Iklan

terkini

Instrumen Penelusuran Karir (IPK) : Bimbingan dan Konseling

Jumat, 05 Februari 2021, Februari 05, 2021 WIB Last Updated 2021-10-10T12:13:12Z

Instrumen Penelusuran Karir (IPK) : Bimbingan dan Konseling 

Tujuan dari IPK ini untuk membantu Guru Bimbingan dan Konseling dan Peserta Didik dalam program studi lanjutan setelah lulus dari MTsN 3 Garut. Baik itu  melanjutkan ke SMA/SMK/MA dengan jurusan IPA/IPS/Keagamaan/otomotif dan lain sebagainya.

Silahkan isi 60 pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan kalian. Ibu harapakan dalam pengisian dengan sungguh-sungguh supaya dapat membantu kalian dalam menggapai cita-cita kalian. Terima Kasih.

Untuk pengisian silahkan klik link di bawah ini :

https://www.rumahguru.info/2021/02/instrumen-penelusuran-karir.html

INSTRUMEN PENELUSURAN KARIR

URAIAN

ALTERNATIF KARIR

Realistik,  Tipe ini memiliki kecenderungan lebih praktis dan langsung, serta senang bekerja dengan obyek nyata. Jenis profesi yang sesuai dengan tipe ini adalah: tukang listrik, tukang kayu, pengemudi, penjahit, petani, peternak, koki, satuan pengaman, dll.

1. Pengemudi Bis
2. Pembudidaya ikan
3. Beternak
4. Mekanik Truk
5. Pilot
6. Insiyur mesin

Investigatif, Tipe ini memiliki kecenderungan berpikir analitis, intelektual dan ilmiah. Umumnya mereka suka mengumpulkan banyak informasi sebelum membuat suatu keputusan. Profesi yang sesuai dengan tipe ini antara lain guru fisika, guru matematika, dokter umum dokter gigi, apoteker, dokter hewan, pustakawan, politikus, dll.

1. Ahli Biologi
2. Ahli Kimia
3. Ahli Astronomi
4. Laboran
5. Insiyur Elektro
6. Teknisi Kimia
7. Peneliti Ilmia

Artistik,  Tipe ini sangat kreatif dan imajinatif. Mereka juga dapat menjadi pemecah masalah yang hebat, karena mereka menggunakan intuisi sebagai pelengkap pendekatan rasional yang mungkin ditawarkan orang lain. Profesi yang sesuai untuk tipe ini adalah : penulis, pelukis, penari, penyanyi, guru musik, fotografer,animator, sutradara atau produser, editor, dll.

1. Desainer Pakaian
2. Penari
3. Musisi
4. Novelis
5. Aktor/Artis
6. Penyanyi

Sosial, Tipe ini terlihat profesi yang bersifat melayani, dimana kesabaran, empati dan kemurahan hati menjadi karakter yang membedakannya dari profesi lain. Profesi yang sesuai untuk tipe ini adalah: guru TK, perawat, guru BK, psikolog, dll.

1. Terapis Fisik
2. Pustakawan
3. Perawat
4. Konselor
5. Terapis Wicara
6. Pekerja Sosial
7. Guru

Enterprising,  Tipe ini sangat kompetitif, ekstrovert, dan enerjik. Mereka biasanya menjadi wirausahawan atau pemimpin kelompok, dan lebih cenderung mendelegasikan rincian pekerjaan kepada orang lain, sementara mereka fokus pada pekerjaan yang lebih pekerjaan yang lebih besar. Profesi yang sesuai untuk tipe ini adalah agen penjualan, pramugari, hakim, kepala sekolah, reporter TV/radio, penerjemah, agen real estate, penata rambut, manajer keuangan, manajer penjualan, dll.

1. Pengacara
2. Menejer penjualan
3. Penyiar Radio/TV
4. Petugas Penjualan
5. Manajer Restoran
6. Agen Penjualan
7. Manajer Penjualan

Convensional,  Tipe ini digambarkan sebagai orang yang sangat teratur, hati-hati, efisien dan mengerjakan segala sesuatu secara rinci dengan tepat waktu. Profesi yang sesuai untuk tipe ini adalah : akuntan, aktuaris, perencana keuangan, sekretaris, juru ketik, kasir, resepsionis, operator telepon,  pengawas bangunan, dll.

1. Pegawai Asuransi
2. Panitia
3. Teler Bank
4. Guru Bisnis
5. Petugas Survey Bank
6. Ahli Perpajakan
7. Petugas Pembukuan

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Instrumen Penelusuran Karir (IPK) : Bimbingan dan Konseling

Terkini

Iklan