Iklan

terkini

Persiapan Ramadhan

Jumat, 09 April 2021, April 09, 2021 WIB Last Updated 2021-10-10T12:02:03Z

www.rumahguru.info Ramadhan sebentar lagi sebagai umat muslim kita harus gembira menyambut bulan ramadhan ini. Bulan Ramadhan sering kita sebut bulan puasa adalah bulan suci, bulan penuh rahmat dan bulan dilipatgandakan seluruh amal. 

Persiapan Ramadhan

Umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh dengan tidak makan dan minum serta menahan nafsu dari fajar hingga matahari tenggelam.  Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad Saw. bersabda "Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. ALlah mewajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Dibulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan." (HR. Ahmad, Nasai 2106 dan dishahikan Syuaib al-Arnauth)


Selain menyambut dengan gembira kita juga harus mempersiapkan segalanya dengan baik supaya puasa tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. 


Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum puasa ramdhan yang telah rumahguru.info rangkum

1. Berdoa kepada Allah Swt.

Berdo'a

Alangkah baiknya segala sesuatu diawali dengan berdoa salah satunya sebelum puasa supaya kita diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan puasa serta dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan tahun depan.


2. Membayar hutang puasa tahun lalu

Membayar Hutang Puasa

Sebelum memasuki bulan ramdhan kita wajib mengganti puasa yang ditinggalkan kecuali bagi orang yang sudah lanjut usia boleh membayar fidyah. sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist berikut:

"Dari Abu Salamah, dia berkata saya mendengar 'Aisyah radhiallahu'anhu berkata: "Aku memiliki kewajiban berpuasa dari bulan Ramdhan lalu, dan aku baru dapat mengqadanya pada bulan syaban." (HR. Bukhari Muslim)


3. Memperdalam ilmu agama

Memperdalam Ilmu Agama

Menjelang bulan ramdhan kita dapat meluangkan waktu untuk memperdalam ilmu agama yang kita miliki supaya di bulan Ramadhan ini kita lebih khusyu baik itu dalam ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Untuk mendapat ilmu agama bisa dimanapun dan kapanpun. seperti membaca buku, menonton melalui handPhone dan datang ke pengajian  yang membahas tentang kajian-kajian Islam.


4. Persiapan Lahir dan Batin

Persiapan Lahir Batin

Persiapan lahir yaitu dengan menjaga fisik supaya sehat dan persiapan batin  yaitu dengan menjauhkan sifat-sifat buruk seperti sirik, dengki, iri, sombong dan lain sebagainya yang dapat mengurangi pahala puasa. 


5. Menyelenggarakan Tarhib Ramadhan

Tahrib Ramadhan

Selain persiapan di atas yang berhubungan dengan persiapan pribadi saja ternyata kita juga bisa melakukan persiapan secarabersama-sama dengan cara melakukan Tarhib Ramadhan atau mengumpulkan umat muslim dilingkungan Anda untuk diberikan pengarahan mengenai puasa Ramadhan, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa dan amalan ibadah lainnya.


Sekian, hal-hal yang bisa dipersiapkan sebelum Ramadhan yang telah rumahguru.info rangkum. Bulan Ramdhan sudah didepan mata. Tak lama lagi kita akan berjumpa. Siapkan hati untuk mendekatkan diri pada-Nya. Marhaban ya RAmadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.


berikut materi video untuk media pembelajaran Bimbingan dan Konseling "Persiapan Ramadhan"

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Persiapan Ramadhan

Terkini

Iklan