Iklan

terkini

5 Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI

Kamis, 01 Juni 2023, Juni 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T12:11:56Z

Implementasi kurikulum merdeka sudah dilaksanakan untuk beberapa sekolah yang menjadi pilot project. Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI.

5 Modul Layanan BK SMP/MTs kelas 7
5 Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI
Semester depan bahwa implementasi kurikulum merdeka atau yang sering disingkat IKM sudah berlaku baik di sekolah naungan kemendikbud atau kementerian agama. Kementerian agama dengan diklat tentang IKM dilakukan secara masip baik secara online atau tatap muka.


IKM ini dilaksanakan oleh guru yang yang mengajar di SD/MI pada fase  A, SMP/MTs pada fase D, dan SMA/MA pada fase E. Adapun mata pelajaran yang harus mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah salah satunya Bimbingan dan Konseling Semester Ganjil.


Mempersiapkan administrasi Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka ini dibutuhkan apalagi pada prinsipnya kurikulum merdeka memberika keleluasaan kepada sekolah baik itu madrasah untuk memilih modul ajar dan membaginya sesuai jenjang atau kebutuhan.


Modul ajar untuk layanan bimbingan dan koseling atau disingkat BK SMP/MTs dibuat sesuai dengan fase D yang telah ditentukan oleh kemendikbud. Capaian pembelajaran yang telah ditentukkan langsung oleh pemerintah.

Setelah mengetahui capaian pembelajaran atau di bimbingan dan konseling disebut capaian layanan guru perlu membuat tujuan layanan dan alur tujuan layanan yang dirempugan oleh seluruh guru baik kelas 7, 8 dan 9.


Kemudian guru bimbingan dan konseling tiap-tiap grade menentukkan materi mana saja yang ada di kelas 7, 8 dan 9. Sehingga pembagian materi menjadi merata dan sesuai dengan capaian pembelajaran.


Modul layanan BK SMP/MTs kelas 7 yang akan admin bagikan terdapat 5 Modul materi dalam satu semester. yaitu:

  1. Modul Layanan BK dengan Tema memaknai Ibadah merupakan capaian layanan  mengaitkan nilai nilai agama yang telah dipelajari dengan aktivitas sehari hari serta aspek perkembangan  Landasan Hidup Religius. Bidang pribadi.
  2. Modul Layanan BK dengan Tema Etika Perilaku Sosial Remaja merupakan capaian layanan mengaitkan norma dan etika perilaku sosial remaja dengan permasalahan remaja yang sering terjadi pada lingkungan masyarakat serta aspek perkembangan Landasan Perilaku Etis. Bidang layanan yaitu bidang pribadi
  3. Modul Layanan BK dengan Tema Mengendalikan  emosi merupakan capaian layanan menganalisis ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain yang dapat menimbulkan konflik.Serta aspek perkembangan Kematangan Emosi. Bidang layanan sosial.
  4. Modul Layanan BK dengan Tema Mengontrol Diri merupakan capaian layanan menganalisis alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah menggunakan konsep-konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar. Serta aspek perkembangan Kematangan Intelektual. Bidang layanan yaitu Belajar.
  5. Modul Layanan BK dengan Tema Hak dan Kewajiban Pelajar merupakan capaian layanan menjelaskan cara memperoleh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari hari Mengaitkan hak dan kewajiban dalam aktivitas di lingkungan sekitar yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Serta aspek perkembangan yaitu Kesadaran Tanggungjawab.


Dalam setiap modul layanan BK SMP/MTs terdapat cover, materi layanan yang disesuaikan dengan Fase D kelas 7 SMP/MTs, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) sesuai dengan materi yang disampaikan ketika bimbingan klasik berlangsung.

Kemudian, Angket evaluasi hasil layanan peserta didik untuk membantu guru BK dalam perbaikan dan evaluasi pelayanan selanjutnya. Selain itu, modul layanan BK SMP/MTs disertai dengan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) yang dibuat sesuai dengan tema-tema yang akan disampaikan.


RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) dalam praktik bimbingan dan konseling sangat diperlukan sebagai rancangan dalam kegiatan layanan yang akan dilakukan di kelas kepada konseli atau peserta didik. 


Bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi seluruh peserta didik yang membutuhkan layanan dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karier. Sehingga pembuatan aspek perkembangan dan topik harus memuat keempat bidang layanan tersebut.


Fase D merupakan fase MTs/SMP yaitu kelas 7, 8 dan 9. Modul layanan Bimbingan dan konseling atau BK ini dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang mencakup capaian layanan, aspek perkembangan dan tujuan layanan serta topik yang akan diberikan.


Modul Layanan BK (Bimbingan dan Konseling) menjadi penting disusun karena modul ini berisi layanan yang dibutuhkan peserta didik. Modul layanan BK ini dibuat dengan memperhatikkan kebutuhan, deferensiasi peserta didik atau konseli.


Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan modul ini yaitu sudah merupakan rempug antara guru BK kelas 7, 8 dan 9. Karena materi dan capaian pembelajaran yang pemerintah berikan dibagi oleh setiap guru bimbingan dan konseling sesuai dengan jenjang yang tepat.


Dalam modul layanan BK juga diperlukkan kreatifitas dalam penyusunnanya supaya dapat tersampaikan dengan benar dan menarik perhatian peserta didik untuk mau mengikuti layanan dari awal sampaai akhir dengan gembira.


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI ini disajikan untuk guru bimbingan dan konseling (BK).


Tujuan lainpun yaitu guru bimbingan dan konseling dapat memiliki materi yang admin bagikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan modul layanan bimbingan dan konseling.


Semester ganjil lengkap disajikan supaya guru bimbingan dan konseling tidak perlu mencari sumber lain dengan susah payah karena dalam artikel ini sudah dibuat sesuai dengan aturan yang diharus ada dalam modul layanan BK SMP/MTs selama satu semester  yaitu semester ganjil.


Praktik bimbingan dan konseling Sekolah atau madrasah diperulkkan karena berbagai fungsi yang dimiliki baik itu pencegahan, tindakan preventif dan lain sebagianya.


Untuk itu, adanya guru bimbingan dan konseling disekolah menjadi urgen ada karena fungsi-fungsi tersebut. 


Bagi sahabat RGI yang membutuhkan Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI silahkan klik link dibawah ini:

Link untuk cover depan Modul Layanan BK kelas 7 SMP/MTs

Link untuk Modul Layanan BK topik/Tema memaknai Ibadah 

Link untuk modul layanan BK Topik/Tema Etika Perilaku Sosial Remaja

Link untuk modul layanan BK Topik/Tema Mengendalikan  emosi

Link untuk modul layanan BK Topik/Tema Mengontrol Diri

Link untuk modul layanan BK Topik/ Tema Hak dan Kewajiban Pelajar


Link diatas dapat anda unduh dengan cara mengklik setiap kalimat ang berwarna Biru setelah itu akan muncul file yang sahabat RGI butuhkan. Untuk selanjutnya, sahabat RGI dengan mudah mendapatkan filenya dengan cara mengklik download atau tanda panas kecil yang mengaah kebawah.


Setelah iu, sahabat RGI dappat membukannya di history google atau langsung buka menu donwload di laptop dan menu unduh di smartphone.


Demikian, artikel ini admin buat silahkan bagikan  jika menurut sahabat RGI bermanfaat dan perlu diketahui banyak orang. Selain itu, juga semakin banyak pengunjung semakin admin semangat membuat atau menyajikan konten-konten yang bermanfaat.


Konten yang bermanfaat ini dapat administrasi Bimbingan dan konseling, administrasi guru mapel PAI dan bahasa arab serta guru mata pelajaran umum.


Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Modul Ajar Praktik Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Semester Ganjil Kurikulum Merdeka-ADM BK Lengkap RGI

Terkini

Iklan