Iklan

terkini

Modul Aplikasi SAKTI WEB yang Akan Launching 2022

admin RGI
Kamis, 01 April 2021, April 01, 2021 WIB Last Updated 2021-04-01T06:55:09Z

www.rumahguru.info Hallo sahabat RGI, seorang operator satker tentu sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi SAKTI WEB, yakni sebuah aplikasi yang di gadang-gadang akan menggantikan seluruh aplikasi offline satker, rumornya aplikasi berbasis web ini sudah di bangun sejak sekitar tahun 2012, namun berita yang tersebar pada tahun 2022 aplikasi ini rampung dan akan segera louncing, maka di sini kita akan sedikit mengulas tentang Modul Aplikasi SAKTI WEB yang Akan Launching 2022.

Jikalau sebelumnya kita sebagai operator biasa mengerjakan aplikasi RKA-KL sebagai aplikasi penganggaran, SAS PPK aplikasi pembuatan SPP, SAS PPSPM aplikasi pembuatan SPM, PERSEDIAAN aplikasi pelaporan pembelian barang di bawah kapitalisasi, BMN aplikasi pelaporan Barang Milik Negara, dan ada berbagai macam jenis aplikasi SATKER lainnya.


Dengan aplikasi SAKTI WEB ini semua modul aplikasi yang di sebutkan di atas, akan menjadi satu server dan bekerja secara online, namun setelahnya anda lebih jauh membayangkan pengerjaan aplikasi SAKTI ini ada baiknya ada kenali dulu modul-modul berikut lah yang akan menggantikan aplikasi offline satker anda.

  1. 1. Modul Penganggaran
Pada modul ini anda akan mengetahui bentuk baru dari aplikasi RKA-KL, sedangkan fungsi utama dari modul ini adalah mengajukan pagu anggaran yang anda butuhkan serta sesuai dengan kebutuhan real di lapangan.

  1. 2. Modul Komitmen
Pada modul ini anda bayangkan ini adalah sama dengan modul SAS PPK anda, dimana fungsi utamanya adalah membuat SPP yang di ajukan seorang PPK kepada PPSPM

  1. 3. Modul Pembayaran

Adalah modul yang akan menggantikan aplikasi SAS PPSPM anda, yang dimana fungsi utamanya adalah membuat SPM pengajuan pada setiap bulannya.

  1. 4. Modul Bendahara

Fungsi utama modul ini adalah sama dengan SAS SILABI anda, dimana seorang bendahara menginfut data-data pembelian dan kwitansi pengeluaran satker di setiap bulannya.

  1. 5. Modul Aset Tepat

Untuk mengenali modul tersebut, adalah anda seorang operator SIMAK BMN akan mengenali fungsi dari modul ini, yaitu sebagai aplikasi web yang mencatan Barang Milik Negara.

  1. 6. Modul Persediaan

Sesuai dengan namanya, modul ini adalah pengganti aplikasi persediaan offline anda selama ini, dan beralih fungsi menjadi modul persediaan pada Sakti Web, anda akan meng infut pembelian barang-barang yang di bawah kapitalisasi dan habis pakai di sini.

  1. 7. Modul GLP

Yang sedikit mengejutkan adalah modul ini, dimana yang sudah kita tau, proses rekonsiliasi dari aplikasi e-rekon sudah berbasis online, namun juga di Sakti Web ini pun ternyata aplikasi e-rekon pun akan di gantikan dengan modul tersebut di atas.

Seperti pribahasa bilang tak kenal maka ta'aruf dong, dengan ini semoga kita bisa setidaknya sedikit tergambar tentang apa yang akan kita hadapi di tahun 2022 mendatang.

Semangat para operator, terima kasih sudah mampir di artikel Modul Aplikasi SAKTI WEB yang Akan Launching 2022 ini semoga informasinya bermanfaat.


Temukan pula tutorial lengkapnya di sini 










Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Aplikasi SAKTI WEB yang Akan Launching 2022

Terkini

Iklan