Iklan

terkini

Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM Guru Lengkap RGI

Selasa, 24 Januari 2023, Januari 24, 2023 WIB Last Updated 2023-01-24T14:44:04Z

RPL BK Merdeka Belajar menjadi administrasi yang sedang dicari oleh pendidik terutama guru bimbingan dan konseling. Untuk itu, admin akan membagikan Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM RGI Lengkap.

rpl bk merdeka belajar sma
Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM Guru Lengkap RGI
RPL BK Merdeka Belajar untuk tingkat SMA/MA/SMK kelas 11 admin bagikan tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan. RPL BK dengan menggunakan kurikulum 13 akan digantikan dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka.


Kurikulum merdeka dilengkapi dengan capaian layanan dan fase perkembangan peserta didik sesuai dengan aturan kemendikbud. Untuk itu, mari kita bahas tiga poin yang akan disampaikan pada artikel ini yaitu:

  1. Komponen RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan
  2. Materi singkat Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan
  3. Link unduh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan
Baiklah admin akan membahasnya satu persatu ketiga poin di atas

Komponen RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan

Komponen RPL adalah bagian-bagian yang menyusun RPL ini secara utuh. Terdapat perbedaan yang mencolok pada komponen RPL merdeka belajar atau kurikulum merdeka dengan kurikulum 13 yaitu pada capaian layanan dan fase perkembangan.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu
  • KOP RPL merupakan hal yang penting karena ini merupakan alamat dimana RPL ini dibuat
  • Judul RPL merupakan RPL Inspiratif bimbingan klasikal yang admin bagikan pada sahabat RGI
  • Kelas/semester yaitu kelas 11 semester genap. Jadi, RPL Merdeka belajar untuk tingkat SMA/MA/SMK 
  • Bidang layanan yaitu pribadi karena berkaitan dengan contoh tema RPL yang disajikan
  • Waktu pelaksanaan yaitu 2 X 40 menit atau dapat disesuaikan dengan sekolah masing-masing
  • Aspek perkembangan (SKKPD) termasuk kedalam pengembangan pribadi 
  • Capaian layanan termasuk dalam mengelola dan mengembangkan kemampuan dan keunikan diri yang dimiliki dalam lingkungan sosial yang lebih luas
  • Fase F yaitu untuk kelas 11 dan 12
  • Langkah-langkah kegiatan berupa tahap awal, tahap proses dan tahap penutup. Tahapan demi tahapan dapat ditiru atau modifikasi sesuai dengan model dan metode yang digunakan dalam penyampaian layanan.
  • Penilaian hasil dan proses.
Demikian komponen yang menyusun RPL yang admin sajikan.

Materi singkat Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan

Materi tentang motivasi sepertinya menjadi hal wajib ada dalam layanan bimbingan dan konseling beberapa materi yang mirip seperti kekurangan dan kelebihan motivasi, motivasi belajar, motivasi berprestasi dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bahwa motivasi ini berhubungan teori kebutuhan dari Abraham Maslow. Maslow beranggapan kebutuhan merupakan alasan seseorang memiliki motivasi dalam diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu yang memiliki arah dan tujuan.

Begitu banyak pengertian tentang motivasi dari berbagai ahli yang dapat sahabat RGI cari di berbagai web sebagai referensi tambahan. Yang akan admin sampaikan yaitu bahwa motivasi memiliki dua kategori yaitu motivasi ke arah positif dan motivasi ke arah negatif. 

Pertama, motivasi ke arah positif contoh seorang mahasiswa yang ingin mendapat nilai bagus karena ingin membanggakan orang tua. Hal itu menjadi motivasi dan membuatnya semangat dalam membaca, belajar  dan memahami setiap materi yang diberikan dosen. 

Kedua, motivasi ke arah negatif  contoh seorang pemuda ingin memiliki banyak uang karena sering di hina atau disepelekan. Hal yang dia  lakukan adalah  mencuri, menipu dan hal negatif lainnya. Hal itu motivasi namun jalan yang dilakukan ke arah negatif.

Untuk itu, motivasi memiliki pengaruh dalam kehidupan. Dalam kaitannya dengan peserta didik motivasi bisa dihubungkan dengan kegiatan belajar dan sukses di masa depan dengan cara yang baik. 

Link unduh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan

Bagi sahabat RGI yang membutuhkan Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM Guru Lengkap RGI silahkan unduh disini.

Demikian artikel tentang Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM Guru Lengkap RGIini admin bagikan. Semoga bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Belajar Tema Motivasi Diri dan Pengaruhnya dalam Kehidupan-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Iklan