Iklan

terkini

RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka

Rabu, 18 Januari 2023, Januari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T14:34:10Z
Dalam bimbingan dan konseling tema yang dibuat menjadi RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) merupakan hasil dari AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik). Salah satunya yaitu tentang RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka.
makalah etika berlalu lintas materi tertib berlalu lintas
RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka
Tema Etika dan Budaya Berlalu Lintas menjadi penting untuk disampaikan pada bimbingan klasik karena pada Fase F (Untuk Kelas 11 dan 12) sebagian peserta didik sudah membawa kendaraan baik roda dua atau roda empat. 


RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) pada kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum 13. Hal yang membedakan pada komponen capaian layanan dan fase serta komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya admin akan menyampaikan 3 poin isi dari artikel ini:
  1. Komponen RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka
  2. Materi singkat Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas
  3. Link unduh RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka

Baiklah admin akan membahas satu persatu ketiga poin di atas

Komponen RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka

Adapun komponen yang terdapat pada RPL ini yaitu:
  • Kop RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka
  • Judul RPL Inspiratif
  • Kelas/semester yaitu kelas 11 semester 1
  • Topik/tema yaitu Etika dan budaya tertib berlalu lintas
  • Bidang layanan yaitu pribadi 
  • Waktu layanan yaitu 2 X 40 menit
  • Aspek perkembangan termasuk ke dalam Landasan Perilaku Etis
  • Capaian layanan termasuk ke dalam Berperilaku atas dasar keputusan yang mengintegrasikan keragaman norma dan aspek etis dalam kehidupan sehari-hari
  • Fase F karena untuk kelas 11 dan 12
  • Materi layanan yaitu Etika dan budaya tertib berlalu lintas
  • Langkah-langkah kegiatan meliputi tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. Pada tahap ini menggunakan model layanan Contextual Teaching and Learning, metode layanan Student Teams- Achievment Divisio, Alat Kertas Kuis, dan  media power point, Flip Chart, Papan Permainan
  • Penilian terbagi dua yaitu penilaian proses dan penilaian hasil

Komponen ini dibuat disesuaikan dengan kurikulum merdeka yang mencakup capaian pembelajaran dan sudah termasuk fase F yaitu untuk kelas 11 dan 12.

Materi singkat Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas

Etika dan budaya tertib lalu lintas sangat perlu untuk diketahui sebagai salah satu cara menjaga keselamatan selama berkendara. Keselamatan berkendara membuat orang tua nyaman, tenang serta peserta didik selamat.


Lalu lintas memiliki pengertian yang beragam salah satunya yaitu pengertian lalu lintas, menurut Djajoesman (1976:50) bahwa secara harfia lalu lintas diartikan sebagai gerak (bolak balik) manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sarana jalan umum.

Selain itu, dijalan banyak dijumpai rambu-rambu lalu lintas yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh peserta didik yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. 

Sehingga mengerti rambu-rambu lalu lintas sangatlah berguna. Karena dengan rambu-rambu lalu lintas pemakai jalan dapat mengerti situasi jalan yang mereka lewati. Sehingga kecelakaan pada lalu lintas tidak akan terjadi


Adapun untuk tertib lalu lintas yang harus dilakukan yaitu memakai helmet dengan benar, memakai jaket, dan pelindung pada siku dan lutut, memakai dua kaca sepion, lengkapi dengan spedometer, nyalakan lampu utama setiap saat, taatilah rambu-rambu lalulintas, Jangan lupa bawa surat-surat STNK dan SIM.


Selanjutnya, manfaat budaya tertib lalu lintas yaitu sampai tujuan dengan selamat, mengurangi tingkat kecelakaan pada kalangan pelajar, dan mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas.

Demikian materi singkat tentang etika dan budaya tertib lalu lintas.

Link unduh RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka

Baiklah bagi sahabat RGI yang membutuhkan RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka silahkan unduh disini.


Kesimpulan yang dapat admin bagikan yaitu bahwa etika dan budaya lalu lintas perlu disampaikan untuk memberi arahan dan pencegahan dalam menghadapi  peserta didik yang sedang mencoba hal-hal baru supaya lebih berhati-hati dalam berkendara.

Terima kasih. Semoga bermanfaat
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPL BK Kelas 11 Tema Etika dan Budaya Tertib Berlalu Lintas-Kurikulum Merdeka

Terkini

Iklan