untuk anda yang sudah menyempatkan waktunya berkunjung di artikel ini, jangan lupa bagikan pada teman sesama prefesi kita Guru Bahasa Inggris, karena dengan kita saling membantu untuk melengkapi administrasi guru kita, beban di pundak kita akan sedikit ringan


Salam hangat dari saya, ADMIN RGI

Semoga bermanfaat






Yang banyak di cari :

rpl bk cara belajar yang efektif
materi belajar kelompok yang efektif
materi bk cara belajar efektif dan efisien
rpl bimbingan kelompok
rpl strategi belajar sesuai dengan gaya belajar
rpl pergaulan yang baik
contoh rpl bk dan materinya
rpl bimbingan kelompok daring
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL dan Materi Bimbingan Kelompok Tentang Belajar Kelompok Yang Efektif - Bimbingan dan Konseling

Terkini

Iklan