Iklan

terkini

Contoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 18 Juli 2023, Juli 18, 2023 WIB Last Updated 2023-07-18T14:24:50Z

Selamat datang diblog rumahguru.info. Pada artikel ini admin akan membagikan Contoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti diperuntukkan untuk Fase A sampai Fase F mendorong peserta didik menjadi pribadi yang beriman serta mampu menghayati kemudian mewujudkan imannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI
Capaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti perlu merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Biasanya CP ini digunakan Fase bukan kelas. Fase ini dibagi menjadi 5 fase yaitu fase A untuk kelas 1-2 SD/MI, fase B untuk kelas 3-4 SD/MI, fase C untuk kelas 5-6 SD/MI, fase D untuk kelas 7,8,9 SMP/MTs, fase E untuk kelas 10 SMA/SMK/MAN/MAK, dan fase F untuk kelas 11 dan 12 SMA/SMK/MAN/MAK.

CP (Capaian Pembelajaran) Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F

Pemerintah telah menyusun kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Kompetensi ini tertuang dalam konsep yang dinamakan Capaian Pembelajaran atau sering disingkat CP. CP ini ditentukkan menggunakan fase. Jadi, setiap peserta didik memiliki CP yang berbeda pada setiap fase yang mereka lewati. Admin telah membahas fase-fase tersebut dibagian pendahuluan artikel ini.

CP ini dipakai dalam pergantian kurikulum baru dari kurikulum 13 ke kurikulum merdeka biasanya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti mencari dan membutuhkan CP ini pada setiap fase seperti CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase A kelas 1 atau 2, CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase B kelas 2 atau 3, CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase C kelas 5 atau 6, CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase D kelas 7, 8 atau 9, CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase E kelas 10 dan CP Pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase F kelas 11 atau 12.

Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai oleh setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk menjadi kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu, harus ada pengembang kurikulum operasional. Atau dalam hal ini pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang nantinyan dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang sering dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran atau disingkat ATP. Pengembangan alur tujuan pembelajaran atau ATP  dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Dari ATP ini kegiatan pembelajaran sehari-hari dapat dilaksanakan dengan lebih konkret. Namun, Untuk menyusun sampai ke ATP guru mata pelajaran pendidikan agama katolik perlu untuk memahami betul bagaimana CP dibuat apa saja deskripsinya, apa saja komponennya, apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan terhadap CP dan terakhir bagiamana cara mengembangkannya.

Setelah kita memahami bahwa CP memiliki deskripsi yang tidak cukup konkret untuk dipakai sebagai kegiatan pembelajaran sehari-hari sehingga perlu pendidik atau guru mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti fase A samapai fase F untuk mengembangkannya menjadi tujuan Pembelajaran atau sering disingkat TP dengan melihat komponen yang ada pada CP yaitu kompetensi, konten atau materi dan variasi. Setelah itu, guru mata pelajaran dapat mengembangkannya menjadi ATP.

Contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) adalah panduan dalam proses pembelajaran. Panduan ini dibuat setelah guru mata pelajran berhasil mengembangkan CP menjadi TP. Setelah TP disusun  guru mata pelajaran dapat membuat ATP dengan memperhatikkan persyaratannya contohnya dari yang mudah ke yang sulit sesuia dengan level kognitig yang dipakai oleh guru mata pelajran seperti taksonomi bloom dan banyak lagi.

ATP ini penting dipahami juga karena dengan ATP guru mata pelajaran dapat menyusun PErangkat pembelajaran dan asesmen atau sering disebut Modul Ajar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Adapun komponen-komponen dari modul ajar ini sendiri menjadi penting dipahami oleh guru mata pelajaran agama katolik.

Sesuai dengan anjuran pemerintah yang memberikkan kelonggaran kepada guru mata pelajaran supaya dapat memahami CP, TP dan ATP secara perlahan. Untuk itu, guru mata pelajaran dapat menggunakan CP dan Contoh ATP mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti yang sudah ada dan dapat dikembangkan atau disesuiakan dnegan kebutuhan, minat dan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekolah atau madrasah.

Berikut link fileContoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI dibawah ini:
CP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti- FILE 
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A- FILE
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase B- FILE
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase C- FILE
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase D- FILE
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase E- FILE
Contoh ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase F- FILE

Bagi sahabat RGI yang membutuhkan filedi atas dapat mengklik tautan berwarna biru di atas.

Akhir Kata

Contoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI ini memang sudah ada file nya, sudah ada materinya. Admin membagikan file ini kepada sahabat RGI yang kesulitan menemukan file yang berceceran dengan admin susun secara lengkap sehingga mempermudah sahabat RGI mendapatkan file tersebut.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh CP dan ATP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Fase A Sampai Fase F-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan