Iklan

terkini

Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap

Sabtu, 14 Januari 2023, Januari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-01-14T13:39:34Z
Modul layanan bimbingan dan konseling harus dibuat dalam memudahkan guru bimbingan dan konseling dalam melakukan layanan bimbingan klasik. Untuk itu, dibuat Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap.
download modul bk sma contoh modul bk pdf materi bimbingan konseling sma kelas x
Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap
Modul layanan adalah perangkat layanan yang dibuat dari alur-alur yang seperti capaian layanan dan alur tujuan layanan. Modul layanan digunakan sebagai alat, sarana, media, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.


Dibawah ini ada 3 hal yang akan dibahas yaitu:
  1. Komponen Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat 
  2. Materi singkat Mampu untuk Hidup Hemat
  3. Link unduh Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat 
Selanjutnya admin akan membahas satu persatu ke tiga hal di atas


Komponen Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat 

Komponen yang menyusun modul bk materi mampu untuk hidup hemat yaitu
  • Judul utama modul bk
  • Judul materi modul bk
  • Kelas atau semester yaitu kelas X semester 1
  • Topik/tema yaitu mampu untuk hidup hemat. Kata topik atau tema memiliki pengertian yang yang hampir sama topik yaitu inti utama dari tulisan dan tema adalah pokok pikiran dari tulisan.
  • Aspek perkembangan (SKKPD) termasuk ke dalam Perilaku Kewirausahaan/Kemandirian Perilaku Ekonomis. Aspek perkembangan yaitu standar kompetensi dan dijadikan rumusan kompetensi.
  • Tugas perkembangan atau capaian layanan termasuk dalam Mempraktikkan nilai-nilai hidup hemat, ulet, kompetitif, dan kolaboratif untuk mencapai hidup mandiri. Tugas perkembangan ini merupakan serangkaian tugas perkembangan yang harus diselesaikan pada periode atau tingkatan SMP.
  • Bidang layanan yaitu karir
  • Fase E karena kelas X SMA
  • Materi layanan
  • LKPD dan Angket evaluasi layanan
  • RPL inspiratif

Berikut bagian-bagian dari Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap. Bisa menjadi bahan pertimbangan sahabat RGI dalam mengunduh materi ini.


Materi singkat Mampu untuk Hidup Hemat

Hidup hemat ternyata memang tidak mudah tapi harus dicoba. Kenapa? karena membuat kalian bahagia. Hidup hemat atau sederhana harus mampu kita lakukan karena memiliki manfaat yang cukup baik dalam kehidupan kita.

Hidup hemat atau sederhana secara singkatnya merupakan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan yaitu hal yang benar-benar kita butuhkan pada saat itu juga. Keinginan yaitu hal yang sebenarnya tidak harus dibeli tapi karena kita ingin jadi kita beli.

Untuk itu, kita harus mampu membedakan antara kebutuhan primer dan sekunder supaya kita mampu berhemat atau hidup sederhana. Adapun manfaat dari hidup berhemat yaitu:
  • Tidak sombong dan tidak boros. Seseorang yang sudah terbiasa membeli sesuai kebutuhan akan mampu terhindar dari sifat sombong (konsumtif) dan boros yang pada akhirnya menimbulkan hal mubadzir.
  • Bebas dari hutang. Hal ini menjadi wajar karena seseorang yang terbiasa membeli sesuatu karena kebutuhan dan membeli sesuai dengan finansialnya akan terhindar dari hutang.
  • Menabung. Hal ini menjadi wajar pula karena uang yang berhasil didapatkan tidak dibelikan pada hal-hal yang tidak penting. Menabung untuk membangun usaha, menabung untuk aset dan lain sebagainya.
Setelah mengetahui manfaat secara langsung dari hemat maka kita akan melaksanakan hemat ini demi kepentingan di masa sekarang dana depan.


Link unduh Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat 

Setelah memaparkan kedua poin di atas admin akan membagikan link unduh nya. Baiklah sahabat RGI yang membutuhkan Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap silahkan unduh disini.

Jadi, Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap ini memiliki struktur atau komponen yang cukup lengkap dan dapat dijadikan referensi untuk sahabat RGI. Selain itu, materi ini penting disampaikan karena membantu peserta didik dalam mengelola keuangan sesuai kebutuhan.


Sekian artikel ini. Terima kasih.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul BK Kelas X Materi Mampu untuk Hidup Hemat Lengkap

Terkini

Iklan